KENAPA NABI MUHAMMAD SEHAT 15
Oleh K Suheimi

Kuliah subuh saya  Jum’at 30 Juli di Masjid Annur Pekan baru dg judul kenapa
Nabi Muhamad sehat jasmani dan Rohani, sehat wal afiat

Salah satu nya adalah beliau punya istri yg namanya khadijah. Sampai khadijah
meninggal Nabi Muhammad tak pernah menikahi wanita lain. Karena siti Khadijah
wanita yg luar biasa, apapun yg di butuhkan Nabi Muhammad di penuhinya. Betapa
bahagianya Rasul bersama Khadijah

Kebahagiaan bersama istri, merasa tentram, damai dan tenang serta sakinah
inilah yg menyebabkan badan beliau teramat sehat. Kesehatan itu terletak pada
hati yg penuh kedamaian, jiwa yg penuh ketentraman dan perasaan yg penuh
ketenangan

Ketenangan dan kebahagiaan dalam rumah tangga  adalah syarat utk menggapai
kesehatan jasmani dan rohani
Ketika Nabi Muhammad tergoncang siti khadijah yg menenangkan. Ketika Nabi
Muhammad butuh uang, harta Siti khadijahlah yg banyak digunakan utk kelancaran
penyampaian risalah
Banyak sekali peran siti khadijah membantu dan menyokong suaminya
Sampai Nabi Muhammad berusia 51 tahun mereka berdua tetap bermesraan sampai
khadijah wafat

Lalu ada yg bertanya, bagaimna kalau istri lebih tua dari suami. Saya kira di
zaman sekarang ini perlu
Berdasarkan statistik umur lelaki lebih pendek 8 tahun di bandingkan wanita.
Sedaangkan kebanyakkan lelaki mencari istri beberapa tahun lebih muda dari dia
Agaknya itulah salah satu penyebab di Indonesia ini,  Lelaki mencari istri yg
lebih muda, sedangkan dia lebih pendek umurnya. Dalam perhitungan tentu dalam
perkawinan banyak wanita yg di tinggal suami. Menjadi janda, maka kalau kita
tilik kehidupan memang sangat banyak janda, sedangkan duda sangat sedikit,
Sehingga terkenal Negeri kita Indonesia ini adalah Negeri Janda

Jadi suami yg memilih istri yg jauh lebih muda sebetulnya sedang merencanakan
bahwa dalam keluarga itu akan tinggal janda dan janda. Dalam waktu yang lama.
Agar pernikahan itu bisa sehidup semati ada baiknya pria memilih istri yg lebih
tua dari dirinya, semoga kebahagiaan itu dan kesehatan itu bias di reguk
bersama  selama hayat di kandung badan.

Nah ada baiknya kita  mengetahui bagaimana Siti Khadijah itu

Khadijah berasal dari golongan pembesar Mekkah. Kawin dengan Muhammad, ketika
berumur 40 tahun, manakala Muhammad berumur 25 tahun. Khadijah merupakan wanita
kaya dan terkenal. Khadijah bisa hidup mewah dengan hartanya sendiri. Meskipun
memiliki kekayaan melimpah, Khadijah merasa kesepian hidup menyendiri tanpa
suami, karena suami pertama dan keduanya telah meninggal.
Pada suatu hari, saat pagi buta, dengan penuh kegembiraan ia pergi ke rumah
sepupunya, yaitu Waraqah bin Naufal. Ia berkata, “Tadi malam aku bermimpi
sangat menakjubkan. Aku melihat matahari berputar-putar di atas kota Mekkah,
lalu turun ke arah bumi. Ia semakin mendekat dan semakin mendekat. Aku terus
memperhatikannya untuk melihat kemana ia turun. Ternyata ia turun dan memasuki
rumahku. Cahayanya yang sangat agung itu membuatku tertegun. Lalu aku terbangun
dari tidurku". Waraqah mengatakan, “Aku sampaikan berita gembira kepadamu,
bahawa seorang lelaki agung dan mulia akan datang meminangmu. Ia memiliki
kedudukan penting dan kemasyhuran yang semakin hari semakin meningkat". Tak
lama kemudian Khadijah ditakdirkan menjadi isteri Muhammad.
Ketika Muhammad masih muda dan dikenal sebagai pemuda yang lurus dan jujur
sehingga mendapat julukan Al-Amin, telah diperkenankan untuk ikut menjualkan
barang dagangan Khadijah. Hal yang lebih banyak menarik perhatian Khadijah
adalah kemuliaan jiwa Muhammad. Khadijah lah yang lebih dahulu mengajukan
permohonan untuk meminang Muhammad, yang pada saat itu bangsa Arab jahiliyah
memiliki adat, pantang bagi seorang wanita untuk meminang pria dan semua itu
terjadi dengan adanya usaha orang ketiga, yaitu Nafisah Binti Munyah dan
peminangan dibuat melalui paman Muhammad yaitu Abu Thalib. Keluarga terdekat
Khadijah tidak menyetujui rencana pernikahan ini. Namun Khadijah sudah tertarik
oleh kejujuran, kebersihan dan sifat-sifat istimewa Muhammad ini, sehingga ia
tidak mempedulikan segala kritikan dan kecaman dari keluarga dan kerabatnya.
Khadijah yang juga seorang yang cerdas, mengenai ketertarikannya kepada
Muhammad mengatakan, “Jika segala kenikmatan hidup diserahkan kepadaku, dunia
dan kekuasaan para raja Iran dan Romawi diberikan kepadaku, tetapi aku tidak
hidup bersamamu, maka semua itu bagiku tak lebih berharga daripada sebelah
sayap seekor nyamuk.
”Sewaktu malaikat turun membawa wahyu kepada Muhammad maka Khadijah adalah
orang pertama yang mengakui kenabian suaminya, dan wanita pertama yang memeluk
Islam. Sepanjang hidupnya bersama Muhammad, Khadijah begitu setia menyertainya
dalam setiap peristiwa suka dan duka. Setiap kali suaminya ke Gua Hira’, ia
pasti menyiapkan semua perbekalan dan keperluannya. Seandainya Muhammad agak
lama tidak pulang, Khadijah akan melihat untuk memastikan keselamatan suaminya.
Sekiranya Muhammad khusyuk bermunajat, Khadijah tinggal di rumah dengan sabar
sehingga Muhammad pulang. Apabila suaminya mengadu kesusahan serta berada dalam
keadaan gelisah, beliau coba sekuat mungkin untuk mententram dan menghiburkan,
sehingga suaminya benar-benar merasai tenang. Setiap ancaman dan penganiayaan
dihadapi bersama.
Dalam banyak kegiatan peribadatan Muhammad, Khadijah pasti bersama dan
membantunya, seperti menyediakan air untuk mengambil wudhu. Muhammad menyebut
keistimewaan terpenting Khadijah dalam salah satu sabdanya, “Di saat semua
orang mengusir dan menjauhiku, ia beriman kepadaku. Ketika semua orang
mendustakan aku, ia meyakini kejujuranku. Sewaktu semua orang menyisihku, ia
menyerahkan seluruh harta kekayaannya kepadaku.” Khadijah telah hidup
bersama-sama Muhammad selama 24 tahun dan wafat dalam usia 64 tahun 6 bulan.

Masjid An Nur  31 juli 2009

Terima Kasih

Prof.H.K.Suheimi, SpOG(K)

      Coba Yahoo! Messenger 9.0 baru. Lengkap dengan segala yang Anda sukai
tentang Messenger! http://id.messenger.yahoo.com