بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alam takambang
Oleh K Suheimi

Saya suka belajar. Bila melihat alam saya ingin menyapanya dan berbincang
dengannya dan memetik hikmah dari setiap yang dipantulkannya.
Saya dengar suara alam, saya ikuti iramanya dan saya petik maknanya

Setiap kali saya berjalan dan setiap tempat yang dikunjungi selalu saya
berusaha menyelaminya lebih dalam dan lebih dalam lagi. Biasanya saya menemukan
dan mendapatkan sesuatu dari yang saya amati dan saksikan

Sangat banyak yang bisa kita petik dari alam sekitar, dan sering saya ber ucap
Masyaallah, Allah berbuat dan membuat sekehandakNya.

Sering saya terpekur menyimak kebesaran ciptaanNya. Di setiap sudut yang saya
amati saya berdecah kagum akan ayat-ayat tanda kebesaranNya.

Saya lepaskan pandangan ke langit dan saya tukikkan pandangan ke Bumi, pandang
jauh balayangkan, pandang dakek batukiakkan, luar biasa sempurnaNya ciptaannya.

Lalu semua ciptaanNya yang dilangit serta semua Ciptaannya yang di Bumi
ditundukkannya pada manussia. Agar manusia mampu belajar dari alam dan
menguasai serta mengendalikan alam itu untuk ke mashlahatan kehidupan manusia.
Sesuai dengan FirmanNya. "Sakharalaku maaffissssamaati wamaa ffil ardhi".
Ditundukan padamu manussia, apa2 yang ada dilangit dan apa2 yang ada di bumi
serta segenap isinya.

Guru saya berkata. Kita di beri dua kitab. Satu kitab kecil yaitu Al qur'an.
Dan satunya lagi kitab besar dengan hurufnya yang besar-besar ialah Alam
takambang.

Kadang-kadang karena hurufnya yang besar itu, banyak juga manussia yang tak
mampu melihatnya.

Maka kita diseru mempelajari Al-qur'an dan mempelajari alam.

Dimalam itu Nabi Muhammad di perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa
dan terus ke sidrat al Muntaha. "Linuriahu min ayatina". Agar kepada Nabi
Muhammad itu diperlihatkan sebahagian tanda-tanda kebesaran Kami.
Firman Allah di surat Al isra'

Makanya kata guru saya. Kita belajar dari Al quran dan kita belajar dari Alam.
Pesan nyinyik mamak kita "alam takambang jadikan guru"

Saya renungi petuah guru dan ninik mamak saya. Sehingga, dimanapun, bilapun dan
apapun yang saya temui saya pelajari dan saya coba menulisnya dan saya
sampaikan pada pembaca.

Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Sucinya dalam Al_Qur'an

Dan barangsiapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk
dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan
sesuatu) dari semesta alam.(29;6)

Katakanlah: 'Apakah kita akan menyeru selain daripada Allah, sesuatu yang tidak
dapat mendatangkan kemanfaatan kepada kita dan tidak (pula) mendatangkan
kemudharatan kepada kita dan (apakah) kita akan kembali ke belakang, sesudah
Allah memberi petunjuk kepada kita, seperti orang yang telah disesatkan oleh
syaitan di pesawangan yang menakutkan; dalam keadaan bingung, dia mempunyai
kawan-kawan yang memanggilnya kepada jalan yang lurus (dengan mengatakan):
'Marilah ikuti kami'. Katakanlah: 'Sesungguhnya petunjuk Allah itulah (yang
sebenarnya) petunjuk; dan kita disuruh agar menyerahkan diri kepada Tuhan
semesta alam, 6;71

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pekanbaru 9 Nov 2010

Tulisan ini bisa dibaca pada
http://hospital-pmc.com/