Kalau keluarga besarku ngumpul, rumah di depok penuh Biasalah liburan panjang
semua ponakan2 ngumpul, makan bersama2 kemaren itu aku bakar ikan kembung,bawal
dan ikan mas ....aduh...pusingnya minta ampun krn anak2 pada mau
ngipasin....,sambil makan si ikan bakar , kita karaoke bersama2 biasalah anak2
pada rebutan tak ada yg mau mengalah ,  dan kalau malam tiba, sambil tiduran2
dihamparan kasur ,ponakan2ku ini   nonton bersama, ini  yang paliang aku sukai
krn mereka tidak berisik,  menonton film bersama acara paling disukai  baik di
bioskop jika ada film Indonesia yang bagus ataupun nonton dvd ini khusus film
anak2 dari luar ,
 Nah kalau sudah libur panjang tiba tugasku sudah pasti siapin dvd film anak2
terbaru…, salah satunya Alice in Wonderland, Cerita serorang gadis yg tak
sengaja masuk kedalam lubang kelinci dan menemukan dunia lain didalamnya,
Setelah menonton film ini aku binggung apa sih yang menarik dalam film ini?
.Ponakan2ku mengatakan yg bagus tuh baju2 yang Alice pakai…yang lain bilang
yang bagus ada binatang di dunia lain yang bisa berbicara,
yup ada tikus,kelinci,anjing,kucing dll  yang bisa berbicara ,aku tersenyum ,
memang anak2 lebih menyukai tokoh2 seperti itu, aku membayangi salah satu tokoh
di film tersebut  Cheshire cat, si  kucing biru bermata hijau yang  ajaib yang
bisa menghilang dan muncul tiba, disalah satunya kucing ini muncul  Disaat
Alice dikejar oleh pasukan merah  Alice berlari kesana sini untuk menyelamatkan
diri lalu  tiba di sebuah persimpangan jalan. Jalan yang dilaluinya bercabang
menjadi dua. Satu kekiri, dan satu lagi kekanan. Alice bingung mau mengambil
jalan yang mana. Lalu muncul lah tiba2 si kucing biru  Cheshire Cat, Dalam
bimbangnya Alice  bertanya kepada Cheshire Cat yang lucu itu;
Alice:Would you tell me, please, which way I ought to go from here?
Kucing bijaksana itu menatap wajah Alice. Lalu dia berkata
Cheshire cat: That depends a good deal on where you want to get to

Alice:I don't much care where.Mendengar itu, Alice berkata bahwa dirinya tidak
terlalu peduli dengan tujuan
Dan sang kucing biru kembali tersenyum, lalu berkata dengan lemah lembut dan
bijaksana
Cheshire cat : Then it doesn't much matter which way you go.Jalan mana yang
kamu tempuh – my dear – bergantung kepada tujuanmu.
Alice:…so long as I get somewhere.

Cheshire cat :Oh, you're sure to do that, if only you walk long enough.
Akhirnya aku menemukan yang menarik dari film ini, salah satunya percakapan
yang diatas…yahThen it doesn't much matter which way you go Jalan mana yang
kamu tempuh  bergantung kepada tujuanmu.  yah setiap manusia yang dilahirkan
memiliki tujuan  hidupnya masing-masing. Kita diajak untuk sadar tentang tujuan
hidup kita itu. Sebab, tujuan hidup kita akan menentukan tindakan kita. Jika
tujuan hidup kita baik; maka kita akan menjauhi tindakan yang buruk. Tetapi,
jika tujuan hidup kita buruk (saya yakin setiap orang tidak akan seperti ini
)buat apa  kita buang-buang waktu untuk melakukan tindakan yang baik? Orang
seperti ini  melakukan kebaikan  bertujuan supaya dia bisa menutupi keburukan
lain yang dia lakukan. Buat apa dia mengunakan “Topeng”. Karena, kebaikan dia
pasti tidak didasari oleh niat baik. Namun dia hanya sekedar ingin dipuji
orang.
Lalu bagaimana dengan kita yang berbuat baik? Tujuan kita  yang baik memberi
,kita panduan. Supaya kita tidak melakukan tindakan yang berlawanan dengan
tujuan kita. Jika kita bertujuan baik, kita tidak akan pernah mau mencemarinya
dengan setitik dengki didalam hati. Apalagi merusaknya dengan tindakan yang
merugikan orang lain. Atau hal-hal buruk lainnya. Pendek kata, tujuan yang kita
tentukan memberi arah kepada kita; atas jalan mana yang harus kita tempuh
ketika kita berada disebuah persimpangan,kebimbangan dan sebagainya dalam
menjalani hidup.
Lalu apa tujuan hidupku ? tujuan hidupku bahagia dunia dan akhirat,untuk
diriku,keluargaku,sahabatku,teman2ku dan semua umat di dunia ini….amin…
Sebentar lagi liburan panjang, apalagi yah....yang asyik buat ponakan2ku?
 renny,ancol
www.renisy.blogspot.com