From: zubir.a...@gmail.com
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Fri, 20 Jan 2012 00:19:36
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] ESAI MOCHTAR NAIM: MEMBANGUN SUMBAR DG MEMBANGUN
NAGARI

Dd Duta Mardin Umar n sanak palanta nn dihormati.
   Secaro mikro,JB sudah memulai membangun negeri,tentu negeri Padusunan IV
Angkek,di Piaman.Kini negeri tu lah terpecah menjadi beberapa desa.Masing2 Desa
tu kini telah berdiri sendiri dalam masing2 kecamatan Kodya Pariaman.
   Imbas dari terpecahnya negeri ini terhadap hubungan antar masyarakat
desa,sudah menjadi hambar alias tidak sekuat ketika negeri belum dipecah.
   Disisi lain kehidupan individualis n cuek semakin menonjol katimbang
kehidupan asli masyarakat negeri dulu yang senang berGoRo n hidup secara
komunal.
   Dalam kaitan ini sinyalemen dd Duta Mardin tentang sulitnya mendapatkan SDM
nn amanah di desa,ada benarnya.
Uang adalah Raja di desa kini,kehidupan badoncek semakin menipis,setiap aksi or
kerja, baik nn sifatnya kekeluargaan or kemasyarakatan,ukurannya or imbalannya
kepeang.
   Akibatnya tidak heran kalau ada bantuan dari perantau or pemda,sekian persen
harus disisihkan dulu untuk kepentingan panitia or perorangan,sisanya baru
untuk digunakan untuk tujuan yang telah ditentukan;itupun dikerjakan
asal-asalan.
   Saksikanlah,jalan2 n pembangunan pisik lain,baru selesai dikerjakan,tidak
berapa lama sudah rusak.Itu karena dikerjakan oleh tukang2(SDM) urang
kito(awak).
   Jadi, trend masyarakat awak kini lebih mempercayai tukang2,buruh2 dari
Jawa,bukan isapan jempol or meng-ada2,minimal JB sendiri sudah mengalaminya.
   Iko senek komentar JB atas thread Ajo Duta sekaligus juga atas asai pak MN
   JB,DtRJ,72thn,sk Mandahiliang,Kamp.Gadang Padusunan,Piaman,kini di
Bonjer,Jakbar.