Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh,

Pak Mochtar Naim Yth,

Makin maju dunia (oleh sebagian ahli disebutkan masa post modernisme, atau
geliat zaman kesejagatan yang global) ini, tanggung jawab kepala rumah
tangga dan keluarga menjadi bertambah berat.

Sesungguhnya secara hakiki, anak turunan, yang kelak akan menjadi generasi
penerus satu bangsa bermula dari titipan Ilahi melalui orang tua (ayah dan
bunda).

Di sini kita melihat eksistensi pesan Allah, yang memerintahkan kita untuk
“PELIHARA DIRI DAN KELUARGA (ANAK TURUNAN) DARI API NERAKA’ sebagaimana
tertera di dalam Alquran Surat at Tahrim itu.

Kemudian, yang disebut pengajaran memeang telah banyak sekolah yang
menanganinya, namun yang bernama pendidikan di rumah tangga adalah basisnya.

PENDIDIKAN BERAWAL PADA KEYAKINAN ATAU AJARAN AGAMA yang di dalam Islam
disebut AQIDAH TAUHID yang dengan memiliki itu, seseorang akan terkontrol
dari perbuatan yang menyalahi.

Kemudian keyakinan tauhid itu selalu di pupuk oleh IBADAH yang teratur,
untuk menjaga agar kedisiplinan diri tetap mapan, sebagai modal dasar
melaksanakan amar makruf nahyun anil munkar, dan modal utama merebut
keberhasilan di segala bidang.

Bila kedua asas ini (Aqidah dan Ibadah) sudah dipunyai dengan kuat mesti
dijaga dengan AKHLAQ Mulia, yang berawal dari pencontohan-pencontohan di
rumah tangga oleh ayah dan bunda, bukan contoh yang hanya diberikan oleh
pembantu atau baby sitter, ketika ayah bunda menganggap semua itu sudah
cukup, karena pangan dan pakaian telah dipenuhi, dan perumahan telah
disiapkan, uang sekolah telah dibayarkan, sesungguhnya dari sini berawalnya
broken home.

Adakah mungkin generasi kuat lahir dari rumah-rumah yang broken home, dan
tidak peduli akan sesama???
Mungkin disini awal bencana.

Wassalam
Buya HMasoedAbidin

Pada 24 Juli 2010 07:35, Mochtar Naim <mochtarn...@yahoo.com> menulis:

> [...]
> Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di
> tempat lain wajib mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet
> http://groups.google.com/group/RantauNet/~<http://groups.google.com/group/RantauNet/%7E>
> 1. E-mail besar dari 200KB;
> 2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
> 3. One Liner.
> - Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
> - Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
> - Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan

Allahumma inna nas-aluka ridhaa-ka wa al-jannah, wa na'uudzu bika min
sakhati-ka wa an-naar
Allahumma ghfir-lana dzunubana, wa li ikhwanina, wa sabaquuna bil-imaan,wa
laa taj'al fii qulubinaa ghillan lil-ladzina aamanuu Rabbana innaka
ghafuurun rahiim.

mengganti subjeknya.