From: Ahmad Ridha <ahmad.ri...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Wed, 13 Oct 2010 18:44:47
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [...@ntau-net] KKM, mohon pencerahan

2010/10/13 Dr Saafroedin Bahar <saafroedin.ba...@rantaunet.org>:

> Manuruik pengamatan dan pengalaman ambo indak ka mungkin pihak kontra tu
> setuju. Sanak bacolah komentar bung Wisran Hadi dan bung Darman Munir ttg
> KKM, dan ambiaklah kesimpulan sendiri.

Pak Saaf, terus terang saya agak bingung setelah membaca tulisan berikut:

http://wisran.vndv.com/27.pdf

Beberapa kutipan:

"ABS-SBK yang dibanggabanggakan itu, ternyata hanya menjadi
kalimat-kalimat nyanyian para penghulu saja.

Tidak pernah ada usaha mereka untuk mengoreksi, mengevaluasi dan
mengaktualisasikannya secara nyata dan terencana. Akibatnya adalah,
ABS-SBK ditafsirkan secara serampangan oleh mereka yang datang
kemudian. Ada yang menafsirkan secara aktual sesuai dengan
kebutuhankebutuhan tertentu."

"Jika orang Minang mau berpikir logis, bahwa Islam yang dianutnya
adalah satu-satunya pedoman hidup dunia akhirat, maka konsekuensinya
mereka harus merubah ABS-SBK menjadi jelas dan tuntas; Adat Basandi Al
Quran dan Hadist atau Adat Minangkabau itu adalah Al Quran dan Hadist.

Kata-kata yang kabur makna seperti ABS-SBK, yang dapat membuat orang
menafsirkan salah harus dibuang. Setidak-tidaknya untuk menghindari
penafsiranpenafsiran yang mengacaukan."

Bukankah senada dengan harapan yang dibawa KKM?

--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)