Maaf, saya merasa aneh juga dengan artikel ini.

Kalau dibaca di media lain, kasus ini beda jauh dengan "phising".

Kalau di media lain disebutkan bahwa pelaku memasang alat untuk merekam data
kartu ATM di slot mesin. Pemilik data (kartu) tidak dapat dipersalahkan
karena tentunya dia tidak diharapkan untuk mengenali apa2 saja yang benar2
merupakan bagian dari mesin ATM, dan mana yang bukan. Jadi ini merupakan
tanggungjawab pemilik mesin, bukan nasabah

Sedangkan kalau phishing, seperti yang diuraikan di artikel, yang
"dikerjain" itu adalah si pemilik data. Jadi itu tanggungjawab si pemilik
datalah kalau sampai datanya itu digunakan untuk tujuan fraud.

BI sendiri sudah mengatakan bahwa ini tanggungjawab bank, bukan kesalahan
nasabah. BI juga memerintahkan bank untuk memeriksa mesin mereka.

Jadi jelas di sini bahwa BI telah menyatakan bahwa ini bukan phising.

riri
bekasi, l, 47