Pak Emi dan Dunsanak Palanta RN

Bagar Hiu ?
Mmmm..baru pertama kali saya tahu…atau pertama kali mendengar sebuah
masakan yang bernama Bagar Hiu..apa ini sebuah masakan ikan berbahan
dasar ikan hiu yang di gulai atau dibakar masakan khas Bengkulu (Ni
Iffah bisa jelaskan )

Sekitar tahun 1990 saya pernah di Muko2 Bengkulu Utara
Saya menemukan sebuah masakan masyarakat nelayan pantai muko2
Yang berbahan dasar daging ikan hiu atau bisa juga ikan gaguak
Ikan ini jika didapat nelayan  memang agak sedikit dipandang “sebelah
mata” alias kurang mendapat perhatian untuk diolah menjadi makanan
sehari2 tidak seperti kebanyakan ikan2 laut yang berkelas seperti
Kerapu dengan aneka jenisnya dan kakap yang juga beraneka jenis baik
penampilan fisik maupun rasa dan dagingnya yang memang enak dimasak
dengan cara apapun terutama digulai ala urang pariaman pakai cabe
rawit yang mengapung-ngapung dalam kuali seperti yang Pak Emi santap
ketika berwisata kuliner di Bungus.

Ketika Ikan susah musim badai gelombang besar nah jika dapat Ikan Hiu
oleh nelayan yang ukurannya tidak besar (masih anakan/remaja)
dagingnya dipotong-potong, masakan mereka yang istimewa dari ikan hiu
atau gaguak diolah mnejadi gulai ala orang Pariaman yang bersantan
pedas dengan cabe rawit (lado ketek atau lado kutu/padi)  bedanya jika
orang pariaman seperti yang Bapak sampaikan dirancah dengan paku, maka
mereka “merancahnya” dengan daun pucuk sikaduduak yang banyak tumbuh
liar disemak2 seputar pantai yang buahnya ungu jika dipencet
mengeluarkan cairan seperti tinta biru dan menjadi makanan yang paling
disukai burung punai.

Daun pucuk muda sikaduduak ini lah yang dicampurkan ke gulai padeh ala
orang Pariaman itu tapi sedikit diberi sentuhan (jika suka) asam
durian atau dikenal dengan tempoyak, bisa juga jika rasanya sedikit
“eksotis” dirancah dengan kincuang pengganti daun sikaduduak.

Rasanya Pak, gulai ikan hiu ala muko-muko ini..walahhh..katiko makan
indak nampak mintuo lewat..ya iyalah waktu itu saya belum punya mertua
ha..ha..ha

Lalu jika saya dihadapkan dua pilihan makan gulai hiu ala muko2 ini
atau berfoto dengan Luna Maya misalnya..maka saya akan pilih makan
gulai hiu ala muko2 sambil berfoto dengan Luna maya wk wk..wk..ini
sebuah ilustrasi saja Pak artinya gulai Hiu ala muko2 dan Luna Maya
sama cantiknya yag satu cantik dari segi rasa yang satu lagi cantik
dari segi wajah..he..he..he

Itu pengalaman saya Pak,,Selamat Berpuasa..semoga semakin tebal
ketaqwaannya pada Allah Swt di pertengahan puasa Ramadhan 1430 H
sampai mencapai hari kemenangan nantinya Amin Ya Raballamin.

Salam Kuliner
Wass-Jepe