Suryadi

Dari:  Suryadi <niadil...@yahoo.co.id>
Judul: Bertanya soal ukiran tradisional Minang
Kepada: zfi...@telkom.net
Tanggal: Minggu, 28 Februari, 2010, 1:49 PM

Bapak Zulfikri yth.
Saya menemukan webssite atau blog Bapak di internet yang mendeskripsikan dg
menarik jenis2 ukiran tradisional Minangkabau yang penuh simbol dan makna.
Kebetulan saya sedang meneliti satu naskah Minangkabau, yaitu Syair Mekah dan
Madinah, karya Syekh Daud Sunur. Di dalam teks syair itu disebutkan beberapa
jenis ukiran tradisional Minang dan juga beberapa macam perangkat aksesoris
rumah Minang lama (saya kira), yaitu

-awan mega
-buah siriah
-bungo tanjuang
-tajun balat (tajun balek?)
-tanjuang pulau
-ukia Cino

dan dua lagi (yang saya kira bukan ukiran, tapi semacam bagian tertentu yang
terdapat di pintu rumah?), yaitu:

-gasiang-gasiang
-gewang-gewang

Mungkin Bapak Zulfikri mengetahui jenis2 ukiran dan perangkat aksesoris itu.
Perlu saya jelaskan pula bahwa nama2 ini dipakai dalam teks Syair Mekah dan
Madinah untuk menjelaskan bagaian2 dari Masjidilharam. Saya pikir GEWANG-GEWANG
itu semacam perangkat aksesoris di puncak kubah mesjid yang beruntai2 (dibuat
dari seng atau tembaga?) yang jika angin bertiup akan berbunyi berdering2 dan
agak berisik, sebab ia teruntai seperti subang/anting wanita. Tapi mungkin juga
saya salah.

Sekian email saya. Saya berharap mendapat balasan dari Bapak.

Salam hormat,
Suryadi (putra Sunur, Pariaman)
dosen dan peneliti pada Leiden Institute for Area Studies / School of Asian
Studies
Leiden University
Postbus 9515
2300 RA Leiden
Belanda
Tel: +31-71-5272414
http://niadilova.blogdetik.com/perihal/

Berselancar lebih cepat.
Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk Yahoo! otomatis membuka 2 halaman
favorit Anda setiap kali Anda membuka browser.Dapatkan IE8 di sini! (Gratis)