----- Pesan Diteruskan ----
Dari: Eri Bagindo Rajo <siano...@yahoo.com>
Kepada: Mochtar Naim <mochtarn...@yahoo.com>; SUDHARTO pgri jateng
<pgrijawaten...@yahoo.co.id>; asmun syueib <kinno...@yahoo.co.id>; Cha cha
<srikandi_of_wo...@yahoo.com>; Dr.Saafroedin BAHAR <saaf10...@yahoo.com>; Eri
Bagindo Rajo <siano...@yahoo.com>; KURNIA SARI <kurnia_und...@yahoo.com>;
Meuthia Suyudi <meuthia_suy...@yahoo.com>; miss shahreza <d2r...@yahoo.com>;
Muslih Sayan <mimbarmin...@yahoo.com.sg>; Prof.Dr Emil SALIM
<emilsalim2...@yahoo.com>; s.sury...@let.leidenuniv.nl; sabri.mif...@gmail.com;
saafroedin.ba...@rantaunet.org; salmanassah...@yahoo.com;
saudagarmin...@yahoogroups.com; sekilas_i...@dpd.go.id; sidik
<m.sidi...@dpd.go.id>; sitinurbaya_ba...@yahoo.co.id; sja...@endoramail.com; SU
Dra. Adriyetti AMIR <adriyettia...@fsastra.unand.ac.id>; suci amalia
<aisyah_suci.ama...@yahoo.co.id>; su...@yahoogroups.com; Suryadi
<niadil...@yahoo.co.id>; Sutan Sinaro <stsin...@yahoo.com>; svia
<1...@yahoo.com>; syaf...@yahoo.com;
 syafr...@mkpi.panasonic.co.id; syal...@yahoo.com; Syuhada Bahri
<d...@centrin.net.id>; Tina Sitorus <she2r...@yahoo.co.id>; wannofri samry
<wanno...@yahoo.com>; yudi suyudi <su_y...@yahoo.com>; Zulharbi Salim
<zsmangk...@telkom.net>
Terkirim: Sab, 17 April, 2010 08:38:42
Judul: Bls: "PERSPEKTIF INDONESIA KE MASA DEPAN"

Assalamu'alaikum WW pak Prof. DR. MN & sidang Palanta RN yang terhormat.

Sabana rancak dan padek isi no pak.

Tapulang lai ka Pemerintah sebagai rezim yang berkuasa untuak merubah dan
menyesuaikan POLITIK EKONOMI NKRI, dari pola
"Gadangkan Kue baru di bagi /ala WIDJOJO&ALI WARDHANA"  manjadi  "Bagi dulu
baru di gadangkan/ala Prof DR Sarbini & Mubyarto".

Perubahan politik ekonomi iko akan tercermin pado setiap kebijakan dalam
seluruh departemen/kementrian dan setiap kepala daerah (Gubernur
/Bupati/Walikot). Dan terujud dalam bentuk ALOKASI dan pola penggunaan
APBD/APBN/APBN-P dan kebijakan keuangan dan moneter BANK INDONESIA serta di
dukung oleh sistem perbankan.

Konsep pikir Ekonomi Rakyat adalah konsep pikir "PRIBUMI", konsep pikir ekonomi
LIBERAL /KAPITALIST adalah konsep pikir
"IMIGRANT".
Imigrant karena memang terbersit nya dan yang paling gencar dalam mengembang
pola pikir iko untuk menguasai ekonomi dunia adalah negara2 yang terlibat dalam
INVASI ekonomi/keuangan (USA dan beberapa negara Eropa)

Di Eropa sendiri pada umumnya , perlindungan atas hak hidup berusaha dan
ber-ekonomi setiap warga negara asli dalam negara nya sangat kuat.
Sedang kan di USA hampir semua  angkatan kerja (penduduk) di arahkan jadi kelas
pekerja (WHITE COLLAR  maupun BLUE COLLAR).
Di Indonesia dan sebagian ASIA adalah negara dengan penduduk PEDAGANG  & PELAUT
& PETANI.., atau SELF EMPLOYED PEOPLE.

Konsep DIVISION of Labor, adalah contoh utama pekerjaan sang PEKERJA menjadi
sangat effisien untuk keuntungan sang pemilik KAPITAL, (yang menjadi dasar
pengembangan ekonomi di USA)

Konsep SUPERMARKET adalah contoh penghilangan kesempatan toko /warung dan usaha
kecil berdagang, yang berkembang mulai dari jaringan TARGET, K MART, WALLMART
dll hingga menjadi merebak di seluruh dunia.

Konsep inovasi technologi dan JARINGAN marketing/Distribusi  yang sangat luas,
MEMATIKAN usaha industri MAKANAN dan MINUMAN rakyat; contoh nya makanan ringan
anak2 dan Kopi instant yang harga ecerannya di warung hanya rp 1500 s/d 2500
persachet /bungkus. Yang mematikan usaha GILINGAN kopi RAKYAT dan usaha makanan
kecil nya.

Pemerintah harus bisa memaksa agar setiap produk KOMODITI PERTANIAN yang
diekspor keluar negeri harus sudah dalam bentuk OLAHAN bukan dalam bentuk
mentah seperti sekarang ini.

Eksport dalam bentuk mentah , menghilang kesempatan bagi rakyat produsen untuk
mendapatkan NILAI TAMBAH /VALUE ADDED ddan  kemungkinan memproduksi BY PRODUCT
yang berharga MAHAL. Contohnya EKSPOR GAMBIR, GETAH PINUS, KARET, TEPUNG
TAPIOKA, KAKAO, MINYAK NILAM dll.

Secara sistem keseluruhan, sebaiknya pemerintah tetap fokus pada ekonomi
PERTANIAN, INDUSTRI PERTANIAN sebagai dasar utama ekonomi negara INI.

 Industri manufacture, IT, dan industri lain tetap dimajukan di dalam negeri
tapi menyesuaikan pada perkembangan yang sangat cepat dari kemajuan TECHNOLOGY
di negara MAJU. Jangan sampai bermimpi dan membuang banyak anggaran APBN dalam
mengejar ketinggalan technology dari negara maju.

Yang bisa diimport dengan aman , karena sifat technology nya sangat rentan
perubahan , jangan sampai di buat dalam negeri jika memerlukan investasi negara
yang sangat besar.

Demikan dulu pak Prof DR MN.. terimakasih

Wassalamu'alaikum WW
Erinos Muslim Tanjung Bgd Rajo (52th)

Dari: Mochtar Naim <mochtarn...@yahoo.com>
Kepada: SUDHARTO pgri jateng <pgrijawaten...@yahoo.co.id>; asmun syueib
sabri.mif...@gmail.com; DEWI SARTIKA SARI <dewi sa 8...@yahoo.com>;
[...]
Terkirim: Jum, 16 April, 2010 18:29:15
Judul: Fw: "PERSPEKTIF INDONESIA KE MASA DEPAN"