Bung Deddy,
Soal kenapa famili Acipitridae takut pada Cuculidae, biarlah para ahli
perburungan di milis ini yg menjawabnya, gw gak tau. Tapi soal gagak sbagai
pertanda buruk, menurut gw itu cuma kepercayaan tahayul aja, gak ada hubungan
yg bener2 eksis antara gagak dan hal2 buruk:) Dan kepercayaan adanya hubungan
antara gagak dan hal2 buruk bukan monopoli bangsa Timur spt Indonesia, tapi
juga bangsa Barat.

Di Barat sono sejak dahulu juga ada kepercayaan atau takhayul bahwa gagak
(crow atau--yg lebih besar--raven) sebagai perlambang evil spirit, kematian,
dll.. Dan kalau kita mau memperhatikan, kalo kita nonton film, sampai skarang
film2 horor Holywood juga masih mengeksploitasi kehadiran gagak (atau suaranya
doang yg serak dan buruk itu) untuk lebih menambah kentalnya suasana eerie
atau foreboding--firasat akan datangnya hal2 yg buruk--dalam film, jurus yg
memang cukup jitu!!

Di kampung gw sendiri, terakhir kali ada gagak waktu gw masih duduk di bangku
EsDE, itu pun sangat jarang. Sekarang gagak di kampung kami sudah menjadi
sejarah yg merupakan bagian dari masa lalu yg tak mungkin kembali, kecuali ada
mesin time-travel he he h... Anak2 yg lahir sekarang hanya bisa liat gagak dari
gambar di buku2 cerita atau televisi. Meskipun sekarang sudah begitu lama sejak
terakhir kali gagak terlihat di kampung kami, hal2 yang buruk terus saja
terjadi, malah makin banyak kaleee he he..

Dulu tahayul soal gagak di kampung kami malah lebih ekstrim: kalau ada gagak
berkaok2 di dekat rumah, itu pertanda akan ada orang mati di sekitar situ.
Untunglah gagak di sini langka sehingga tak banyak orang mati ha ha ha.. GImana
kalau gagak lazim dijumpai di mana2 sperti di India di mana
gagak banyak mencari makan di tempat sampah seperti tikus, atau di kota
London atau pedesaan eropa di mana gagak banyak dijumpai, tentu akan banyak
orang mati karena gagak banyak berkaok2 di lingkungan kampung he he...

Hasto P. Irawan