From: jupardi...@yahoo.com
Date: Sat, 10 Apr 2010 13:03:34
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [...@ntau-net] Air Terjun Cibodas

Pak Emi dan Mamanda Duta

Ya..betul sekali lincah benarlah rasanya sang Profesor kita ini, Minggu kemaren
masih bersama saya di hamparan lemabh seputar gunung sago di Lintau Buo
(Tanjuang Bonai) peternakan dr Emdahril dengan suasana alam yang segar, bersih
dan sejuk juga

Sekarang Pak Emi dan Uni Ucu sudah berada di Cibodas, Alhamdulillah segala
nikmat hidup di dunia dimasa-masa tua Pak Emi bisa nikmati, mempunyai "space"
waktu dan rejeki yang lapang sehingga bisa kemana-kemana berekreasi dengan
keluarga dan kolega

Ya Cibodas sebuah  tempat yang tentunya saya tidak bisa lupakan, inilah salah
satu laboratorium alam kami Fahutan IPB selain Gunung Walat di Sukabumi

Ingat Cibodas tentu saya ingat dimasa-masa kuliah dulu pratikum lapangan dalam
mata pelajaran Dendrologi, Inventarisasi Hutan serta Satwa Liar

Kami mendata dengan teknik sampling dengan intensitas 10 % semua tegakan hutan
mulai di lantai hutan sampai pohon2 raksasa yang Pak Emi ceritakan itu, kami
catat nama lokal (daerah), nama komersil dan nama botaninya (latin) kami catat
berapa tinggi pohon itu dengan alat seperti pistol dan saya masih ingat nama
alat itu Haga Meter pada jarak tertentu dari pohon ditembakan alat ini ke dasar
pohon lalu ditembakan ke pucuk atau tajuk pohon maka secara matematis alat ini
akan menunjukan berapa tinggi pohon raksasa yang di lihat Pak Emi ini

Begitu juga pengamatan satwa liar kami buat jalur tracking lalu kami
identifikasi satwa tersebut melalu jejak kaki, kotoran, cakaran di pohon atau
tanda2 lainnya. Jejak tapak kakinya semisal. Macan dahan kami cetak dengan gip

Tentunya selepas pratikum yang melelahkan dari pagi sampai sore menjelang kami
tak lupa mandi2 di seputar air terjun cibodas..wahh..serasa dipelupuk mata
semua kenangan ketika itu jika membaca tulisan Pak Emi

Selamat berekreasi Pak dengan klga dan kolega semoga tetap sehat, bahagia,
cerah ceria dan penuh senyum tawa dan canda

Tulisan Pak Emi lansung dari Cibodas paling tidak separuh hati saya sudah
berada disana juga bersama Bapak dan Uni Ucu

Ditunggu tulisan perjalanannya yang lain

Salam-Jepe