Assalamualaikum wr wb

pak Eri Baheram sarato angku, mamak, bundo jo adi dunsanak sapalanta RN nan
ambo
muliakan,

Tantunyo sebagai urang nan paratamo melewakan mukasuik usaho penggemukan sapi
simmental nan ko ambo harus pulo menanggapi apo nan ditanyoakan oleh apak
satantang penjajakan usaho nan ko.

Sebaiknya dilakukan pengumpulan pihak-pihak perantau yang ingin sato dalam
usaho
nan ko, dihitung berdasarkan dari jumlah anakan sapi simmental yang ingin
disertakan, bisa 1 ekor, 2 ekor, 3 ekor atau lebih. Dari jumlah keseluruhan
anakan sapi simmental ini bisa kita perhitungkan besar kandang bersama yang
akan
dibangun sehingga pengeluaran bisa dihitung secara ekonomis untuk pembuatan
kandang bersama.

gambar 1. Model kandang sapi simmental sederhana
keterangan : lantai di semen dengan kemiringan 150 memudahkan pembersihan
kotoran yang selanjutnya dikumpulkan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk
organik. (material : seng, paku, semen, kerikil, pasir, bambu & kayu.

Setelah kita mengetahui jumlah perantau yang berminat sato dalam usaha
penggemukan sapi ini, YPRN kemudian menghubungi pemerintahan nagari Alahan
Panjang sekalian meninjau lokasi kandang & lokasi lahan untuk penanaman rumput
gajah sebagai pakan pokok ternak sapi yang dibudidayakan.

gambar 2. Budidaya rumput gajah sebagai pakan ternak

Sudah sejak lama ada kekhawatiran apabila melakukan kegiatan usaha di
nagari-nagari di Sumatera Barat akan banyak menghadapi polemik berkaitan dengan
tanah ulayat, seperti sengketa tanah, saling klaim & tindakan kekerasan dari
pemuda nagari yang merugikan pengusaha. Saya kira hal ini sebenarnya ini bisa
dilakukan apabila melibatkan seluruh elemen masyarakat nagari sehingga konflik
tersebut bisa dihindari sejak awal.

Ada baiknya YPRN masuk melalui pemerintahan nagari sehingga peemrintahan nagari
bisa mampasamoan kegiatan ini dengan seluruh masyarakat di nagari baik niniak
mamak, pemuda nagari dan kelompok tani.

Berikut bagan yang saya ajukan untuk pemahaman permasalahan ini, sehingga ada
perjanjian tertulis yang bisa dipertangggungjawabkan dimasa yang akan datang.

gambar 3. Bagan struktur organisasi usaha penggemukan sapi.

Mengenai pembagian hasil :

1. Pemilik Sapi & Kandang = 50%
2. Pengelola (masyarakat nagari = 40%
3. YPRN = 10 %
4. Pemerintahan Nagari bersama Pengelola memperoleh hasil dari kotoran sapi

Kewajiban dari Pemilik :
1. Menyediakan anakan sapi simmental
2. Mendirikan kandang bersama
3. Modal awal budidaya rumput gajah
4. Menyediakan bahan material bangunan kandang bersama apabila diperlukan
perbaikan
5. Menyediakan bahan vaksinasi ternak & bahan inseminasi (untuk sapi betina
dewasa) yang dilakukan berkala oleh dr hewan yang ada di nagari

Kewajiban YPRN :
1. Mediasi & penanggungjawab kegiatan usaha penggemukan sapi simmental
bersama-sama pemerintahan nagari.

Kewajiban Pemerintahan Nagari :
1. Fasilisator kegiatan usaha penggemukan sapi
2. Mengontrol setiap saat usaha penggemukan sapi
3. penanggungjawab kegiatan usaha penggemukan sapi simmental bersama-sama YPRN.

Kewajiban Pengelola :
1. Mengurus seluruh kegiatan usaha penggemukan sapi simmental
2. Membudidayakan tanaman pakan ternak
3. Melakukan perawatan kandang bersama & memperbaiki kandang bersama apabila
terjadi kerusakan.

Demikian yang bisa ambo jelaskan, apabila kegiatan usaha penggemukan sapi ini
bisa berjalan dengan baik, akan ada beberapa kandang bersama yang akan menyusul
untuk segera dilakukan pengembangan.

wasalam

AZ/lk/33th
Padang

Ambo kiro pak Taufiq Rasjid tahu banyak mengenai usaha penggemukan sapi nan ko,
insya Allah baliau tantunyo bisa memberikan masukan labiah lanjuik