Pak Mokhtar Yth.

Tanpa membuka attachment bapak, yang saya percaya pasti itu baik dan berguna,
ijinkan saya ikut sedikit sharing pengalaman serupa. Yakni seputar bank syariah
dengan skala kecil.

Pada tahun 1990 kami dengan beberapa kawan dari perminyakan di Balikpapan,
bermusyawarah untuk membuat sebuah yayasan. Namanya Yayasan Ar Rahman.

Tujuannya adalah untuk mengumpulkan sumbangan donatur diantara kaum muslimin
yang ada di Balikpapan yang peduli untuk kemaslahatan umat. karena waktu itu
kita prihatin dengan nasib pemurtadan dan kristianisasi kawan kita eks tapol
didaerah transmigrasi. karena kemiskinanlah mereka pindah agama. Kita mencari
dana untuk mengirim da'i dengan tujuan mempertebal keimanan sdr kita di daerah
terpencil di seputar Balikpapan.

Oleh karena dengan mengumpulkan infaq, dananya ternyata kecil, kita musyawarah
di rumah walikota Balikpapan, waktu itu bapak Tjutjup Suparna untuk mendirikan
Bank Syariah dengan nama Ibadurrahman. Bank ini berdiri dan didaftar di BI
tahun 1991, dan ini merupakan bank syariah pertama berdiri di Indonesia, walau
skalanya kecil.

Akhrnya bank ini berjalan walau pada tahun-tahun pertama NPLnya tinggi, karena
banyak bakul sayur dan nelayan yang tidak bisa bayar pinjaman yang hanya
sekitar dua juta masing-masing.

Alhamdulillah, sampai saat ini bank ini masih berdiri dengan kantor pusantnya
di Penajam PPU, dan kantor cabang di Balikpapan.
Keuntungan yang dibukukan, tetap di pakai yayasan Arrahman seperti maksud
semula, dan sampai hari ini saya sebagai salah seorang pemegang saham, tidak
perrnah minta share, karena semua kami pemegang saham sadar betul bahwa bank
ini didirikan untuk umat, bukan untuk gain profit.

Dan yayasan AR Rahman juga sudah punya dua mobil jenazah yang terkelola dengan
baik.
Saya masih ingat pembelian pertama mobil ini adalah dengan mengumpulkan uang
dengan kopiah saya yang saya edarkan pada pengajian BDI Total Indonesie di
Balikpapan, dan kemudian diikuti tambahan modalnya dari kawan-kawan Unocal, dan
Vico.

Mengenai bank syariah ini, ada banyak bank sejenis berdiri setelah itu, namun
satu persatu kembali hilang, karena mereka mendirikan bank dengan tujuannya
Profit.

Ini sharing pengalaman saja kalau-kalau berguna buat yang sedang pak Mokhtar
diskusikan, menyambut tawaran Direktur BI Sumbar tersebut.

Wassalam,
Dasriel
di Balikpapan