Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ibu Evy nan kami hormati, beserta para dunsanak yang mulia!

Jujur ~ terus terang, bagaimanapun kami merasa tersanjung dengan sapaan ibu.
Karenanya menjadi kewajiban pula bagi kami untuk menjawabnya dengan salam dan
senyum, sebagaimana telah di tausiahkan oleh baginda nabi Muhammad SAW.

Tentang hal yang membuat ibu berkerut dan terkejut, dalam hal video porno dan
hubungannya dengan keinginan pemberlakuan (?) hukum pidana Islam, menurut hemat
kami hal yang demikian masih hanya merupakan wacana diskusis intelektual. Kami
setuju dengan ibu, milist ini sebagai ajang silaturrahmi ~ namun tentu bukan
hanya silaturrahmi dalam pengertian hanya sebagai bertegur sapa, tapi lebih
dari itu tentu akan lebih bermakna kalau juga sekalian kita saling bertukar
fikiran dan ataupun berdiskusi dalam berbagai topik/tema dengan berbagai aspek
dan segi, tanpa harus merasa paling benar seperti yang ibu kemukakan itu.

Dalam pemahaman kami, bila berbicara tentang suku bangsa Minangkabau atau
tentang urang awak, filosofi mereka adalah "adat basandi syarak ~ syarak
basandi kitabullah" atau dengan perkataan lain adat dan syarak tersebut seperti
dua sisi yang bersebelahan dari satu mata uang yang sama dengan segala cabang
dan rantingnya, yang kesemuanya akan sangat baik kalau kita mencoba
mendalaminya dengan maksimal. Salah satu caranya ya dengan diskursis inteletual
itu

Dan masih seperti dalam pemahaman kami urang awak itu adalah manusia (insan)
multi dimensional ~ dan karakter atau ciri multi dimensional inilah menurut
hemat kami yang membuat orang-orang yang terdahulu dari kita, seperti H. Agus
Salim, Drs. Mohammad Hatta, Tan Malaka, Mr. Moh. Yamin, Natsir, Hamka dan
lain-lain menjadi generasi emas kaum Minangkabau yang nama-nama mereka tercatat
dalam sejarah perjalanan bangsa.

Selanjutnya seperti sebagaimana ibu tulis; "DiNegara sekuler Indonesia?",
seingat kami istilah negara sekuler ini tahun 70-an pernah dilontarkan oleh Mh.
Isnaeni tokoh PNI (pada waktu itu PNI, Partai Murba, Parkindo dan Partai
Katolik berfusi ke dalam PDI) dan menjadi polemik dalam koran-koran ibu kota.
Ketika itu Mh. Isnaeni menggunakan istilah secular state. Pak Harto ikut angkat
bicara dan mengatakan bahwa Indonesia bukanlah negara sekular. Mungkin karena
kewibawaan beliau yang cukup tinggi sampai sekarang kami tidak pernah lagi
mendengar istilah negara sekular atau secular state itu.

Dengan semangat silaturrahmi kami ucapkan terima kasih dan mohon maaf kalau ada
segala sesuatu yang kurang terletak pada tempatnya.

Wassalam,
Ambiar Lani,
59/L/Jkt-Bekasi.