Assalamu'alaikumWW,

Sanak Armen Zulkarnain dan sanak sapalanta yang ambo hormati,

Terkait permintaan masukan dari bpk Mochtar Naim, saya sangat
sependapat dengan sanak Armen.
Apalagi jika dikaitkan dengan laporan pandangan mata sanak mm*** yang
mengatakan bahwa "budi/moral  adalah roh dari adat Minang" seperti
dapat dibaca diatas.

Komentar2 terhadap permintaan bpk MN tersebut menurut saya sudah
tergolong tidak  proporsional.
Sebelum ini juga pernah ada postingan2 yang secara enteng juga mencela
bpk Azwar Anas, Gamawan Fauzi, dan Saafrudin Bahar yang menurut saya
sudah diluar tatakrama yang baik dalam menghargai orangtua yang dalam
sejarah hidupnya sudah menunjukkan rekam jejak yang lebih baik (dalam
bidangnya masing2) daripada para pengecam tersebut (dalam bidang
kiprahnya masing2 pula).

Bagi saya, seorang Minang rantau yang dibesarkan dalam budaya "mikul
ndhuwur, mendem jero" terhadap orang tua, saya memang ingin melihat
dalam keseharian orang Minang memang menunjukkan adat yang dijiwai
oleh "budi/moral" sebagaimana yang dipidatokan dalam pertemuan yang
dilaporkan sanak mm*** tersebut...

Maaf & wasalam

Epy Buchari, L-68
Ciputat Timur