Azwar Anas
Oleh K Suheimi

Saya temani beliau duduk di ruang khusus. Kakinya sakit sehingga susah duduk di
tikar.
Sambil duduk menunggu kedatangan Pak Yusuf Kalla beliau cerita panjang lebar.

"Di bulan Ramadhan ini" katanya. "Syetan di belenggu, pintu Neraka ditutup
serapat-rapatnya, pintu sorga dibuka selebar-lebarnya" Sebulan penuh kita
menyimpan tenaga dan kekuatan untuk menghadapi 11 bulan berikutnya" 11 bulan
yang penuh godaan dan tantangan.
Maka di bulan yg penuh berkah dan penuh Rahmah ini kita manfaatkan secara
Maksimal"

"Suheimi" katanya menasehati saya. Beberapa waktu yang lalu saya puas saya lega
menatap masa depan bangsa ini. Ketika saya bicara dengan SBY agar melanjutkan
pasangan bersama JK. Begitupun yang saya sampaian pada JK. Kami berpelukkan
kami berangkulan. "Inilah pasangan yang paling Ideal untuk bangsa ini" kemudian
dia terdiam dan dilanjutkannya lagi "Entah apalah yang terjadi, sepulangnya JK
dari Amerika semua berobah harapan saya kandas" ulas beliau dengan mata yang
berkaca-kaca. Pandangan kosong jauh kedepan. "Umur saya mendekati 80 tahun"
katanya lagi

Pak Azwar Anas sepanjang umurnya yang selalu memikirkan keselamatan bangsa ini.
Begitu yang saya saksikan ketika beliau jadi Gubernur, sehingga nama SUMBAR
berkibar. Orang bangga jadi orang Padang. Suku-suku yang lain banyak ingin
belajar ke Sumbar.

Begitupun ketika beliau memimpin PT Semen yang Semberawut dan hampir bangkrut.
Dibawah pimpinannya PT Semen berkibar dengan jayanya.

Pak Azwar kami gelari orang yang bertangan dingin kerna selalu membawa ummat
mendekatkan diri padaNya.
Apa yang di pegangnya jadi.
Sehingga benyak kepercayaan dan banyak tugas yang dilimpahkan padanya.

Cuma malam ini seperti ada penyesalan pada dirinya. Kenapa kesepakatan bahwa
SBY akan maju bersama JK tak jadi kenyataan?

"Semua orang menyesal" kata pak Azwar Anas. Penyesalan itu datangnya selalu
terlambat setelah segalanya tak berguna lagi.
Ceramah beliau pada pertemuan Silaturrahim Saudagar Minang

Bila seseorang meninggal dunia, dia minta dikembalikan ke Bumi untuk beramal
lagi

Bagi yang berdosa meminta agar dikembalikan ke Bumi walau sehari saja untuk
memperbaiki kesalahannya

Bagi yang berbuat baikpun demikian ingin kembali ke Bumi agar bisa berbuat
lebih baik lagi.
Kalau kutahu begini, maka masa didunia, kesempatan beramal itu tak akan ku
sia-siakan sedetikpun.

Allah dalam al Qur'an memberitakan demikian kisah semua orang. Firman Allah itu
benar mengambarkan sesuatu yang akan terjadi dengan pasti

"Nah" kata Pak Azwar, "Mumpung kita masih didunia, agar penyesalan tak terlalu
besar. Mari kita manfaatkan setiap detik waktu menjadi detik-detik yang
bermanfaat" katanya menutup ceramah.

Dikali yang lain beliau berpesan;
Bila seseorang meninggal terputus semua amalnya, kecuali 3

1 Amal saleh yang kerjakannya
2 Ilmu yg bermanfaat yg diajarkan
3 Doa anak yang saleh

Saya kenang dan saya patrikan setiap yang di sampaikannya. Pembicaraan kami
terputus karena Pak Yusuf Kalla segera memasuki ruangan.

Untuk semua itu ingin saya petikkan sebuah Firman Suci Nya

Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu)
datang azab kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zalim: 'Ya Tuhan
kami, beri tangguhlah kami (kembalikanlah kami ke dunia) walaupun dalam waktu
yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti
rasul-rasul'. (Kepada mereka dikatakan): 'Bukankah kamu telah bersumpah dahulu
(di dunia) bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?

Istana Wakil Presiden 12 September 2009