WS Rendra "Si Burung Merak" Penyair, Sastrawan dan Budayawan besar
bangsa kita ini telah mengepakan sayapnya terbang dan pergi
selama-lamanya meninggalkan dunia yang fana ini menghadap keharibaanNya.
Seorawan sastrawan tiga zaman  (Orde lama, orde baru sampai saat ini
Orde Paling Baru kata sahabatnya Iwan Falls) yang punya nyali dalam
puisi dan sajak-sajaknya yang menentang, mengkritik pemerintah, penguasa
yang tiran dan otoriter. Dulunya ketika tampil di kampus atas undangan
para Mahasiswa  WS Rendra tidak pernah menolaknya dalam berbagai
kesempatan dan acara pagelaran Seni di kampus dan saya selalu
menyaksikan Mas Rendra ini (begitu panggilan akrabnya) membawakan
sajak-sajaknya, rambut gondrong terurai sampai bahu, kemeja jean dengan
kancing dibuka beberapa buah dengan kaos dalam putih lengan pendek,
kemeja tanpa dimasukan kedalam jelana jeannya, memegang beberapa lembar
kertas dengan ekspresif bergaya teaterikal begitulah penampilan WS
Rendra yang masih saya ingat ketika tampil di Kampus IPB Dermaga ketika
saya kuliah di fahutan IPB (sekitar tahun 1986 dan tahun 1987) dan
inilah salah satu sajak/puisi "wajib" yang selalu ditunggu2 mahasiswa
jika Rendra tampil

Sajak Sebatang Lisong

WS Rendra

Menghisap sebatang lisong

Melihat Indonesia Raya

Mendengar 130 Juta rakyat dan dilangit

Dua tiga cukong mengangkang

Berak diatas kepala mereka

Mata hari terbit fajar tiba dan aku melihat delapan juta kanak-kanak

Tanpa pendidikan aku bertanya tapi pertanyaan-pertanyaanku

Membentur meja kekuasaan yang macet

Dan papan tulis-papan tulis para pendidik

Yang terlepas  dari persoalan kehidupan

Delapan juta kanak-kanak

Menghadapi satu jalan panjang

Tanpa pilihan

RENDRA (ITB Bandung-19 Agustus 1978)

Itulah sepotong bait sajak WS Rendra yang terkenal dikalangan mahasiswa
dulunya, dan masih terbayang dipelupuk mata saya si Burung Merak ini
membacakannya dengan tatapan mata tajam kedepan menunduk, menengadah
kelangit dengan suara naik turun dan kadang-kadang menggelegar.Sementara
mahasiswa sambil mengepalkan tangannya berteriak dan bertepuk larut
dengan sajaknya yang terkenal ini ketika di deklamasikan Si Burung Merak
diatas pangguing.

Selamat jalan penyair besar bangsa ini, sastrawan yang punya pengaruh
dalam kesusteraan dan kebudayaan bangsa ini, jika harimau mati
meninggalkan belang, maka ketika anda meninggalkan dunia ini emnghadap
sang Khalik anda akan meninggalkan di dunia ini nama besar dan
karya-karya anda . Semoga Allah Swt menerima segala amal ibadah dan
pahalanya dan diampuni segala dosa WS Rendra

Wass-Jepe, Pku 7/8/9

The above message is for the intended recipient only and may contain
confidential information and/or may be subject to legal privilege. If you are
not the intended recipient, you are hereby notified that any dissemination,
distribution, or copying of this message, or any attachment, is strictly
prohibited. If it has reached you in error please inform us immediately by
reply e-mail or telephone, reversing the charge if necessary. Please delete the
message and the reply (if it contains the original message) thereafter. Thank
you.