Assalamualaikum w.w para sanak sa palanta,
Sambil mengucapan syukur Alhamdulillah terhadap telah mulai difahami dan
diterimanya konsep Majelis Adat dan Syarak sebagai forum musyawarah
kepemimpinan tradisional Minangkabau Tungku Tigo Sajarangan [bisa ditambah
dengan wakil Bundo Kanduang dan Pemuda], ada masalah lanjutan yang perlu
disepakati, yaitu: bagaimana struktur, prosedur, serta personalianya ?Secara
pribadi saya berpendapat: sesuai dengan asas 'duduk sama rendah tegak sama
tinggi', strukturnya bersifat kolegial. Pimpinannya mungkin tepat berbentuk
presidium, dengan ketua periodik. Di dalamnya ada bidang-bidang sesuai dengan
program yang akan ditangani, mungkin terbagi dua: bidang ekonomi dan bidang
sosial budaya.Prosedurnya bersifat kenyal dan terbuka, tidak birokratis,
diarahkan untuk mengidentifikasi masalah, membahasnya, serta mencari berbagai
alternatif pemecahan masalah, yang kemudian dipilih salah satu bentuk pemecahan
masalah yang akan dikerjakan bersama.Personalianya, selain
 memahami ABS SBK secara utuh [dalam taraf awal bisa berpedoman kepada
Kesepakatan Kongres yang sedang disosialisasikan dan disempurnakan bersama,
baik di Ranah maupun di Rantau], juga berpribadi terbuka dan mampu bekerjasama
dengan orang lain.Saya memohon masukan dari kita semua. Terlebih dahulu saya
ucapkan terima kasih banyak.
Wassalam,
Saafroedin Bahar(Laki-laki, masuk 73 th, Jakarta)