Mengingat akhir tahun dan awal tahun seperti sekarang ini, mengingatkan saya
pada kerjaan yang saya geluti selama lebih kurang 4 Tahun di Aceh, yaitu
tentang penyusunan DIPA, untuk mengingat2 itu, saya jadi teringat dengan
berita kemaren, yang mana Presiden bersama wakil menyerahkan DIPA secara
simbolik kepada K/L dan Pemprov.

Saya jadi ingat kampung kita pasca bencana ini, berapa besaran DIPA kampung
halaman kita taun 2010 ini, berapa yg dialokasikan untuk Pembangunan pasca
bencana lalu.

Sama kita tau, diawal taun lalu di Palanta ini kita juga mengetahui jumlah
besaran APBN yg diberikan kepada pemerintah daerah di ranah sana, hampir 13T
(Rp.12.933 Triliun) waktu itu, tapi apa yang kita ingin tau waktu itu,
rasanya sampai sekarang juga belum tau, untuk2 apa saja APBN sebanyak itu,
berapa persen untuk pendidikan, kesehatan, prasarana umum, dan Pariwisata
khususnya waktu itu, berapa persen dan kegiatannya seperti apa.

Sampai detik ini, baik di palanta atau di media2 lokal, saya belum juga
mengetahui, untuk2 apa saja dan apa yg sudah dibangun dengan uang yang
hampir 13 T itu, tentu juga tidak tau, berapa persen realisasi dari dana yg
sekiann T itu, jangan lagi ditanya kebocorannya, hehehheee..

Taun ini, 2010, Pemerintah Sumatra Barat telah menerima DIPA APBN sebesar
Rp. 13.44, kenaikannya tidak memperlihatkan signifikan untuk skala daerah
yang abis dilanda Bencana, masih normal2 saja menurut ukuran saya, kenaikan
setiap taun jatah APBN.

Namun demikian, hendaknya kita tetap melihat penggunaan anggaran dari duit
rakyat ini (duit negara duit rakyatkan?), semoga pemamfaatannya tidak hanya
untuk tambal sulam  dari pembangunan yang tidak selesai pada TA lalu. Dan
benar-benar dimamfaatkan untuk kesejahteraan dunsanak kita di Ranah.

Wassalam
Nofend St. Mudo