Asss. Sanak Anwar

mengenai Surat al Hujuuraat : 12 , itu adalah Firman Allah SWT, menurut saya
artinya semua perintah Allah tidak bisa lagi ditawar-tawar. Sudah jelas
seperti dibawah ini:

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka,  (kecurigaan),
karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah
 mencari-cari keburukan orang dan janganlah sebagian kalian menggunjingkan
(ghibah) sebagian yang lain. Adakah seorang di antara  kamu yang suka memakan
daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah  kamu merasa jijik kepadanya.
dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya  Allah Maha Penerima taubat lagi
Maha Penyayang." (QS. Al-Hujuuraat: 12).

Menurut saya ( mungkin saya salah karena saya bukan Tamatan Pasantren atau
Sekolah Agama atau dari IAIN) dalam surat ini jelas ditekankan kepada
Orang-orang yang Beriman (Tentu tidak masuk Orang yang tidak beriman),, disuruh
kita untuk tidak berprasangka buruk, tidak bergunjing atau tidak mencari-cari
kesalahan orang lain, iko ibaraiknyo samo, "Suko Mancukia Kada/Tukak Urang
lain" atau  "Tumo disabarang lautan tampak, Gajah di incek mato surang indak
tampak" atau Orang yang usil yang suka mencari keburukan orang lain, padahal
dia juga penuh dengan kekurangan...Biasanya orang yang punya sifat seperti ini
adalah orang yang merasa dirinya Paling Benar dan orang lain salah semua, tapi
dia tidak sadar...Nah inilah  yang saya sebut sebagai AHLI WARIS IBLIS, karena
Iblislah yang pertama sekali mengatakan DIA LEBIH BAIK DARI ADAM, padahal yang
maha BENAR itu hanyalah Allah SWT.
Tentunya ini berpulang kepada diri kita masing-masing, untuk mengamalkannya,
memang berat karena Manusia secara tidak sadar selalu melakukan hal-hal yang
dilarang Allah, SWT, disebabkan karena IBLIS yang yang selalu membujuk dengan
Tipu Dayanya. karena ilmunya Luar Biasa,,,Manusia sekolahnya hanya di Bumi,
paliang jauah Eropah, Amerika atau kenegeri China sekalipun, sementara Iblis
sekolahnya di langit, mantan Malaikat.. Nabi Adam saja di goda di Syorga bukan
di Pasar Malam... Oleh sebab itulah para Waliullah  (termasuk para Datuk-Datuk
dari Minang sebagai penyiar islam yang dikenal karena kekeramatannya, para
Syeik, ahli Dzikir) senantiasa/ selalu membersihkan hatinya / Latifatul
Qalbinya melalui peramalan Dzikrullah yang maha Akbar dan maha dahsyat, ibarat
kita punya labtop selalu men "SCANNING" komputer supaya tidak terkontaminasi
oleh  Virus. Tentunya timbul pertanyaan, Dzikir yang bagaimana...Untuk belajar
sesuatu tentu bertanya pada
 ahlinya...belajar Matematika jangan tanya kepada kusir bendi...Harus belajar
pada ahli Dzikir yang diakui oleh Gurunya,,,Gurunya juga diakui oleh
gurunya...Guru ini diakui oleh Gurunya..hingga sambung menyambung kepada
Rasulullah SAW. Kalau Dzikir yang berisikan kalimatullah yang berasal dari
Allah SWT ini disalurkan dengan baik dan Metoda yg benar  tentunya tenaganya
tidak berhingga (~ ) dan segala bentuk pengaruh luar, syetan, iblis, gempa
bumi, letusan Gunung Berapi ataupun Nuklir tidak akan mampu mengalahkan yang
energi yang Tidak terhingga ini.

Yang menarik dek ambo, kenapa kita umat Islam ini kalah dimana-mana,, Libya,
Iraq, Mesir hancur,,,Melayu dan Indonesia juga dijajah  oleh China, apanya yang
salah.. Islam itu agama Allah, agama akhir zaman, agama yang sangat sempurna,,
tentunya Allah akan malu melihat hambanya yang mengaku Islam kalah
dimana-mana.. Padahal Allah mengatakan : "BARANG SIAPA YANG MEMUSUHI
HAMBA_HAMBAKU YANG SHOLEH maka AKULAH LAWANNYA....Ini berlaku ketika Rasulullah
berperang mwlawan kaum kafir, dengan beberapa orang saja tapi mampu menang
gilang gemilang mengalahkan lawannya yang banyak jumlahnya..sehingga dikatakan
oleh Allah bahwa : BUKAN ENGKAU YANG MELEMPAR atau MEMANAH MUHAMMAD tapi AKU...

Mak Ngah,
Mengenai Bunga Bangkai, memang ada 2 takson tumbuhan berbunga yang biasa
disebut sehari-hari sebagai bunga bangkai seperti yang Mak Ngah postingkan
yaitu kelompok Rafflesia spp (Rafflesiaceae) , ini adalah tumbuhan parasit
sejati terbesar di dunia, karena hidup menumpang pada tanaman inang (Host)
Tetrastigma sp sejenis climber, dan semua zat makanannya diperoleh dari
hostnya..Distribusi Rafflesiaceae ini di dunia hanya terbatas di Indonesia
bagian Barat saja termasuk malaysia, Philippines dan mungkin Thailand. Di
Sumatra banyak spt Rafflesia arlnoldi di bengkulu,, di Cagar alam dakek
Kumpulan, bonjol, kaki Gunung sago....tapi hingga saat ini tidak ditemukan di
Sulawesi , maluku dan Papua.
Sedangkan Amorphophalus spp (famili Araceae) sekelompok dengan
Talas-talasan...dinamakan Amorphophallus , dari bahasa Greek (Yunani) dari kata
: A = tidak, Morhpo (Bentuk) Phallus (Penis/ organ laki-laki ) sehingga artinya
Buahnya mirip dengan Penis yang tidak sempurna..baitu kiro-kiro.
Amorpophallus memiliki banyak species. dan beberapa diantaranya umbinya
dimanfaatkan sebagai makanan dan yang terbesar salah satunya Amorphophallus
titanum.

Rafflesia dan Amorphophalus sama -sama mengeluarkan bau busuk ketika berbunga,
sehingga disebut bunga bangkai,  tujuannya mungkin sebagai "atracktan" untuk
menarik polinator dalam membantu penyerbukan..

Mohon maaf,,mungkin ambo salah..yang benar adalah Allah, SWT.. Ambiak sajo nan
Rancak,,, nan Buruak dibuang sajo.

Wassalam,
Prof. Dr. Ramadhanil Pitopang
Asal; Talang Tangah,  Lereng Gunung Merapi, lahir di Luhak nan bungsu,
Payokumbuah
Rantau: Palu- Sulawesi Tengah
sadang batamu di School of Botany, The University Melbourne, Victoria
Melbourne- Australia