From: Riri Mairizal Chaidir <riri.chai...@rantaunet.org>
Subject: [...@ntau-net] TOPIK DISKUSI YANG MENJADI HITS DI PALANTA TAHUN 2009
DAN WHAT NEXT NYA
To: rantaunet@googlegroups.com
Date: Saturday, January 2, 2010, 9:01 AM

Dunsanak Sadonyo.

Sampai dengan jam 00.00 (WIB) malam tahun baru, posting nan masuak ka PALANTA
RANTAUNET sudah memperbaiki rekor tahunan dengan tajam, yaitu 21,732 versi
@yahoogroups, atau 21,924 versi @googlegroups. Jumlah ini hampir merupakan
kelipatan dua dibanding tahun 2007.

Tahun 2009 ini juga mencatat rekor lain, yaitu jumlah posting bulanan diatas
2,000. Terbanyak bulan Oktober (2,500), disusul oleh bulan Mei (2,159). Untuk
posting bulan Oktober yang 2,500, gampang diprediksi, isinya terbanyak tentunya
mengenai Gampo. Sedangkan untuk bulan Mei ada beberapa topik, namun tampaknya
topik “paling rame” adalah tentang “Kriteria Calon Gubernur Sumbar”. Sebetulnya
di bukan Desember juga tercatat  tinggi  2,157, tapi jumlah ini ambo anggap
“ndak aci do”, karena dalam jumlah itu lah taetong pulo “galodo delivery
report” yang mungkin jumlahnya ratusan.

Iseng2, ambo cubo maetong2, topik apo sajo nan menjadi “hits” salamo 2009. Dari
segi jumlah dan “seru” nya, ado sekitar 8 topik, yaitu:  gampo, calon gubernur,
pembangunan sumbar, pimpinan/ tokoh nasional, pariwisata, arti kata/ nama, kopi
darek, dan kuliner Topik2 lain manuruik pengamatan ambo indak terlalu rami do

Tentunya saya tidak dalam kapasitas untuk menilai “kualitas” dari diskusi itu.
Yang ingin saya coba sampaikan adalah, bagaimana kita menindaklanjuti diskusi2
yang menjadi hits tersebut. Ini karena kesimpulan sederhana ambo, berberapa
diskusi awak perlu dipertajam ujuangnyo, jadi tidak “hilang” begitu saja begitu
ada topik baru yang menarik.

Mohon maaf kalau kesimpulan nan ambo ambiak ko kaliru, maklum nan namonyo
“simple summary”, indak pakai landasan ilmiah bagai do.  Tapi mudah2an ado
gunonyo untuak awak basamo (at least untuak ambo, sebagai latihan untuak
mambuek summary, he he). Untuak ambo, ikopun menjadi otokritik, karano ambo pun
tamasuak nan banyak mamposting (banyak dari segi kuantitas, soal kualitas yo
antahlah.

1.     GAMPO

Mudah diprediksi bahwa topik ini menjadi hits di Palanta. Saya sangat bangga,
bahwa kita tidak hanya berdiskusi, tapi banyak diantara dunsanak2 awak yang
terjun langsung membantu penanganan pasca bencana tersebut. Tanpa bermaksud
mengurangi peran dunsanak nan lain, beberapa namo nan nampak jaleh di ambo di
palantako, dimulai dari Rahyussalim di rombongan kesehatan yang langsuang
datang di kesempatan partamo, Nofrins yang masih disana (dalam rangka
mempromosikan pacu jawi ke komunitas tukang kodak), ada IJP yang meninggalkan
istri yang sedang kurang fit, ada sanak Aslim dengan BRR nya, ada Jepe yang
“single fighter”, ada Ephi Lintau dengan TREMORnya, ada da Rainal/ Muchlis
dengan sumbangan SAS dan S3 nya.  Dan yang “lebih resmi”, ada uda Dave dengan
Kacio RN. Untuk level institusional, pak Saaf pun sudah berupaya dengan
pembentukan institusi untuk penanggulangan Gempa. Di nagari urang pun Mak Ngah
lah bersiap2 pulo jadi sukarelawan dan Ajo Duta.

Sekarang periode darurat mungkin sudah selesai (saya katakan “ mungkin”, karena
di Koran katanya begitu) Tapi di sisi lain, ambo mandanga dari tetangga ambo
bahwa Puskesmas berlantai IV yang rusak di Samping Mesjid Sahara, di Jalan
Padang Pasir, ndak jauah dari Kantor Gubernur pun masih ditingga tanpa
kejelasan. Itu dekat kantor Gubernur, bagaimana yang di pelosok sana ya? Kalau
bantuan dari Pemerintah, antah dima nyo kini. Dulu waktu baru gampo memang
Wapres (waktu itu) sangat tanggap, Menko Aburizal Bakri pun menjanjikan sekian
T, Gubernur Gamawan Fauzi juga mengatakan ada anggaran belasan T. Tapi itu kan
kata Koran.

Alangkah baiknya kalau ado dunsanak nan punyo informasi dan ide kongkrit, ka
manga awak sudah ko lai. Mungkin sanak Aslim dengan BRR Swastanya bisa
memberikan pencerahan. Atau Pak Saaf juga, bagaimana tindaklanjut pembentukan
Badan Penanggulanan Bencana Daerah nya.

2.       CALON PEMIMPIN SUMBAR

Sewaktu diskusi mengenai KRITERIA pemimpin Sumbar dimulai, saya juga sangat
bersemangat. Saya sepakat bahwa merumuskan kriteria dari awal jauh lebih baik
dibandingkan melihat orang nya. Saya berharap, hasil diskusi itu disampaikan ke
pihak yang berwenang untuk menyaring para Balon Gubernur.

Tapi sayangnya, diskusi itu tiba2 menghilang. Dan kriteria yang telah disusun
itu mungkin hanya menjadi penghuni server google dan yahoo.

Beberapa hari yang lalu, ada dunsanak yang mengangkat kembali kriteria itu.
Tapi saya tidak tahu, apakah itu akan efektif karena proses seleksi (walaupun
masih di tingkat partai) sudah dimulai.

Saya Cuma berharap, jangan sampai kalau Gubernur baru telah dilantik nanti,
ambo basorak lo kareh2: “harusnya Gubernur itu orang yang begini begini … dst”

3.       PEMBANGUNAN SUMBAR

Topik ini merupakan salah satu “primadona”. Beberapa kali muncul dalam tahun
ini. Kita diskusikan apa yang harus dibangun, bagaimana cara membangun Sumbar.
Sederet teori dan celetukan “asal nyaut” (sarupo ambo) telah dilontarkan.  Ambo
katakan “asal nyaut”, karena saya tidak memikirkan apa dan cara membangun
Sumbar, tapi karena pertanyaan saya mungkin OOT – “apakah mereka dan kita
sependapat dengan apa yang disebut pembangunan”?

Sayangnya, seperti beberapa kali kejadian sebelumnya, topik inipun hilang
dengan adanya topik lain

4.       PIMPINAN DAN TOKOH NASIONAL

Salah satu topik yang rame adalah tentang pimpinan atau tokoh urang awak. Kita
membuat list siapa2 tokoh pemerintahan dan swasta (seperti CEO) yang urang
awak.

Tapi terus terang, saya masih tidak memahami apa hubungannya beliau yang hebat2
itu dengan pembangunan Sumbar/ Minangkabau. Dan kemudian setelah kita punya
list urang2 hebat itu, what next?

5.       PARIWISATA

Tentang pariwisata tampaknya sudah tidak begitu banyak didiskusikan. Ada, tapi
sporadis, misalnya pada waktu Tour de Singkarak dan tentang Kereta Api. Tapi
tetap saja tidak seramai tahun2 yang lalu, apalagi pada waktu MAPPAS dan MPKAS
mulai dibentuk.

Tanpa bermaksud mengurangi jasa dunsanak2 lain, nama yang paling menonjol tentu
saja Yulnofrins, selain ber “makitam-makitam”, beliau ini cukup “habis2an”
mempromosikan pariwisata (seingat saya, waktu Gampo itu baliau ko sadang
mambaok rombongan manonton pacu jawi). Juga ada Nofend, Nanang (Asfarinal),
Ephi Lintau.

Sayang juga sebetulnya, karena beberapa tahun yang lalu banyak diantara kita
bersepakat untuk memajukan pariwisata ini …

6.       ARTI KATA DAN NAMA

Ini memang topik yang banyak partisipannya. Pertanyaan tentang arti kata2 dalam
bahasa Minangkabau (baik itu kata2 umum maupun yang mungkin merupakan slang
suatu daerah atau komunitas tertentu) selalu mendapat sambutan hangat.

Mudah2an hasil diskusi ini selalu “ditangkap” dengan setia oleh dunsanak2 nan
sudah mulai melaksanakan niat baiknya untuk menyusun semacam kamus bahasa
Minang. Congratulation dan Harapan yang Dalam kepada Adyan dan Suryadi dari
saya.

7.       KOPI DAREK

Kopi Darek biasanya didahului dengan posting2 hangat, baik tentang topik yang
akan didiskusikan, maupun undangan/ konfirmasi. Dunsanak2 yang tidak bisa hadir
sangat terbantu dengan adanya laporan pandangan mata dan juga risalah2 hasil
pertemuan.

Sayangnya, what next dari risalah2 tersebut tidak begitu ter explore di palanta
ini.

8.       KULINER

Topik ini “naik daun” terutama di kuartal terakhir tahun ini. Berbagai jenis
makanan yang populer maupun yang langka ditayangkan.

Terus terang, saya tidak mengikuti diskusi ini karena buat saya “makanan
Padang” itu Cuma dua, Sate Mak Syukur dan Sate Padang Mangkuto. He he (maaf ini
pendapat pribadi)

Tetapi saya berharap, suatu saat masakan2 awak itu bisa menjadi “trademark”
Minangkabau tanpa perlu dipatenkan. Mungkin saya boleh iri dengan masakan “MIE”
yang sudah menyatu dengan Cina. Boleh saja ada yang mengiklankan Mie Aceh atau
Mie Jawa, tapi saya yakin, di pikiran sebagian besar orang, Mie itu selalu
diasosiasikan dengan Cina. Atau Korma dengan Arab.

 Demikianlah hasil “analisis” saya tentang diskusi2 awak selama tahun 2009.
Sekali lagi mohon maaf kalau hasilnya “nyasar”, karena metode analisisnya pun
tidak bisa disebut ilmiah. Kalau buat saya, saya selalu berharap apa yang kita
diskusikan itu ada manfaatnya di masa depan, ada what next nya …

Selamat Tahun Baru

Riri
Bekasi, L, 47