Pak Saaf,

Maaf, sebenarnya pemahaman saya tentang adat Minangkabau sangat sangat jauh
untuk bisa memberikan komentar. Tapi karena draft ini delewakan melalui
jalur umum di PALANTA, saya ingin memberikan beberapa komentar.

1.      Kedalaman dan Tingkat Kerincian Pengaturan. Misalnya, apakah memang
pemberian nama anak (pasal 8) memang perlu diatur. Atau, apakah larangan
seorang Bapak melakukan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme - apakah ini tidak
terlalu "normatif". Juga, kalau KKN tidak boleh, bagaimana dengan tindak
pidana lainnya?

2.      Resolusi dan Sanksi terhadap Pelanggaran/ Konflik. Saya melihat ini
sebagai peraturan, tapi saya belum melihat apa yang harus dilakukan dalam
hal terjadi pelanggaran, misalnya kalau saya tidak memberi nama sesuai
dengan pasal 8. Atau resolusi terhadap kasus yang lebih luas, misalnya dalam
hal adanya ketidaksinkronan antara peraturan ini dengan peraturan
perundangan.

3.      Larangan Penyebaran Agama Selain Islam. Saya kira ini merupakan
konsekuensi logis dari Pasal 1 (1). Seharusnya ini berlaku umum, tidak
merupakan bagian dari "Penanggulangan Bencana" (BAB XIII). Apalagi, menurut
pemahaman saya, Pasal 3 UU 24/2007 tidak mengatur tentang hal itu.

4.      Konsiderans (di perundangan) biasanya tidak terlalu panjang,Misalnya
tentang "Membaca", ini mungkin ekuivalen dengan "Daftar Pustaka" kalau di
literatur ilmiah, tapi tidak dalam perundangan.

5.      Konsiderans (di perundangan) biasanya diartikan sebagai: inilah yang
akan direfer dan/ atau dijelaskan, dan tentunya yang kaitannya sangat jelas.
Jadi saya kurang paham urgensinya ini dimasukkan sebagai konsiderans,
seperti:

a.       UU 39 / 2008 tentang Kementerian Negara mengatur tentang manajemen
Kementerian.

b.      UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah, ini sangat penting, tapi
saya tidak melihat pasal2 yang merupakan perwujudan ataupun merfer ke UU
tersebut.

Mudah2an komentar ini ada manfaatnya.

Riri

Bekasi, l, 47