Waalaikumsalam wr wb Rina yang mulia ...

*Bagaimana urutan antara sombong, uju, moncok, belagu, angkuh, congkak,
NARSIS, Ekshibisonisme dll?*
*Apakah "Aden", "Ambo", "Awak", "Kito" itu sama, atau berbeda "derajad
kesopanannya"?*

Kalau menurut saya begini, Ri

Suatu istilah/ kata adalah bentuk dari kesepakatan dari suatu komunitas
penggunanya.

Nah kalau Rina batanyo nan ma nan "labiah tinggi" antaro sombong dengan uju?
Jawabannya* tergantung kepada kesepakatan diantara komunitas nan
menggunakannya*. Cuma, kalau manuruik ambo, agak sulit membandingkannya
karena kedua kata yang Rina contohkan itu berasal dari komunitas yang
berbeda.  Sombong dianggap sebagai bahasa Indonesia, tapi uju mungkin cuma
di sebagian daerah Sumbar saja.

Umumnya,penggunaan beberapa istilah dapat dipertukarkan (interchangeable),
tergantung komunitas itu dan tergantung "enaknya".

Secara terbatas, komunitas tertentu memang memberikan "tingkatan", misalnya,
kalau dalam bahasa Inggris sehari2, "shall" dianggap sama dengan "will",
atau setara dengan "akan" di bahasa Indonesia.
Tetapi dalam komunitas tertentu, misalanya dalam bahasa Standard atau Hukum,
"shall" itu berarti harus. Makanya salah kalau ucapan McArthur "I shall
return" diterjemahkan sebagai "Saya akan kembali".

Makanya, saya cuma tertawa dalam hati waktu ado dunsanak nan komplain karano
ado yang menyebut dirinya dengan "DEN" karena dianggap kasar. Kalau saya
berpendapat, itu mungkin kasar menurut suatu komunitas, tapi biasa menurut
komunitas lainnya".

Makanya - lagi - dulu instruktur yang mengajarkan saya academic writing
lebih menyarankan penggunaan Thesaurus dibandingkan Dictionary ...

Riri
8?L/Bekasi