Rumus seperti ini biasanya dibatasi dengan "kondisi" yang harus diciptakan.

Kondisi yang harus diciptakan dalam agama Islam dikenal dengan Qada dan Kadar.

Y = parameter tetap dan tidak bebas, disebut juga Indpendent Variable.

Bila Y sama dengan pendapatan yang dianggap tetap, maka ia tidak bisa lagi di
utak atik.

Yang bisa di utak atik adalah Variable Bebas, atau Independent variable, yakni,
Kebutuhan/Konsumsi/Belanja.

Juga variable bebas lainnya, Saving/Tabungan/Kacio/Celengan/Simpanan, adalah
dapat diatur dengan semestinya.

Jadi bila dalam persamaan bisa ditulis,

If, Y = C + S,
 Perlu di tetapkan sebuah constanta untuk mengatur dan bermain di C, misalnya.

Untuk semua kondisi, S = 25% x Y (minimum)

Untuk itu peru diatur semua persamaan yang memenuhi S = 75% x Y (maximum), maka
X1 = makan minum, X2 = hiburan, X3=iuran wajib RT/RW, X3 = biaya sekolah anak,
X4= operating cost bapak dan ibu, X5= kirim ke orang tua, X6 = partisipasi
sosial dan lingkungan lainnya, maka
Sigma, X1+X2+X3+X4+X5+X6+...................Xn = 75% x Y (maximum),

Nah, biasanya sigma inilah yang selalu membuat kepala pusing, tidak bisa tidur,
pertengkaran RT, dlsb.

Kunci kebrhasilan adalah menekan harga Sigma ...Xn

Selamat berdiskusi......