Assalamualaikum ww para sanak sapalanta,

Dengan bantuan dari berbagai fihak, khususnya Ir Basri Mangun, Buya Mas'oed
Abidin, dan rekan saya Muchlis Karanin, akhirnya saya bisa kontak dengan ahli
waris Buya Fachruddin Hs, yaitu Sdr Irfan Fachrudiin. Syukur Alhamdulillah,
beliau -- setelah saya memperkenalkan diri dan maksud saya untuk mencetak-ulang
indeks Al Quran tersebut, -- bukan saja menyetujui cetak-ulang indeks tersebut,
tetapi juga akan mengajak para ahli waris lainnya untuk mewakafkan hak cipta
indeks tersebut kepada Kongres Kebudayaan Minangkabau mendatang.Urut-urutannya
adalah sebagai berikut.

1) Senin, tanggal 24 Mei jam 17.19 saya mengirim sms sebagai berikut:
"Assalamualaikum w.w. Sanak Irfan. Saya Saafroedin Bahar, 73 th, tinggal di
Jkt. Menyambung pembicaraan dengan pak Muchlis Karanin, saya minta izin
mencetak ulang dgn EYB buku kecil tulisan Buya Fachruddin Hs ttg indeks Al
Quran yg disusun menurut alfabet. Buku kecil 82 hlm tsb diterbitkan dgn ejaan
lama kira-kira th 1968 say nilai sangat bermanfaat bagi kaum mislimin/at awam
krn sangat praktis, bisa dibuat dlm ukuran buku saku. Skr sdh tidak ada lagi di
toko buku. Terlebih dahulu saya ucapkan terima kasih banyak."

2) Pada hari yang sama, jam 18.15 saya mendapatkan sms balasan dari beliau
sebagai berikut. "Alaikum salam wr.wb. Pada dasarnya kami setuju mencetak ulang
buku indeks Al Quran yg disusun menurut alfabet. Buku itu kemudian dikembangkan
Buya menjadi Ensiklopedi Al Quran. Terima kasih atas minat Bapak untuk
menerbitkan kembali buku tersebut."

3) Pada jam 18.25 saya menjawab sms pak Irfan tersebut sebagai berikut" "
Terima kasih banyak, Sanak Irfan. Saya memang mendengar dari Bp Ir Basri Mangun
bhw Buya Fachruddin menyusun Ensiklopedia Al Quran bersama Buya Zainuddin, yang
tentu jauh lebih lengkap. Namun saya merasa indeks yang sederhana ini tetap
diperlukan utk mendekatkan Al Quran kpd kaum awam. Jika diizinkan, saya akan
menambahnya dengan entri-entri baru yg belum tercakup dlm buku Buya itu. Jika
diizinkan Allah swt, edisi cetak ulang ini akan saya wakafkan pd Kongres
Kebudaaan Minangkabau bl Agustus yad. Sekali lagi terima kasih
sebesar-besarnya."

4) Pada jam 18.38 saya terima jawaban beliau sebagi berikut: "Sama2 terima
kash. Barangkali Pak Syaaf perlu juga periksa Ensiklopedia Al Quran ts. mungkin
disitu ada tambahan item yg dpt disesuaikan. Ya, saya setuju bahwa indeks yg
sederhana itu diperlukan utk mendekatkan Al Quran kpd umat. Silakan Pak
menambahkan entri-entri baru yg belum tercakup dlm buku tsb. Saya akan
bicarakan dg ahli waris lain agar dpt ikut mewakafkan hak2 penulis kpd Kongres
Kebudayaan Minangkabau tsb".

5)  Pada jam 18.41 saya menjawab sebagai berikut: " Akan saya cari Ensiklopedia
tersebut, Sanak Irfan. Mudah-mudahan masih tersedia di toko buku."

Izin dari ahli waris Buya Fachruddin Hs tersebut sudah saya sampaikan kepada
Ketua Penyelenggara Kongres serta pimpinan SC Kongres, yaitu Ir Ermansyah Yamin
Dt Tanmaliputi, Dr Mochtar Naim, dan Drs Farhan Muin Dt Bagindo, M.Si, serta
kepada putri saya Anita Subchan, S.E yang mengetik-ulang indeks tersebut
dalam EYB.

Syukur Alhamdulillah pengetikan ulang tersebut telah selesai, dan sedang
dipersiapkan untuk tahap teknis percetakan, termasuk untuk memintakan ISBN-nya
kepada Perpustakaan Nasional RI. Untuk lebih lengkapnya ideks ini, dengan ini
saya mengajak para sanak sekalian untuk ikut menyarankan entri apa yang masih
perlu ditambahkan kepada edisi pertama tersebut.

Saya percaya, bahwa edisi baru Indeks Al Quran menurut Alfabet ini akan
membantu pelaksanaan ABS SBK, bukan saja sebagai tema pokok Kongres Kebudayaan
Minangkabau 2010 ini, tetapi juga sebagai jati diri dan identitas kultural
Minangkabau. Sesuai dengan keinginan ahli waris penulis, hak ciptanya nanti
akan dimiliki oleh Kongres Kebudayaan Minangkabau, baik Kongres yang sekarang
maupun untuk kongres-kongres yang akan datang.

Para sanak yang ingin menyumbangkan tambahan dana untuk penerbitan indeks ini,
silakan menyampaikan maksudnya kepada Sekretariat Gebu Minang,
gebuminangpu...@gmail.com.

Wassalam,
Saafroedin Bahar
(Laki-laki, Tanjung, masuk 73 th, Jakarta)