Assalamu'alaikum W.W

Bang Aslim adalah benar orang pertama yg menyatakan kesediannya ikut berjuang
dalam sebuah Kepanitiaan kegiatan Temu Saudagar Minang. Bang Aslim pulalah yg
banyak melahirkan ide2 tentang Keminangkabauan, kalimat2 bijak dalam proposal
kegiatan termasuk loga SSM adalah salah satu hasil karya Bang Aslim.

Beliau terlibat dari awal sekali dan sampai akhir pelaksanaan SSM ke 2 Bang
Aslim lah yg mengomandoi Sekretariat. Saya sangat dekat dg Bang Aslim terutama
utk semua yg terkait dg Temu Saudagar Minang, SSM,FSSM. Bang Aslim adalah
Pejuang utk kemajuan "Anak nagari Minangkabau".

Kami manyimak tulisan Bang Aslim. Teruskanlah tulisan Abang yg bersambung ini.
Bagaimana perjalanan kita, bagaimana perjuangan kita, juga koreksi atas
kepemimpinan saya...saya sangat memahami tentu banyak yg agak kaget melihat
gaya kepemimpinan saya yg sering terlihat TEGAS tanpa tedeng aling2 mungkin
juga bagi sebagian yg baru mengenal menganggap saya keras, .....budaya di Sby
yg apa adanya sudah membentuk watak saya utk bersikap terbuka, hitam ya hitam,
putih ya putih...agak sulit diterima oleh kalangan yg kental budaya
Minangnya... Sangat jelas dalam ingatan bagaimana pada suatu malam saat saya
masih di Bandung, saya dipanggil P'Fasli Jalal ke kantornya dan ternyata di
situ sdh ada orang tua kita Ayahanda Saafrudin Bahar, berdua Tokoh Panutan kita
ini menasehati saya dg penuh kesabaran dan bijaksana akhirnya keluatlah
istilah...DIPARAMBUNKAN...maka acara SSM pertama yg seyogianya dilaksanakan th
2006 ditunda jadi tahun 2007 dg Bang Fahmi Idris dkk sebagai pendukung utamanya.

Sangat panjang perjuangan utk melaksanakan SSM sampai terbentuknya FSSM ini,
bagi tokoh2 Minang di Jatim mereka menganggap "ini adalah Gerakan GILA jilid 2
nya Firdaus", setalah Gerakan GILA jilid 1 nya di Sby "Memberanikan diri
menyatakan sanggup menyelesaikan Rumah Gadang bila diberi kepercayaan" padahal
sdh terbengkalai hampir sepuluh tahun lamanya, tidak ber-IMB, dan bahkan
kadang2 ada kemasiatan juga disitu krn bangunan tak terurus dan banyak semak
belukar. Salah seorang tokoh Minang Jatim P'Arsyad Aga tetap pada pendiriannya
bahwa bangunan itu sebaiknya dirubuhkan saja krn terlalu besar dan tak kan ada
yg mampu meneruskan, sebagai gantinya dibikin miniatur rmh gadang saja senilai
300 jt. Tapi saya juga terus meyakinkan beliau bahwa kalau sdh ada Tekad dan
ada izin Allah...pasti bisa. Alhamdulillah sekarang sdh selesai dan bahkan
bertambah dg bangunan pendukung lainnya.

Semoga pula SSM-3 berjalan lancar, org yg masih negatif mungkin krn belum tahu,
kalau yg sdh tahu mungkin belum mengerti, kalau yg sdh mengerti mungkin belum
memahami hakekatnya, dan hanya Tuhan yg Maha Membolak Balik-kan hati manusia.

Tks Bang Aslim. Marilah kita tetap konsisten dalam barisan memajukan Anak
Nagari Minangkabau. Kita sama2 bukan pengurus partai, kita sama2 bukan calon
anggota dewan, kita sama2 bukan calon peserta Pilkada...maka insyaAllah kita
terhindar dari kepentingan sesaat utk diri sendiri.

Selamat Idul Fitri
Mhn maaf lahir bathin.

Wassalam
Adinda Firdaus HB (41)