Pak Saaf,

Kalau bentuknya memang bantuaknyo "network", mako jawaban ambo:

1) bisa dipersatukan, kalau memang tujuan/ kepentingannya sama
2) caranya, yakinkan mereka kalau tujuan/ kepentingannya sama

Nah, tinggal merumuskan yang nomor 2 itu yang tidak mudah.

Jadi kalau menurut saya, bukan "orang nya yang tidak mau dipersatukan"
tetapi "belum melihat adanya suatu konsep jelas dan membumi yang memberikan
keyakian bahwa tujuan/ kepentingan kita sama"

Riri
Bekasi, l, 47