99.999999 % Anis gunung..
slam. Keep birdwatching!!

Wawan

________________________________
From: moe Moe <moe_dsas...@yahoo.com>
To: sbi-info@yahoogroups.com
Sent: Mon, December 21, 2009 3:37:12 PM
Subject: [SBI-InFo] minta bantuan identifikasi [17 Attachments]

[Attachment(s) from moe Moe included below]
Salam…

Beberapa jepretan foto ini saya dapat ketika melakukan pendakian di gunung Lawu
kemarin tangga 19 desember 2009. Selama pendakian dari 3 s/d puncak hanya 3
spesies burung yang dapat kami temui yaitu Kacamata gunung (Zosterops
montanus), Walet (Collocalia sp.) dan satu jenis burung yang disebut penduduk
setempat sebagai Jalak coklat mungkin karena warnanya coklat kali ya? Dan
burung ini termasuk salah satu jenis burung yang jumlahnya bisa dikatakan
melimpah di gunung lawu karena setiap kelompok terdiri dari 4-6 individu selain
itu burung ini juga tidak malu2 mendekati para pendaki dari semua foto yang
saya dapat hanya dari jarak kurang dari 10 m dan burung ini bisa di temui
ketika kami sudah melewati ketinggian diatas 2000 m dpl.
Dan jalak coklat inilah yang saya mau tanyakan siapakah dia sebenarnya?
Deskripsi keseluruhan  burung ini dapat dilihat di gambar, ukuran burung ini
sedang (20 cm) dengan warna tubuh seluruhnya buram dari kehitaman (gb
1-5)sampai kecoklat (gb 6-7) termasuk warna perutnya ( gb. 8-12) kecuali pada
satu individu lain perutnya terdapat bercak berwarna coklat-orange dari
dada-perut (gb 13-14), selain itu juga terdapat beberapa individu dimana
kepalanya berwarna ke abu-abuan (gb 15).  Paruh, iris dan kaki berwarna kuning
legam tapi pada salah satu individu kaki berwarna kecoklatan (gb. 6), Mata
hitam, Tungging berwarna hitam kebuan, terdapat alis mata berwarna putih (gb.
16) selain itu juga memiliki ujung ekor berwarna putih (gb 17).

Yang saya mau tanyakan
1.Siapakah sebenarnya burung ini ? untuk sementara saya mengidentifikasinya
sebagai anis gunung walaupun banyak sekali perbedaanya dengan yang di Mackinnon
2.Dari beberapa foto yang di dapat banyak terdapat beberapa perbedaan dan
apakah yang menyebabkan perbedaan ini? Apakah hanya karena factor umur saja?
3.Apakah mungkin jika ini ras yang berbeda?atau jangan 2 jantan dan betina?

Terima kasih

Munir “ Pelatuk BSC”
Biologi universitas negeri semarang

Kirim email ke