AsswRwB, Bapak 2, Mamak2, dan sanak2 di balairung,

Wah utk Sanak Muchwardi Muchtar, Tarimokasih atas komentar nya Harian
Singgalang, batanyo lah ambo ciek, dari komentar2 para tetua kito tu,
terutamo kurang atau tidak ado nyo keseimbangan (balance of opinions) yg di
kemukakan oleh parat elite tersebut, mako sementara ko ambo "memberikan
penilaian. "it is unfair". Bhw hak2 Gebu Minang sebg Ormas tidak pernah di
gubris atau di ekspose /di singgung disini. ,salahsatunya :

1. Sesuai UUD 1945 Amendement, psl 28 (??),( kira2 begini) "bhw setiap warga
negara berhak berkumpul dan ber penbdapat dll..., inilah yg di abaikan para
penolak KKM tsb.

2.Para penolak tidak berusaha mengundang Panitia/SC KKM utk ber audiensi
secara comprehensive /penuh, berdebat, diskusi dllnya, meng ekpose visi,
misi, draft (wacana) KKM ini. OC tlh berusaha utk menghibau lembaga terkait
sebelumnya.
Apakah audiensi dgn Bp. Gubernur telah (akan) berlansung yg di minta  Gebu
Minang?.

3.KKM menurut laporan nya terbaca tidak mengunakan Dana APBD,

Pendapat saya sanak MM, dan saya melihat disini, para penolak KKM, merupakan
para pelaku/praktisi mass media, pihak2 yg dekat  dgn media massa, sehingga
mereka mudah akses terhadap media diSumbar, dan mem "blow up" penolakkan
ini, sehingga yg nama nya " the war of information pada zaman information
superhighweay ini akan terus berlanjut"., dan akan di menangkanoleh para
pemegang sumber informasi. Dan ini adala ok ok saja.

Bhw para elite kita tidak berusaha* menciptakan atau meng  "kondisi" kan
kita* ber Minangkabau-an, bermasyarakat, " *lamak dek awak katuju dek
urang,"  yi mendengarkan ke dua belah pihak yg berbeda pendapat.*
Inilah yg menjadikan ke kewatiran saya, "bhw kita yg meng agung2kan
"equaliter society", /nilai2 demokrasi, akan terus menjadi slogan/rhetorika
belaka. Masalahnya sekarang apa yg dapat kita lakukan ?

Wass. Muzirman Tanjung,