kawan2 semua,
saya coba cari foto yang semirip mungkin dengan punya saya di OBI

L. nigra
http://orientalbirdimages.org/search.php?Bird_ID=2303&Bird_Image_ID=152&Bird_Family_ID=&p=31
kalo dilihat dari ketebalan alis, link foto di atas mirip dengan foto saya
yang [ lalage xxxx.jpg ]

L. sueurii
http://orientalbirdimages.org/search.php?p=6&Bird_ID=2304&Bird_Family_ID=&pagesize=1
sedangkan link foto ini alisnya mirip dengan foto saya lalage xx dan lalage
xxx

yang menjadi persamaan ketiga foto saya adalah alis putih sama2 sampai
pangkal paruh, meskipun foto ke 3 (lalage xxxx.jpg) lebih terlihat sangat
kalo alis putih keduanya nyambung di bawah dahi. meskipun tingkat ketebalan
ketiga foto itu berbeda, foto ke-3 (lalage xxxx.jpg) jelas sangat tebal,
sedang dua yang lainnya lebih tipis. meskipun di McKinon menyebutkan bahwa
pembedanya bukan di ketebalan alis tapi nyambung dengan pangkal paruh atau
nggak?

saya masih belum berani menggunakan patokan pola sayap, apakah lebih banyak
atau nggak, karena nggak konsisten juga pola putih di sayap. beberapa
menyebutkan, warna putih di sayap jika sampai ujung pundak adalah L.
sueurii, tapi kenyataannya foto2 di OBI banyak juga yang warna putih sampe
ujung pundak tapi masuk L. nigra.

coba saya kirim lagi satu foto. semoga bisa membantu

foto dari semarang.... hmmm... sama bro saya juga nggak yakin, tapi kayaknya
L. nigra

salam