Wa’alaikumsalam Pak Chairul Djamal
sarato adi dunsanak kasadonyo,

Betul sekali Pak Chairul Djamal
bahwa Proyek Trans Sumatra Railway sudah dicanangkan oleh Kemenhub beberapa
waktu yang lalu dan program ini juga sudah didukung oleh 10 Provinsi yang ada
di P.Sumatera,termasuk Pemprov Sumatera Barat pada acara Sumatra Development
Summit 22 Juli 2010 di Bandar Lampung.

Kalau program Trans Sumatra Railway
ini terealisasi,efeknya akan sangat banyak untuk menggairahkan kembali dunia
PerkeretaApian di P. Sumatera,termasuk juga Sumatera Barat nantinya,walaupun
tidak akan terhubung langsung,dan mungkin akan menjadi semacam feeder line
saja.Tetapi
efek positifnya insyaAllah akan ada.Oleh karena itulah Pemprov Sumatera Barat
juga sangat mendukung gagasan ini.

Mengenai Revitalisasi sendiri KA di
Sumatera Barat sendiri seperti menghidupkan kembali jalur lama Padang
Panjang-Bukittinggi – Payakumbuh,sebetulnya Pemda dan Masyarakat luas sudah
mendukung untuk dihidupkan kembali.Pendekatan kepada Pejabat berwenang (Pak
Gubernur/Walikota/Bupati,DPRD,PT.KAI
Divre II Sumbar,Pak Wakil Menhub,Kalangan Pers,Dunia Pendidikan dsb) dan
sebagian masyarakat yang tinggal
diatas rel pun beberapa waktu yang lalu sudah kita lakukan.Dan alhamdulillah
semuanya
menyambut positif gagasan ini.Dan seperti kata Pak Wamenhub Bambang Susantono
beberapa waktu yang
lalu kepada kita,bahwa dana untuk mebersihkan jalur KA yang lama ini pun
sebetulnya tersedia di Kementrian Perhubungan.Silahkan saja Pak Gubernur dan
Pemkab/Pemko berkoordinasi untuk mematangkan rencana ini.

Pertanyaan sekarang,kenapa belum
dimulai juga membersihkan jalur ini?

Sabananya bukan hanyo Pak Chairul
Djamal yang bertanya mengenai masalah ini,banyak orang lain juga bertanya,kenapa
ngak dimulai2 juga membersihkan jalur KA ini.

Menurut hemat ambo,mungkin jawaban dari pertanyaan ini
adalah perlunya keseriusan dan kesungguhan bersama Pemprov dan
Pemkab/Pemko/DPRD/Masyarakat
luas dsb, secara bersama-sama untuk membersihkan jalur KA yang lama ini.Selama
belum ada keseriusan,apa pun tidak akan jalan di dunia ini.

Mengenai PSO,ambo fikir seharusnya
semuanya kebagian,dan bukan hanya untuk Jawa saja.

Kalau MPKAS sendiri,kita selama ini
memang banyak melakukan pendekatan dari hati ke hati saja,karena ini jauh lebih
efektif dan kesannya tidak terlalu mendikte pejabat berwenang karena kita
bukanlah siapa2 sebenarnya, dan pada prinsipnya tujuan kita tidak lain adalah
untuk mendorong dan membangkitkan rasa kepedulian semua
pihak untuk ikut serta secara bersama2 menyelesaikan permasalahantransportasi
dan dunia perkeretaapian kita saat ini terlebih khusus di Ranah Minang Kampuang
Halaman
kita yang tercinta ini.

Demikian saja sedikit informasi dari
kami,terlebih terkurangnya kami mohon ma’af.

Wasalam,Kurnia Chalik