Saya sudah membaca paper pak Mochtar Naim. Suatu hal yang saya garis bawahi
dari tulisa tadi mengenai kekuatan hukum ABS-SBK Apakah kekuatan hukum tadi
merupakan sebuah pengakuan Pemerintah dalam bentuk UU atau Perda atau peraturan
lain? Seharusnya di sini peranan DPD sangat diperlukan, di mana Pak Mochtar
salah satu anggotanya bisa merealisir hal ini, apalagi nantinya akan ada Kantor
Perwakilan DPD di setiap Provinsi. Tentu ini akan menjadi tantangan bagi Pak
Mochtar sendiri.Kalau dalam Kesepakatan Marapalam Pemerintah Hindia Belanda
ikut turut serta dan menjadi semacam UU pada saat itu, seharusnya pada zaman
maju sekarang Pemerintah kita juga bisa didorong untuk meratifikasi ABS-SBK
tadi dalam  suatu peraturan adat budaya untuk lokal daerah masing-masing
Tentunya peranan DPD sangat dinantikan, karena anggotanya mewakili kepentingan
daerah dan budaya asal mereka.
Selama ini gaung ABS-SBK sangat lemah dan hanya ephoria saat ada kongres.Kita
harusnya bangga punya ABS-SBK, yang sudah turun temurun dari dulu. Kalau
Pemerintah Hindia Belanda bisa mengakui, kok malah sekarang Pemerintah kita
seolah-olah tidak peduli. Sedangkan Aceh saja dianggap khusus dengan aturan
budaya mereka dan diberikan special teatment. Dimana missin link-nya? Sebagai
orang Minang yang bisa bertebaran di mana-mana, hausnya kita peduli dengan
kelunturan  cap ABS-SBK sekarang. Kita berharap KKM bisa mencari akar
permasalahan lemahnyaABS-SBK tadi dan mencari jalan keluar yang dapat
melibatkan semua pihak, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, pemda, DPD,
masyarakat dan pihak-pihak lain seperti lembaga peneliti, lembaga sosial budaya
dsb.
Demikian sedikit komen,mohon maaf kalau ada yang kurang sependapat.

 Zorion_Anas
(54+)
http://minangmaimbau.blogspot.com
http://zorionanas.blogspot.com