From: Armen Zulkarnain <emeneschoo...@yahoo.co.id>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Sun, 27 Mar 2011 08:24:48
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Cc: Et Hadi Saputra<ethadisapu...@serba.info>; Saafroedin
Bahar<saafroedin.ba...@rantaunet.org>; Nur'Aini B.Prapdanu<nur4y...@gmail.com>
Subject: Bls: [R@ntau-Net] Susunan Pengurus Masyarakat Peduli Pariwisata
 SumbarMAPPAS 2011-2014

Assallammualaikum wr wb

pak ET Hadi Katik Sati sarato angku, mamak, bundo jo adi dunsanak sapalanta RN
nan ambo muliakan,

ambo batarimo kasih atas perhatian nan dibarikan ka bakeh ambo satantang
susunan
pengurus Mappas 2011-2014 nan ko dimano disabuikan diminta manjadi perwakilan
di
Sumbar basamo dunsanak Luhur Budi Anda.

Namun ambo kiro hal iko bisa marugikan bagi Mappas ka muko, sabab iko
dipengaruhi keterlibatan ambo sapanjang tahun 2010 nan lalu di KKM 2010. Nan
mano, secara pribadi ambo sangat kritis terhadap keterlibatan LKAAM Sumbar
dalam
fenomena nan tajadi di Sumbar sendiri, dimana ada semacam pembiaran terhadap
mati surinya KAN di nagari-nagari walau lembaga ini sudah berdiri selama 44
tahun lebih.

Mengapa hal ini bisa mempengaruhi dari Mappas sendiri? Sebab asumsi saya
pribadi, pariwisata di ranah minang tidak akan berjalan sebagaimana mestinya
apabila tidak melibatkan pemerintahan nagari bersama-sama masyarakatnya. Frase
"masyarakat nagari" ini termasuk didalamnya adalah KAN/Bamus/Pemuda yang
merupakan bagian dari masyarakat nagari itu sendiri bersama-sama perantau.

Saya melihat, Mappas kedepan akan sering berhubungan dengan pemda, dimana dalam
jajaran LKAAM di provinsi maupun di kabupaten/kota umumnya adalah orang-orang
yang masuk atau dekat dengan jajaran pemda itu sendiri.

Oleh karena itu, saya kira alangkah baiknya apabila saya tidak dimasukan dalam
susunan pengurus Mappas 2011-2014 ini, sebab akan lebih banyak merugikan bagi
Mappas untuk melakukan sinergi dengan dinas terkait. Saya kira, masih banyak
dari kita di Sumbar yang belum siap menerima kritikan dengan lapang dada &
memahami bagaimana berbeda pendapat.

Sebagai contoh kasus, pada tahun 1998 saya diterima di Fak. Pertanian Unri.
Kebetulan saat itu dekan Faperta Unri  adalah senior urang tua laki laki saya.
Beliau & ayah saya di masa lalu sama-sama menempuh pendidikan di Fak. Pertanian
Unand, bedanya ayah saya angkatan 73 & pak dekan angkatan 73. Oleh karena itu
ayah saya berpesan supaya menemui beliau untuk bersilaturahmi.

Pada semester ke 3, bersama-sama kawan-kawan satu almamater kami melakukan demo
menuntut pengunduran diri dekan fakultas kami sendiri. Tentu saja hal ini
berkaitan tentang kebijakan beliau sebagai dekan. Ketika tahun 2000, saya
diminta oleh ibu untuk mengurus transfer ke Unand, sebab ibu saya beranggapan
di
Unand kualitas pendidikannya lebih bagus daripada di Unri. Sebelum saya pindah
ke Padang, saya menyempatkan diri menemui pak mantan dekan untuk pamit
sebagaimana ketika saya pertama kali menemui beliau ketika awal kuliah 2 tahun
yang lalu. Ketika itu beliau sudah mundur sebagai dekan selama 6 bulan. Saya
kira, di Sumbar hal ini belum terbiasa bagi kita untuk memilah-milah
permasalahan, sehingga keterlibatan saya di Mappas nantinya akan lebih banyak
mudharatnya.

Sebagai gantinya, apabila dibutuhkan tenaga relawan untuk diminta ke
nagari-nagari membantu koordinasi atau melakukan pendampingan untuk
pemerintahan
nagari & masyarakat nagari, insya Allah saya bersedia membantu sekuat tenaga
sebagai sukarelawan.

hormat saya

AZ / lk / 33 th
Padang

mungkin tulisan iko bisa manjalehkan pulo
http://armenzulkarnain.wordpress.com/2010/11/18/jong-sumatranen-bond-kongres-kebudayaan-minangkabau-2010/