Dek Lapa Takaca
Oleh K Suheimi

Rumah tangga yang baru terbentuk tertatih-tatih dan terseok-seok didayungnya
juga bahtera hidup itu
Naman badai dan topan yang menerpa demikian kuat sehingga biduk ini oleng
menuju kekaramannya.

Setiap hari dagangannya semakin macet, hidupnya terseok-seok. Harapannya punah
ketika daganganya diporak porandakan oleh petugas yang membersihkan kaki lima.
Punahlah harapannya

Dia tak punya kerja lagi, dia ngangur, ketika tabungannya terkuras habis dia
masih bisa menahan lapar beberapa hari
Tapi ketika anak kesyangannya menangis dan minta susu. Dia ndak tahan lagi, dia
harus mendapatkan susu.
Kemana-mana dicarinya susu untuk anaknya, tapi dia tak mendapatkannya, suara
tangis anaknya yang kelaparan menggoyahkan imannya.

Kertika dia melihat sebuah motor dg mesin yang masih hidup dan orang tak ada.
Di naikinya motor itu untuk di curi. Begitu stangnya di putar yang punya motor
berteriak maliiing
Sekejap anak muda ini di pukuli babak belur, kerna sebelum ini penduduk sering
kehilangan motor, dikira dialah dalangnya.

Si pemuda berteriak. "Maafkan saya khilap, anak saya belum dapat susu dan tak
ada makanan". Permintaan maaf dan ratapan dg alasan susu anak ini hilang oleh
riuh rendahnya kebencian.

Tiba-tiba ke beringasan itu mencapai puncaknya ketika tiba-tiba seseorang
menyiramkan bensin ke tubuh pemuda itu dan seseorang melemparkan korek api yang
menyala. Saat itu juga tubuh kurus dan lemah itupun dilalap api dg teriak
beringas dan sadis dari semua yang hadir bakar, bakar, bunuh, bunuh.

Sebuah nyawa telah pergi ke ketiadaanya. Salahkah dia? Bukankah dia berusaha
mendapatkan susu untuk anaknya.
Kejamkah orang yang menangkap basah pencuri motor?
Mungkin tak ada yang salah, cuma keadaan demikian adanya.
Andes menyampaikan dg tetesan air mata karena peristiwa itu terekam dan di
tayangkan di layar TV.

Lalu saya merenung, oleh segelas susu untuk anak seorang bapak rela mencuri
yang berakhir dg ke matiannya.

Sekarang, hari ini dikampung saya tiba-tiba mendadak kehilangan anak,
kehancuran rumah tempat tinggal kehilangan mata pencarian, kelaparan.
Kedinginan dan ke hujanan dan kepanasan di tempat pengungsian.

Akumulasi tumpukan masalah yang sekali tiba akan merubah prilakunya

Dek lapa takaca dek mamang tarabo. Daripada bacakak jo galang-galang labiah
elok bacakak jo urang.

Dalam masyarakat yang sedang di alami orang di kampung saya. Bisa lahir
sifat-sifat sebagai ledakkan kekecewaan.

Maka untuk mendapatkan apa yang diinginkan bisa terjadi perampokkan, pencarahan
dan bisa-bisa pembunuhan

Saat dimana terjadi pengangguran dan perubahan yang sangat mendadak
Maka pada masyarakat seperti ini. Harus dengan segera dilakukan rehabilitasi
psikis dan fisik

Kurangi penganguran dg segera, beri mereka pekerjaan, pinjamkan dia modal.
Bangkitkan semangatnya yang sudah sampai nilai Nadir.

Jika ini tak segera di lakukan dikhawatirkan kerusakan , penjarahan dan
kekacauan serta penyakit akan menjadi-jadi
Penyakit menular tak terhindarkan, penyakit jiwapun tak terhindarkan.

Satu-satunya. Kita kembalikan segera kepercayaan dan semangat untuk mendayung
hidupnya

Pekanbaru 4 September 2009