T E L A D A N
Oleh K Suheimi

Dikiri saya duduk Bidan Teladan dari Sulawesi, di samping kanan ada Camat
Teladan dari Maluku. Di Belakang ada Teladan dari pertanian dan ada lurah
Teladan dari Papua

Hari ini semua teladan seluruh Indonesia, dari semua lapisan masyarakat, dari
semua departemen dan pelajar teladan

Inti dari pelajar teladanan dan berprestasi terfokus pada pilihan pelajar yg
dipilih dan dipercaya jadi Pasukan Paskibraka

Pasukan Paskibraka inilah selama sebulan di tempa, diasah, diasuh di cibubur

Pelajar yg jadi kebanggan daerahnya betul-betul ditempa siang malam

Salah seorang pelatihnya diambil dari angkatan darat. Kebetulan dipercayakan
Pada kapten infantri Irdhan anak ke tiga saya

Irdhan yg dulu mewakili SUMBAR tahun 1996 pernah jadi anggota Paskibraka yang
di tiang bendera dia mengibarkan sangsaka Merah Putih. Detik-detik proklamasi
dan detik-detik menggerek bendera itulah Fotonya diambil dan dijadikan penghias
uang pecahan Rp 50 000

Tadi malam saya saksikan  tayangannya ketika Irdhan mengembleng dan melatih
pasukan elit ini

Siaran ini ditayangkan jam 10 malam dg pembawa acara Tukul

Dg suara yg lantang dan tegas Irdhan memberi komando pada anak-anak pelajar
terbaik se Indonesia ini

Pagi Irdhan bertugas dan berbaris di belakang Presiden SBY, seakan jadi pagar
yg mengawal presidennya bersama semua anggota Paskibraka yg akan bertugas sore.

Keikhlasan berjuang, kerelaan bekorban, mendahulukan kepentingan orang banyak
ketimbang kepentingan pribadi dan golongan

Inilah yg saya lihat yg dimiliki para teladan dari seluruh Indonesia yg
berkumpul di pekarangan Istana

Saya menyelip diantara para teladan ini, serasa bisa pula meneladani mereka

Semua gagah-gagah , semua baik-baik, semua berpakaian bagus, semua disiplin,
maklum semua adalah teladan, putra-putri terbaik bangsa ini setelah dilakukan
seleksi ketat didaerahnya masing-masing dari 33 propinsi di Indonesia dari
sabang ke Mauroke

Hari ini, ditempat ini di -Istana negara ini dentum meriam menggelegar 17 kali
saya tersentak dan tulisan saya hentikan untuk menyaksikan peristiwa Pengibaran
Bendera Pusaka

Istana Negara 17 Agustus 2009