Selamat utk Forahmi yg sdh langsung bertindak menyelesaikan masalah.

Hampir setiap tahun kita temukan masalah seperti ini. Relatif setiap tahun pula
kita seperti terkejut/prihatin/menggalang kepedulian....dst. Seakan2 memang
kita tdk mampu membuat sebuah terobosan bersama utk kemaslahatan ini.

Dari satu sisi memang ini adalah lahan amal. Dari sisi lain kadangkala cara
penyelesaian kita cendrung ad hack, larut dlm suasana emosional. Mungkin juga
cara2 tersebut kurang mendidik. Pemberitaan di koran juga bisa membentuk opini
berbagai macam.

Ketika seseorang diberitakan di media dapat undangan masuk kuliah (dulu namanya
PMDK), lalu segera datang dewa penyelamat....bisa saja ini menjadi trend bagi
calon mahasiswa kurang mampu tadi sebagai strategi...dia yakin dg diberitakan
akan ada penyelematan, maka dia tak berhitung sebagaimana yg Pak Perry Burhan
sampaikan. "Kalau memang rasanya kurang mampu dalam ekonomi kenapa tidak di
Universitas yg lebih dekat saja mendaftarnya ? Atau kenapa tidak di kampus yg
diperkirakan ada keluarganya di Kota tsb, sehingga memungkinkan dia bisa
sekolah sambil bekerja ?" Jangan sampai ada cita2 kuliah yg ditanamkan dg
berharap 100% biayanya dari sumbangan orang lain.

Dari sisi lain, ketika tdk ada dewa penyelamat, maka akan terbentuk pula opini
bahwa tak ada orang Minang yg peduli. Tak ada organisasi Minang yg merasa
bertanggung jawab, bahkan sampai Pemda pun nanti disalahkan. Padahal yg tdk
Terberitakan di koran sdh banyak yg diselesaikan.

Saya termasuk kelompok sekolah sambil bekerja full 100 % biaya sekolah saya
dapatkan sambil bekerja, bahkan dari SMP. Semangatlah yg bisa memacu adrenalin
kita utk berhasil. Saya prihatin kalau menjadi budaya meminta belas kasihan
100% pada orang lain utk meraih cita2, apalagi laki2.

Sampai saat ini kami punya cara sendiri, membantu sambil memotivasi, dan
alhamdulillah terus berjalan. Semoga dalam ridho Allah SWT.

Dan saya yakin pula banyak yg berbuat dg caranya masing2.

Khusus Yayasan Rantaunet yg di gagas Ajo Duta dan Bpk/Ibu lainnya...saya punya
harapan besar akan kiprahnya utk jangka panjang, tak terlihat kepentingan lain
di dalamnya. Hanya semangat membantu dan pendampingan yg ada didalamnya.

Bahkan harapan saya kepada Yayasan Rantaunet jauh melebihi dari harapan saya
pada Gebu Minang Pusat (apalagi periode sekarang) yg sarat dg kepentingan
pribadi, kelompok, dan politik.

Moga2 Yayasan Rantau Net menjadi pemersatu kita semua.

Wassalam
Firdaus HB (43)