Sanak  ZC dan dunsanak palanta RN pemerhati bola

Terima kasih CMIIW nya
Maaf saya memang sedikit "keki dan emosional" ketika Sriwijaya FC begitu
mudahnya berlaga di divisi utama liga kita ketika itu dengan memindahkan
kandang Persijatim

Jaman perserikatan dulu di era 70 an sampai galatama memang secara tradisi dan
sejarah yang panjang serta perserikatan yang paling menonjol dan menyumbang
pemain untukl timnas kita adalah PSMS, Persija, Persib, Persebaya dan Persipura

Itulah jaman keemasan bola kita yang bisa berbicara dan disegani di kawasan
Asean dan Asia

Hiruk pikuknya begitu berdenyut dan membangkitkan rasa nasionalisme yang tinggi

Skarang ..entahlah siapa yang salah, dimana yang salah dalam pembinaan bola
kita

Saya (kita) berharap PSSI bisa memutar kompetisi yang bermakna

Jiwa kompetisi salah satunya adalah promosi dan degradasi itu adalah hasil
pertarungan dilapangan hijau (home and away) yang menentukannya

Kita bisa saksikan di liga eropa setiap musimnya seperti BPL, La Liga dan Serie

Setiap laga diakhir minggu bagi mereka adalah partai. "Final-hidup mati " dalam
arti

Klub papan atas berusaha menjadi juara paling tidak finish diurutan 4 untuk
bisa berlaga di liga champion yang bergengsi, glamour dan penuh taburan uang
hadiahnya

Klub medioker berusaha juga untuk meraih mimpinya diakhir kompetisi diurtan 5
dan 6 agar bisa ikut piala UEFA

Sementara klub papan bawah tak kalah sengitnya bertarung disetiap laga agar
tidak masuk zona degradasi

Dan ini dia sebuah wujud kompetisi yang bermakna saya tonton ditelevisi tentang
seputar sepak bola eropa dalam sebuah acara

Saya begitu larut menontonnya

Anda tahu klub sekelas Blackburn Rover yang pernah menjuarai liga inggris
ketika masih diperkuat bintangnya Alan Shearer

Nah para fansnya tidak pernah membayangkan mimpipun tidak ketika Blackburn
Rover tergradasi di liga premier Inggris (tahunnya saya lupa)

Para fans setia mereka mengadakan prosesi "kematian" yang unik atas
tergradasinya klub kebanggaan mereka

Diceritakan dalam tayangan televisi tersebut

Ribuan fans ultras BR mengusung peti mati dari tengah lapangan bola distadion
mereka eadwood park berselimutkan kain warna jersey ((biru putih) serta
bertaburkan setangkai mawar merah (lambang klub) mereka pawai keluar stadion ke
kota dengan iringan musik duka dan ada dari para fans menangis berurai air mata

Dari sini bagi saya yang dapat ditarik atas peristiwa prosesi ini adalah

Betapa berjiwa dan bermaknanya sebuah kompetisi bagi para fans, pemain dan
manajemen dan pemilik klub degradasi diakhir musim kompetisi adalah sebuah
mimpi buruk

Mereka sadar tidak ada satupun kekuatan seperti uang dan kekuasaan yang akan
menolong mereka (klub) agar tidak terlempar/degradasi di liga premier

Mereka sadar bahwa yang hanya bisa menentukan nasib mereka agar tidak
tergradasi dan tetap bertahan diliga utama adalah hasil pertarungan (home and
away) yang dilakoni klub setiap akhir pekan dalam satu musim kompetisi

Peti mati itu mengisyaratkan dari para fans agar para pemain dimusim
selanjutnya bertarung di divisi 1 liga Inggris agar berusaha lagi menjadi juara
atau berada diposisi untuk promosi lagi di liga priemer (BPL)

Mereka para fans menyadari jika terlempar ke devisi 1 maka bukan sesuatu yang
sangat mudah kembali lagi bertarung dan promosi ke BPL, ini dibuktikan klub
sekelas Leed United yang pernah juara BPL (kalau nggak salah tahun 1990 ?)
Ketika degradasi sampai saat ini mereka berkutat didivisi 1 bukan satu atau dua
tahun tapi sudah tahunan semenjak terdepak

Jadi betapa prosesi "kematian" Blackburn Rover itu menyiratkan sebuah kompetisi
yang bermakna

PSSI memutar kompetisi..ahhh itu membuat kita sedih dengan segala kekisruhan
serta caruty mnarut yang terjadi dalam tubuh organisasi tersebut, nah sangat
aneh dan lucu seorang ketua yang terlibat masalah hukum serta berada di penjara
masih saja bisa menjadi ketua umum serta mengendalikan roda organisasi dan
kompetisi dibalik jeruji besi

Itulah sekulumit kisah2 bola dimana saya memang melihatnya dari berbagai sisi
apa yang terjadi baik ketika bola itu dimainkan didalam lapangan hijau maupun
ketika bola itu dimainkan diluar lapangan hijau..hegemoninya sangat luar biasa
sebuah permainan yang universal lintas agama, ras, budaya dan sudah menjadi
kebanggaan suatu negara jika timnasnya berprestasi baik tingkat regional maupun
internasional

Salam_Jepe