Assalamualaikum Wr.Wb. Yth. Bapak Dasriel Noeha.

Saya mencoba menjawab/mengomentari tulisan Bapak Dasriel Noeha,
Menurut saya, KECERDASAN manusia itu adalah anugerah dari Allah SWT., umpamanya
intan (batu terkeras didunia) dan sekolah2/Universitas2 tempat intan tadi
digosok adalah lokasi Penggosoknya.
Jadi seandainya diamond/intan tadi dapat dimana saja tetap keras dan mengkilap,
tetapi penggosok tersohor dan bagus hingga kini masih tetap di Amsterdam.
Seumpama intan dari Martapura digosok diCempaka Banjarbaru menjadi brilliant
tetap bagus dan mengkilap. Tetapi kwalitasnya apakah berbeda, saya kira Bapak
Dasriel Noeha bisa menjawab sendiri.
Selain dari itu, apakah siempunya intan tersebut bersedia batunya digosok di
Banjarbaru atau lebih senang diAmsterdam, mungkin2 saja penggosok dari
Amsterdam yang berupaya menjemput pemilik intan tersebut agar supaya The 5
C's-nya (The 5 C's of Diamond Rating - Cut, Clarity, Color, Carat and Created)
mendekati sempurna dan famosa.
Saya kurang mengerti makna/maksud kata JAGO dari Bapak Dasriel Noeha yang
dibawah ini, maknanya agak kurang konstruktip, mungkin berbau sentiment.
 "Univ peringkat 25, dan akhirnya kerja dengan posisi dan gaji lumayan,   serta
berpengaruh dan punya nama di international, berarti ia telah jadi jago???."

Soeharto tidak pernah kuliah di-LN, setahu saya, tapi sempat jadi President
Indonesia, malah ber-kali2. Gus dur, seingat saya pernah kuliah di LN, rasanya
gak tamat, walaupun demikian pernah jadi President Indonesia, juga Pak Habibie
tamatan TH.Aachen pernah menjabat President.
Mr, Lee Sr. & Jr. dari S'Pore pernah tamat kuliah al. di Cambridge University
England.
Tidak tahu mana yang JAGO menurut pandangan Bapak Dasriel Noeha, dan mana yang
"MUFLIHUUN, THE MEN WHO HAS THE VALUE".

Wassalam,
Muljadi.

-------- Original-Nachricht --------