From: Sutan Sinaro <stsin...@yahoo.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Tue, 28 Sep 2010 03:46:29
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: [...@ntau-net] Re: SUMPAH SATIE MARAPALAM-->

Assalamu'alaikum. w.w.

Sato lo sangenek,...
Dulu pernah saya membaca buku dari  Al-Hikmah Nasution (asli Piaman TI 80
ITB antah dima liau kini)  wakatu di banduang, buku Prof. Nasroen, "Falsafah
adat alam Minangkabau".
Manuruik professor ko, Urang Minang dulu baraja ka alam takambang, dan yang
mencolok
didapati adalah di alam semua serba berpasangan, itu sebabnya kalau berhitung
selalu
genap seperti Basa Ampek balai, harimau nan salapan... dst. Kedatangan
agama-agama
lain sebelum Islam tidak mendapat tempat di hati orang Minang, baru setelah
kedatangan
Islam orang Minang dapat menerima dengan utuh, sehingga mengenal perkataan yang
ganjil-ganjil aso (Tuhan Allah), tigo,.limo dan seterusnya.
Jadi menurut Prof. M.Nasroen, agama lain selain Islam tidak diterima orang
Minang
sejak dari mula. Kedatangan Islam menyempurnakan falsafah hidup orang Minang.
...demikian...

Wassalam

St. Sinaro