Maaf kan Ambo Mak..
Dek ambo nan mudo matah, dan kebetulan bukan urang Agam, jadi mungkin kurang
paham dengan ikatan emosional masyarakat Agam.
Memang sejauh yang saya tahu, Agam terbentang dari saedaran Gunuang Marapi
sampai ka Matua Palembayan, terus ke Maninjau.
Tadinya saya mengira Tiku dan Lubuk Basung adalah wilayah rantau Agam. Karena
meskipun saat ini Tiku masuk dalam administratif Agam, tapi budaya dan adat
istiadat Tiku identik dengan Pariaman, makanya saya menganggap Tiku bukan
bagian tradisional dari Agam Tuo, tapi adalah daerah rantau luhak agam.
Tapi terlepas dari itu, alasan gumaman saya adalah faktor geografis, dimana
terdapat pemisah alami yang kemajuan dari kabupaten agam yang luas tersebut.
Dinding terjal bukit barisan, dengan kelok 44 nya agaknya memang menjadi
pembatas ruang gerak Agam secara keseluruhan. Saya tidak tahu  apakah ada jalur
alternatif yang bisa menhubungan Agam tiur dengan Ibu kotanya di Lubuk Basung.
Disamping itu, Agam tuo atau agam Darek telah memiliki masyarkat dan
wilayahyang kompleks, begitu juga dengan Agam Rantau. Saya rasa, pemisahan
administratif tidak akan memisahkan keterikatan emosional orang Maninjau dengan
BUkittinggi. BUktinya, orang Tiku meskipun secara adminsitratif masuk Agam,
tapi tetap saja kalau kenalan akan mengaku orang Pariaman dan senang di Panggil
Ajo.

Salam

Bot Sosani Piliang
28 th - Jakarta
Just an Ordinary Man with Extra Ordinary Dream
www.botsosani.wordpress.com
Hp. 08123885300