Selasa, 26 Juli 2011 18:02 WIB | Dibaca 228 kali

Padang (ANTARA News) - Komisi VI DPR RI mempertanyakan pengangkatan salah
seorang Komisaris PT Semen Padang, Syarlinawati Akbar. Syarlinawati Akbar
adalah kakak Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

Hal itu dipertanyakan oleh anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai
Persatuan Pembangunan (PPP) Iskandar saat audensi dengan pihak PT Semen Padang
yang dihadiri olehh Dirut PT Semen Padang Munadi Arifin dan Komisaris Utama
Letjen TNI (purn) Muzani Syukur di Kantor PT Semen Padang, Padang, Selasa.

"Saya ingin minta klarifikasi soal nama salah satu Komisaris PT Semen Padang,
Syarlinawati Akbar yang ada hubungan dengan salah seorang menteri KIB Patrialis
Akbar. Tolong diperkenalkan latar belakangnya dan bagaimana sistem rekrutmen
komisaris," tanya Iskandar.

Menurut Iskandar, pengangkatan Syarlinawati Akbar merupakan ada indikasi
Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

"Kita ingin tahu bagaimana pola rekrutmen di jajaran direksi dan juga komisaris
PT Semen Padang itu. Karena ini terkesan KKN," kata Iskandar.

Hal yang sama juga dikatakan oleh anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Hanura
Erik Satrya Wardhana.

"Kita sangat menyayangkan bila memang benar salah satu komisaris PT Semen
Padang adalah kakak kandung Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar," kata Erik.

Komisaris Utama PT Semen Padang Letjen TNI (purn) Muzani Syukur mengatakan,
rekrutmen anggota Komisaris PT Semen Padang tergantung pada pemegang saham.

"Tidak ada campur tangan dari pihak internal untuk memilih komisaris. Pemilihan
komisaris tergantung pada pemegang saham. Lebih baik ditanyakan kepada Menteri
BUMN lah. Saya sendiri tahu setelah duduk sebagai komisaris," kata Muzani.

Syarlinawati Akbar adalah kakak kandung dari Patrialis Akbar yang lahir tahun
1952. Syarlinawati adalah Ketua Umum Forum Silaturahmi Kotamadya Padang.

"Benar, saya saudara kandung Menkum HAM Patrialis Akbar. Dan saya duduk sebagai
komisaris adalah perwakilan masyarakat setempat," kata Syarlinawati.
(zul)

http://m.antaranews.com/berita/268923/posisi-kakak-kandung-patrialis-akbar-di-semen-padang-dipertanyakan?

Wassalam
Nofend | 34+ | Cikasel