Kelanjutanparagraf berita di bawah ini:

"Menurut Amri, setidaknya empat nagari di 3 kecamatan terkena galodo. Dua
nagari di Kecamatan Luhak, yaitu Nagari Sungai Kamuyang dan Nagari Tanjuang
Aro. Lainnya Nagari Batu Payuang di Kecamatan Lareh Sago Halaban dan Nagari
Situjuah Gadang di Kecamatan Situjuah Limo Nagari."

Daerah yang disebutkan ini adalah daerah persawahan indah subur penghasil beras
terbaik. Pemandangan landskap daerah ini sudah menjadi darah daging saya sejak
remaja (1952) dan terbayang jelas dari jauh sampai sekarang jauh di Rantau
(2010) . Kampung-kampungnya sudah saya jejaki, jalan tapak antara Situjuh
sampai ke Goduk Pasa Robaa sudah saya jalani menikmati pemandangan indah Lereng
Sago Utara.

Jauh lagi ke atas, saya sudah memintas lereng Sago paling tinggi hampir ke
puncak Sago waktu merintis jalan sendiri bersama rombongan waktu Long March
Terakhir akhir dari Ampalu Halaban di Timur sampai ke Candung menyeberang Lurah
Jabua di Agam Desember tahun 1960. Jalan lintas rintisan kami ini belum pernah
ditempouh manusia sebelumnya. Pemandangan Ranah Limopuluh Kota tetop terbayang
di benak saya.

Salam,
-- MakNgah
Sjamsir Sjarif