soal tawuran iko ambo bapandek, iko ndak sepenuhnyo kesalahan dari
anak-anak/generasi mudo kini.

kondisi generasi mudo kini ndak bisa dipisahkan dari teladan yang diberikan
generasi tuo nan ado kini. bak kecek pepatah, guru kencing berdiri, murid
kencing berlari.

ambo mangutip pidato Severn Suzuki (bocah berusia 12 tahun), yang mewakili
E.C.O – Enviromental Children Organization dalam konfrensi lingkungan hidup
PBB beberapa waktu nan lalu.

"Di sekolah, bahkan di taman kanak-kanak Anda mengajarkan kami untuk tidak
berkelahi dengan orang lain, mengajarkan kami untuk berbuat baik. Mencari jalan
keluar, membereskan kekacauan yang kita timbulkan. Tidak menyakiti makhluk
hidup lain, berbagi dan tidak tamak. Lalu mengapa Anda kemudian melakukan hal
yang Anda ajarkan pada kami supaya tidak boleh dilakukan tersebut? Jangan
lupakan mengapa Anda menghadiri konferensi ini. Mengapa Anda melakukan hal ini,
kami anak – anak Anda semua. Anda sekalianlah yang memutuskan dunia seperti apa
yang akan kami tinggali. Orang tua seharusnya dapat memberikan kenyamanan pada
anak – anak mereka dengan mengatakan “ Kami melakukan yang terbaik yang dapat
kami lakukan dan ini bukanlah dari segalanya “. Tetapi saya tidak merasa bahwa
Anda dapat mengatakan hal tersebut kepada kami lagi. Apakah kami bahkan ada
dalam daftar prioritas Anda semua?"

versi lengkapnya di
http://rujakuleg.blogspot.com/2009/12/pidato-anak-12-tahun-yang-membungkam.html

jadi mungkin ikolah realitas nan ado kini, nan tuo sibuk tawuran untuak
urusannyo, samantaro nan mudo baraja banyak dari nan tuo dalam soal keteladanan
tawuran iko. entahlah. bisa salah, bisa batua.

salam,
ap