From: andi jepe <andi.j...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Mon, 2 Jan 2012 18:46:37
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] Field Trip ke Object Wisata dan Wiskul ke Ranah Minang

@Om Duta, ya mudah2an itu masuak agenda, dari manijau ka Padang via
pariaman tantu disela2 perjalanan tu kami istirahat sejenak menikmati
pesisir pantai piaman dan sekitarnya dikala malam , kulner urang
pasisia ranah minag tentu khas pulo dibandiangkan kuliner urang
darek,ini memberikan keragaman, variasi bagi kekayaan pusaka kuliner
ranah minang, yang jelas dua genre kuliner darat dan pesisir ini
hebat-hebat bukan untuk dibandingkan tapi hebat dari segi rasa serta
gaya. lagak dan ragamnya saya melihat ninik2 kita dulu begitu arif,
bijaksana, pintar dalam seni kulinerpun memakai philosophy alam
takambang jadi guru artinya orang pesisir begitu hebat memanfaatkan
kekayaan alam lautnya menjadi masakan dengan bumbu yang berada
dipesisir, begitu juga urang darek dengan segala yang tersedia
dialamnya serta lebih sedikit kaya dengan bumbu, rempah2 dll tapi
lebih hebatnya kedua genre ini bisa menjadi satu dengan ciptaan
variasi lainnya (paduan masakan darek dan pesisir) untuk jenis2
masakan di gunung dan akhirnya betul juga kata pepatah dan berlaku
juga di seni kuliner ranbah minang

"Asam di Gunung (Darek), garam di laut (pesisir) bertemu dalam
belanga" ini kalau diterjemahkan dan diperlebar lagi maknanya sangat
dalam, bagi saya inilah Philosophy paling tinggi dalam seni kuliner
pusaka ranah minang 'ASAM DI GUNUNG, GARAM DILAUT, DIDALAM BELANGA
BERSUA"

@Prof (Mamanda) Hilman, Insya Allah nanti dilaporkan perjalanan ini,
ini bentuk promosi saya juga ke suku-suku lain di Nusantara nantinya
terutama di bumi Borneo ini

Wass_Jepe