Singgalang Rabu, 08 Juni 2011

WILDAN 4 TAHUN LALU DIBANTU PEMBACA SINGGALANG

Saya Mau Wisuda, Pak

PADANG—Pembaca Harian Singgalang yang budiman, mungkin telah lupa Wildan Baina
Iedai El Islami, yang pernah kami beritakan pada 2007 lalu. Ia merupakan anak
petani Padang Panjang, yang terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikannya ke
perguruan tinggi.
Kemarin Wildan, kembali mendatangi redaksi dengan terengah-engah. Peluhnya
mengalir dengan deras. Kedatangannya kali ini bukanlah untuk mengeluhkan biaya,
namun untuk memberitahu, kalau ia baru saja selesai magang di PT Pertamina
(Persero) RU II Dumai beberapa waktu lalu.
“Saya Wildan yang pernah diberitakan Singgalang dulu dan dibantu pembaca
Singgalang,” katanya dengan bangga, kepada Sekretaris Redaksi, Putri Juita,
Selasa (7/6).
Puput, sapaan akrab Sekred kami, termenung sejenak, karena lupa dengan wajah
anak kedua pasangan Ali Munir Kasra, 60, dan Syarniwita, 55 (alm). Maklum
setiap tahun ajaran baru, redaksi Singgalang selalu didatangi anak-anak
berprestasi dari keluarga tidak mampu. Wildan salah satunya. Ketika itu ia pun
datang seorang diri untuk mengadu. Karena dari informasi yang ia dapat, Harian
Singgalang selalu saja memberikan anak-anak hebat tapi tidak punya biaya untuk
melanjutkan pendidikannya ke bangku yang lebih tinggi. Lalu mengalirlah bantuan
untuk anak-anak hebat itu.
Hasilnya, biaya masuk Fakultas Teknik Unand tempat ia lulus, dibayarkan Nurul
Fikri, yang kebetulan tempat ia Bimbel sebelum mengikuti SMPTN. Besarnya
keinginan Wildan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi, dimulai sejak ia duduk
di bangku SLTA. Sejak saat itulah ia mulai menabung. Dengan tabungan selama
tiga tahun, ia berangkat ke Padang dan masuk bimbel untuk mempersiapkan diri
agar lulus SMPTN. Di Padang ia hidup sebagai garin masjid. Lalu mimpinya untuk
kuliah terwujud.
“Insya Allah saya bisa wisuda September ini, sekarang saya baru selesai
menyiapkan laporan Pak. Rencananya saya mau seminar 14 Juni ini, doakan saya
pak agar bisa lulus,” ujar Wildan kepada Pemimpin Redaksi Khairul Jasmi, sambil
memperlihatkan transkip nilainya dengan IPK 3,198, serta memberikan laporannya
kepada Redpel, Sawir Pribadi.
“Ini sebagai ucapan terima kasih saya pada Singgalang dan pembaca Singgalang
yang membantu saya,” terangnya.
Wildan bercerita, selama menimba ilmu di Fakultas Teknik Jurusan Tekni Mesin,
Unand. Ia pun mendapatkan nilai yang bagus. Itu dibuktinya dengan beasiswa yang
ia peroleh setiap tahunnya. Dengan beasiswa itulah ia melanjutkan
pendidikannya. Wildan tidak hanya berharap pada beasiswa yang diberikan
kampusnya, tapi ia juga mencari kerja sampingan seperti menjaga kafe dan
mengunting rambut di salon khusus laki-laki.
Setelah tamat nanti, Wilda berkeinginan untuk bekerja di PT. Pertamina
(Persero) RU II Dumai, tempat ia praktik. Namun ia harus bersabar karena
menurut informasi yang ia dapat Pertamina akan membuka lowongan pada 2012
mendatang. (107

Sent from my BlackBerry®