From: Imran Al <palito_k...@yahoo.co.id>
Date: Sat, 15 May 2010 20:23:48
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [...@ntau-net] Prof Dr Hj Hayati Nizar telah berpulang ke
        Rahmatullah

Guru Besar IAIN IB Wafat
posmetropadang.com

BUKITTINGGI, METRO

Guru besar IAIN Imam Bonjol Padang  Prof Dr H Hayati Nizar, meninggal dunia,
Jumat (14/5) di RS  Bukittinggi. Kepergian Hayati ini membuat duka civitas
akademika IAIN IB Padang. Kenapa tidak, alamarhum merupakan satu-satunya guru
besar psikologi Islam di IAIN, dan satu dari dua guru besar psikologis Islam
yang ada di Indonesia.

Pembantu Rektor III Salmadanis mengatakan, IAIN merasa kehilangan dengan sosok
yang sederhana, kritis, sejuk dan keibuan.”Beliau juga gigih memperjuangkan
keberadaan jurusan bahkan fakultas psikologis Islam,” ujarnya ketika dihubungi,
Jumat (14/5).

Perjuangan Hayati membuka jurusan psikologis Islam, sudah dimulai sejak
dirinya  menjabat Dekan Fakultas Ushuluddin pada 2000. Dan ketika jabatan dekan
selesai, dirinya ditunjuk sebagai ketua jurusan psikologis Islam.

”Saat ini, jurusan itu merupakan salah satu yang paling favorit dan banyak
peminatnya,” tegasnya lagi.

Hayati dimasa hidupnya, juga aktif berkiprah sebagai praktisi di LKAAM Sumbar,
serta anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hari ini (15/5), almarhum akan
dimakamkan di  Bukittinggi. (*)