Bapak2, Ibu2, Mamak2, dan dusanak di lapai sekalian,

Mohon informasi literatur tentang SUMPAH. Mungkin ada di antara Dunsanak di
lapau yang punya atau mengentahuinya. Apakah ada kajian antropologi tentang
SUMPAH? Apa yang dibaca orang ketika bersumpah? Misalnya waktu melakukan SUMPAH
POCONG, atau SUMPAH MENJUJUNG AL-QURAN. Instrumen/alat apa saja yang digunakan?
Mungkin ada di antara Dunsanak di lapau ini yang pernah jadi pejabat. Bagaimana
bunyi teks sumpah jadi pejabat?  Lebih dari itu, saya kira dalam setiap etnis
di Indonesia model dan struktur sumpahnya pasti berbeda2 pula. Apakah ada yang
tahu bagaimana sumpah di etnis2 yg lain itu? Mungkin Sanak Andiko atau Sanak
Jepe yg pajalan di desa2 mengetahuinya?

Saya sangat berterima kasih kalau ada info dari Dunsanak di lapau mengenai
berbagai hal seputar SUMPAH ini. Saya berharap akan mendapat kiriman info dari
Dunsanak lewat japri.

Wassalam,
Suryadi