[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Suhendra Arianto
--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Samuel Franklyn <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
>
> Belajar Java itu mudah kalau cuma belajar core bahasanya.
> Perkiraan kasar cuma butuh 2 minggu untuk belajar syntax dan
> semantic dari core Java language.
> 
> Yang susah itu belajar Java sampai bisa produktif
> menggunakan Java untuk membangun aplikasi.
> Ini butuh waktu 1 sampai 1.5 tahun.

Mirip statement di buku effective java. Kita bisa belajar grammar
inggris mungkin dlm 1 bulan, tapi untuk bisa lancar, mesti dipake
terus tiap hari bertahun2, baru bisa dibilang fluent. To know best
practice, need to do a lot of good and bad practices.

> Developer Java di dunia sudah 6 juta orang.
> http://www.sun.com/java/everywhere/index.jsp
> 
> Gaji developer Java termasuk yang tertinggi di dunia IT.
> http://www.developer.com/java/article.php/738041
> 
> Masih perlu bukti lebih jauh bahwa Java diminati?

Meskipun mungkin masih kalah kalo dibandingin dengan programmer legacy
system, tapi di level tertentu kmu akan merasa yang didapatkan sudah
bisa meningkatkan kualitas hidup.

> > Apa sebenarnya arti kata "luas" itu? 
> 
> Luas itu karena API Java mencakup banyak bidang.
> Tapi apa kamu butuh menguasai banyak bidang?
> Tidak. Kamu cukup unggul dan menguasai 1-2 bidang
> secara mendalam dan belajar bidang lainnya secara
> dangkal saja. Dengan unggul di 1-2 bidang saja
> kamu sudah bisa memperoleh penghasilan memadai
> di dunia Java.

Ada ga programmer java yang ahli di Java SE, ME, EE?
Mulai dari koneksi bluetooth di handphone, akses port pake javacomm,
Java 2D, JMF, db processing, web service, JMS, semua webframework ??
Kalo ada pasti superman deh tu orang..
Artinya, emang luas banget, cari dimana minatnya, tekuni sampe jadi
ahli di beberapa bidang aja, ga usah semuanya.

> 
> > Apa ada cara menghilangkan Java Syndrome di Indonesia?  
> 
> Kenapa harus menghilangkan Java Syndrome?
> Buat saya Java Syndrome itu cuma ketakutan.
> Rasa takut itu cuma ilusi bukan kenyataan.
> 
> Kalau orang-orang pada takut belajar Java malah makin bagus
> buat saya. He he he. Saingan makin sedikit.
> 
> > Dan harus ada sesuatu yang dapat mengubah paradigma tentang Java, agar
> > terdengar lebih familiar, khushusnya di telinga orang Indonesia
> > (termasuk saya)
> 
> Kenapa harus Java menyesuaikan diri dengan kamu?
> Kamu yang harus menyesuaikan diri dengan Java.
> Kalau kamu mahir Java maka yang mendapatkan hasil kan kamu?
> 
> Pada intinya kalau mau menekuni Java musti siap
> investasi waktu belajar yang lama dan musti berbakat
> dalam programming. Tapi kalau mahir Java maka imbalannya
> juga memuaskan.
>

Agree. Kalo mo yg gampang, yang didapet juga biasa2 aja. Tapi kalo yg
orang lain bilang susah, kamu bilang "sini, serahkan sama ahlinya",
nah baru top tuh !

Hendra.



Re: [JUG-Indonesia] Re: Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Frans Thamura
tambahan

coding sebanyak mungkin, dan terus melakukan perbaikin (continue
improvement), dan sharing (biar bisa belajar rame-rame jadi lebih cepet
pinter)


F


[JUG-Indonesia] Re: Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Kiki Ahmadi


1. Pengalaman (Trial and Error)
2. Banyak Baca
3. ikut komunitas

jadi belajar sendiri dulu, kalau mentok googling mati matian klo gak 
ketemu juga post pertanyaan di JUG

:)



Kiki Ahmadi



Re: [JUG-Indonesia] Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Frans Thamura
good posting dari natalia

ini PR yang bagus

semoga movement ini bring trust to us to make the sales booming

cool

yang lain harus belajar posting seperti ini

gak jualan, tapi jadi thread discusion.

NB: signaturenya yang bagus, plus tambahin info tentang roadshow, lebih
ciamik, halus tapi menggigit

F

-- Forwarded message --
From: natimoet <[EMAIL PROTECTED]>
Date: 2008/8/7
Subject: [JUG-Indonesia] Java Syndrome...dapatkah di atasi?
To: jug-indonesia@yahoogroups.com


Dear rekan semua,

Saya adalah seorang lulusan IT dari sebuah universitas yang terkenal
dengan jurusan IT di Jakarta (gak etis kalau saya menyebutkan nama).
Semenjak semester terakhir saya mendapat mata kuliah yang berhubungan
dengan JAVA programming. Kebanyakkan yang mengambil mata kuliah ini
mengalami yang namanya ANTI JAVA dalam hal ini saya menyebutnya
sebagai "JAVA SYNDROME", statment mereka kebanyakan mengatakan klo
belajar Java itu susah.

Sampai saat ini saya masih takut untuk memperdalam tentang JAVA entah
kenapa (mungkin terpengaruh dengan yang lain), walupun untuk
dasar-dasarnya saya mengerti sedikit.

Kalau saya tanya kepada programmer-programmer JAVA kebanyakan mereka
secara tidak langsung menyebutkan bahwa JAVA itu terlalu luas untuk
diselami. Padahal setahu saya Java itu memiliki kelebihan seperti bisa
dipakai di OS manapun, bisa buat aplikasi mobile phone dan bla...bla..bla.

Tapi mana buktinya bahwa Java banyak yang meminati?

Apa sebenarnya arti kata "luas" itu?

Apa ada cara menghilangkan Java Syndrome di Indonesia?

Dan harus ada sesuatu yang dapat mengubah paradigma tentang Java, agar
terdengar lebih familiar, khushusnya di telinga orang Indonesia
(termasuk saya)




Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke
[EMAIL PROTECTED]

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links






-- 
-- 
Frans Thamura
Meruvian Foundation

Mobile: +62 855 7888 699
Linkedin: http://www.linkedin.com/in/fthamura

Training JENI, Medallion (Alfresco, Liferay dan Compiere).. buruan...
URL:
http://nagasakti.mervpolis.com/roller/mervnews/entry/jeni_training_compiere_dan_alfresco


Re: [JUG-Indonesia] Re: Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Frans Thamura
2008/8/7 Kiki Ahmadi <[EMAIL PROTECTED]>

>
>
> 1. Pengalaman (Trial and Error)
> 2. Banyak Baca
> 3. ikut komunitas
>
> jadi belajar sendiri dulu, kalau mentok googling mati matian klo gak
> ketemu juga post pertanyaan di JUG
>

terus gak ada yang reply juga sama aja boong

hahah :)

F


[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Suhendra Arianto
--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Trinita ratna dewanti"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> 'The brick wall is not there to stop you,it's there to stop other 
> people' - Randy Pausch
> 
> Trinita 
> 

Mantep bener nih wisdom words nya. Tinggal kitanya mo pilih yang mana,
yang nabrak tembok, apa yang lompat di atasnya :D



[JUG-Indonesia] Re: tulong.......

2008-08-07 Thread Suhendra Arianto

Kok keknya ribet amat sampe mesti bikin tablemodel sendiri.
Aku jarang bikin custom table model kalo ga kepepet. Biasanya gini doang:

DefaultTableModel model = new DefaultTableModel(null, new String[]
{"NIS", "Nama", "L/P"});
model.addRow(new Object[] {1, "siswa1", "P"});
model.addRow(new Object[] {2, "siswa2", "L"});
model.addRow(new Object[] {3, "siswa3", "P"});
JTable table = new JTable(model);

Hendra.

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "jancrot" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> > aku bisa minta bantuannya ga???
> Bisa
> 
> > aku ada sedikit kesulitan buat nampilin data ke tabel,
> > cerita nya begini...aku buat data siswa dan pingin menampilkannya..aku
> > sekarang make editor netbeans 5.0
> buat satu kelas yang meng-ekstend kelas AbstractTableModel, sebut saja
> kelas TableModelGue
> Trus buat aja tabel baru pake new JTable(new TableModelGue())
> 
> Catatan: sebisa mungkin override beberapa method ini:
> - getColumnCount() 
> - getColumnName(int columnIndex)
> - getRowCount() 
> - getValueAt(int rowIndex, int columnIndex) 
> - isCellEditable(int rowIndex, int columnIndex) 
> - setValueAt(Object aValue, int rowIndex, int columnIndex) 
> 
> > tolong dunk...
> Iye.. iye...
> 
> > trims before ya
> Sama-sama
>




[JUG-Indonesia] Nid help: biar gk bisa back di web app.

2008-08-07 Thread Suryo
Hi all,
butuh bantuan nih gimana caranya supaya tombol back sama forward gk
bisa digunakan, atw minimal klo klik back/forward, gk redirect ke page
yg udah kita buka sebelumnya. Saya sedang menggunakan JSF, ada bisa
ksi contoh code backing beannya?

Regards 

suryo



[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread nuril
Benar sekali apa yang dikatakan Bung Hendra... begitu pula dengan 
kawan-kawan dimilis ini. 

Tidak mungkin manusia bisa menguasai dan melakukan banyak hal 
sekaligus didunia ini... 

"segmentasi" . 

Yup, Anda tidak harus menguasai semua bahasa pemrograman. Yang 
terpenting adalah kemana arahnya. Jika minat di Java SE, atau ME, 
atau EE, atau bahkan bahasa program lain. maka konsentrasi-lah dan 
fokus pada bidang itu. Tidak harus semuanya dikuasai... =)



--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Suhendra Arianto" 
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> --- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Samuel Franklyn 
> wrote:
> >
> > Belajar Java itu mudah kalau cuma belajar core bahasanya.
> > Perkiraan kasar cuma butuh 2 minggu untuk belajar syntax dan
> > semantic dari core Java language.
> > 
> > Yang susah itu belajar Java sampai bisa produktif
> > menggunakan Java untuk membangun aplikasi.
> > Ini butuh waktu 1 sampai 1.5 tahun.
> 
> Mirip statement di buku effective java. Kita bisa belajar grammar
> inggris mungkin dlm 1 bulan, tapi untuk bisa lancar, mesti dipake
> terus tiap hari bertahun2, baru bisa dibilang fluent. To know best
> practice, need to do a lot of good and bad practices.
> 
> > Developer Java di dunia sudah 6 juta orang.
> > http://www.sun.com/java/everywhere/index.jsp
> > 
> > Gaji developer Java termasuk yang tertinggi di dunia IT.
> > http://www.developer.com/java/article.php/738041
> > 
> > Masih perlu bukti lebih jauh bahwa Java diminati?
> 
> Meskipun mungkin masih kalah kalo dibandingin dengan programmer 
legacy
> system, tapi di level tertentu kmu akan merasa yang didapatkan 
sudah
> bisa meningkatkan kualitas hidup.
> 
> > > Apa sebenarnya arti kata "luas" itu? 
> > 
> > Luas itu karena API Java mencakup banyak bidang.
> > Tapi apa kamu butuh menguasai banyak bidang?
> > Tidak. Kamu cukup unggul dan menguasai 1-2 bidang
> > secara mendalam dan belajar bidang lainnya secara
> > dangkal saja. Dengan unggul di 1-2 bidang saja
> > kamu sudah bisa memperoleh penghasilan memadai
> > di dunia Java.
> 
> Ada ga programmer java yang ahli di Java SE, ME, EE?
> Mulai dari koneksi bluetooth di handphone, akses port pake 
javacomm,
> Java 2D, JMF, db processing, web service, JMS, semua 
webframework ??
> Kalo ada pasti superman deh tu orang..
> Artinya, emang luas banget, cari dimana minatnya, tekuni sampe jadi
> ahli di beberapa bidang aja, ga usah semuanya.
> 
> > 
> > > Apa ada cara menghilangkan Java Syndrome di Indonesia?  
> > 
> > Kenapa harus menghilangkan Java Syndrome?
> > Buat saya Java Syndrome itu cuma ketakutan.
> > Rasa takut itu cuma ilusi bukan kenyataan.
> > 
> > Kalau orang-orang pada takut belajar Java malah makin bagus
> > buat saya. He he he. Saingan makin sedikit.
> > 
> > > Dan harus ada sesuatu yang dapat mengubah paradigma tentang 
Java, agar
> > > terdengar lebih familiar, khushusnya di telinga orang Indonesia
> > > (termasuk saya)
> > 
> > Kenapa harus Java menyesuaikan diri dengan kamu?
> > Kamu yang harus menyesuaikan diri dengan Java.
> > Kalau kamu mahir Java maka yang mendapatkan hasil kan kamu?
> > 
> > Pada intinya kalau mau menekuni Java musti siap
> > investasi waktu belajar yang lama dan musti berbakat
> > dalam programming. Tapi kalau mahir Java maka imbalannya
> > juga memuaskan.
> >
> 
> Agree. Kalo mo yg gampang, yang didapet juga biasa2 aja. Tapi kalo 
yg
> orang lain bilang susah, kamu bilang "sini, serahkan sama ahlinya",
> nah baru top tuh !
> 
> Hendra.
>




Re: [JUG-Indonesia] Re: Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Natalia Suryaningrum
Saya setuju, karena saya juga merasakan bahwa dari pengalaman dan usaha .
Soalnya saya juga lagi berjuang untuk itu

2008/8/7 Kiki Ahmadi <[EMAIL PROTECTED]>

>
>
> 1. Pengalaman (Trial and Error)
> 2. Banyak Baca
> 3. ikut komunitas
>
> jadi belajar sendiri dulu, kalau mentok googling mati matian klo gak
> ketemu juga post pertanyaan di JUG
>
> :)
>
> Kiki Ahmadi
>
>  
>



-- 
Your partner to make application software : [EMAIL PROTECTED]

Thanks & Best Regards,
Natalia Suryanigrum
Wijaya Grand Center Blok H/41, room: 402
Jln. Wijaya II, Jakarta 12830, Indonesia
phone :+93586577


Re: [JUG-Indonesia] Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Alpha Bagus Sunggono
Secara umum memang dunia Java itu over - engineered dari sononya.

Nah untuk mempermudah,
dengan menggunakan TOOLS yang tepat. (Klik kanan , generate code, hehehehe).

Coba saja dengan bantuan Visual Studio J# Express dari Microsoft, gratis,
itu tinggal klik kanan trus insert code yang dibutuhkan,
sangat simpel.

Tinggal copy paste, tempelkan ke Netbeans / Eclipse.

Ato bisa membeli buku yang sudah ada semacam library fungsi,
seperti 150 rahasia pemrograman Java dari mas Didik (kalo gak salah).

Kemudian,
ke http://www.flazx.com, downloadlah buku2 Java.

Yang terakhir adalah memanfaatkan Google,
misal kita ingin mencari source code SHA1,
tinggal ketikkan :

SHA1 code,

dapet deh ...

2008/8/7 natimoet <[EMAIL PROTECTED]>:
> Dear rekan semua,
>
> Saya adalah seorang lulusan IT dari sebuah universitas yang terkenal
> dengan jurusan IT di Jakarta (gak etis kalau saya menyebutkan nama).
> Semenjak semester terakhir saya mendapat mata kuliah yang berhubungan
> dengan JAVA programming. Kebanyakkan yang mengambil mata kuliah ini
> mengalami yang namanya ANTI JAVA dalam hal ini saya menyebutnya
> sebagai "JAVA SYNDROME", statment mereka kebanyakan mengatakan klo
> belajar Java itu susah.
>
> Sampai saat ini saya masih takut untuk memperdalam tentang JAVA entah
> kenapa (mungkin terpengaruh dengan yang lain), walupun untuk
> dasar-dasarnya saya mengerti sedikit.
>
> Kalau saya tanya kepada programmer-programmer JAVA kebanyakan mereka
> secara tidak langsung menyebutkan bahwa JAVA itu terlalu luas untuk
> diselami. Padahal setahu saya Java itu memiliki kelebihan seperti bisa
> dipakai di OS manapun, bisa buat aplikasi mobile phone dan bla...bla..bla.
>
> Tapi mana buktinya bahwa Java banyak yang meminati?
>
> Apa sebenarnya arti kata "luas" itu?
>
> Apa ada cara menghilangkan Java Syndrome di Indonesia?
>
> Dan harus ada sesuatu yang dapat mengubah paradigma tentang Java, agar
> terdengar lebih familiar, khushusnya di telinga orang Indonesia
> (termasuk saya)
>
> __
> 



-- 

[Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain

eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
(Helfferich)


Re: [JUG-Indonesia] Nid help: biar gk bisa back di web app.

2008-08-07 Thread Samuel Franklyn
Suryo wrote:
> Hi all,
> butuh bantuan nih gimana caranya supaya tombol back sama forward gk
> bisa digunakan, atw minimal klo klik back/forward, gk redirect ke page
> yg udah kita buka sebelumnya. Saya sedang menggunakan JSF, ada bisa
> ksi contoh code backing beannya?
> 

Supaya tombol back dan forward nggak bisa digunakan maka
musti bikin browser sendiri dan user musti dipaksa
pakai browser tersebut. Nggak mungkin kan?

Ini salah pertanyaan. Karena sudah memilih cara pemecahan
masalah tanpa paham masalahnya apa. He he he.
Tapi saya paham masalahnya karena masalahnya masalah
klasik dan sudah dipecahkan oleh banyak orang.
Coba cek dan baca link dibawah.

http://en.wikipedia.org/wiki/Post/Redirect/Get


Re: [JUG-Indonesia] Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Arya Sabda
Pada 7 Agustus 2008 11:37, Samuel Franklyn <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> Endy Muhardin wrote:
>> 2008/8/7 onsir salman <[EMAIL PROTECTED]>:
>>> klw orang cepat belajr gak mslh cobain semua, tapi klw yg rada-lemot
>>> alias kurang cepat belajar nya, spt sy bagaimana triknya ?
>>>
>>
>> Programming itu abstrak.
>> Jadi kalo imajinasinya lemah memang sulit memahami programming.
>> Solusinya, trial and error.
>> Coba coding, trus lihat hasilnya.
>> Gak perlu dibayangin langsung kelihatan hasilnya.
>>
>>
>
> Imajinasi bisa ditingkatkan. Tapi caranya bukan mengkhayal :-)
> Caranya dengan belajar menikmati seni, literatur dan musik.

yups, that's right!
rata-rata temen yang jago programming atau networking pada jago musik
dan rata-rata gamers juga,
jadi kalau mau meningkatkan intuisi coding :D, belajar maen Canon in D
arasemen nya Jerry C ajah :))

> 


[JUG-Indonesia] Re: tulong.......

2008-08-07 Thread Nashroulloh

Setuju sama Hendra (suhe_arie), buat tablemodel sendiri emang ribet,
Jadi klo emang sering kepepet untuk buat table model sendiri, coba buat 
generator nya.
velocity boleh dicoba, mungkin cocok.

Mencoba me-refine (memperhalus) jawaban dari Hendra
// 1. deklarasi objek yang diperlukan, biasanya sbg instance variable
DefaultTableModel model;
JTable table;
String[] columnNames = {"NIS", "Nama", "L/P"};
// 2. instantiasi, biasanya dalam constructor
//argumen:
//saya memilih nama colom dan jumlah baris
//(klo suhe_arie pakai data, nama colom)
model = new DefaultTableModel (columnNames, 0);
table = new JTable (model);
// 3a. Bisa cara berikut, seperti cara suhe_arie
model.addRow(new Object[] {1, "siswa1", "P"});
model.addRow(new Object[] {2, "siswa2", "L"});
model.addRow(new Object[] {3, "siswa3", "P"});
// 3b. ato buat method yang kerjanya:
// menghapus semua row, kalo ada, dan memasukkan data sebagai row baru
public void setDataForTable(List data) {
  while (model.getRowCount() > 0) {
model.removeRow (0);
  }
  for (String[] columnValues : data) {
model.addRow (columnValues);
  }
}




Re: [JUG-Indonesia] Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Jecki
2008/8/7 Alpha Bagus Sunggono <[EMAIL PROTECTED]>:
> 
> [Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain
>
> eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
> (Helfferich)

OOT. cuma mau komentar signature-nya yang irritating. gimana mau maju
kalo kita sendiri ngata2in hal negatif tentang diri sendiri.

what you say determine what you will be.


Re: [JUG-Indonesia] Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Alpha Bagus Sunggono
Yupe,
aku lagi membroadcast signature ku
ke seluruh negeri,
supaya kuping orang2 yang berjiwa "kuli" itu panas.

Ya semacam sindiran keraslah,
supaya melakukan penyelamatan negeri ini,
yang sudah bener2 kronis.


2008/8/7 Jecki <[EMAIL PROTECTED]>:
> 2008/8/7 Alpha Bagus Sunggono <[EMAIL PROTECTED]>:
>
>> 
>> [Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain
>>
>> eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
>> (Helfferich)
>
> OOT. cuma mau komentar signature-nya yang irritating. gimana mau maju
> kalo kita sendiri ngata2in hal negatif tentang diri sendiri.
>
> what you say determine what you will be.
>
> 



-- 

[Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain

eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
(Helfferich)


[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread dody_gin
--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "natimoet" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Kalau saya bukan orang IT, dan bekerja pada bidang yg tidak ada
hubungannya sama sekali dengan IT/ Programming.

Belajar java tantangan bagi saya. Coding/programming bagi saya seperti
halnya orang lain yg hobi ngutak-ngatik otomotif, fotografi, dll. 

Cara belajar java saya mirip dengan cara saya dulu belajar MS WORD,
berawal dari :
1. kebutuhan : Misalnya untuk belajar MS Word pasti yg basik2 dulu
seperti Create file, save, open file print dsb, lalu melangkah ke..
2. tuntutan thdp kemampuan software tsb :  misalnya  Kalo emang MS
Word bagus seharusnya fontnya bisa ditebelin, mail merge dan customize
dengan macro atau VBA dsb.

Di java, misalnya kalo cuma pengen bisa  Desktop Programming doang
kayak VB, maka pelajarilah yg berhubungan dengan desktop programming,
ga perlu belajar Servlet, JSP, Applet, dll. 


salam 

dody




>
> Dear rekan semua,
> 
> Saya adalah seorang lulusan IT dari sebuah universitas yang terkenal
> dengan jurusan IT di Jakarta (gak etis kalau saya menyebutkan nama).
> Semenjak semester terakhir saya mendapat mata kuliah yang berhubungan
> dengan JAVA programming. Kebanyakkan yang mengambil mata kuliah ini
> mengalami yang namanya ANTI JAVA dalam hal ini saya menyebutnya
> sebagai "JAVA SYNDROME", statment mereka kebanyakan mengatakan klo
> belajar Java itu susah.
> 
> Sampai saat ini saya masih takut untuk memperdalam tentang JAVA entah
> kenapa (mungkin terpengaruh dengan yang lain), walupun untuk
> dasar-dasarnya saya mengerti sedikit.
> 
> Kalau saya tanya kepada programmer-programmer JAVA kebanyakan mereka
> secara tidak langsung menyebutkan bahwa JAVA itu terlalu luas untuk
> diselami. Padahal setahu saya Java itu memiliki kelebihan seperti bisa
> dipakai di OS manapun, bisa buat aplikasi mobile phone dan
bla...bla..bla.
> 
> Tapi mana buktinya bahwa Java banyak yang meminati?
> 
> Apa sebenarnya arti kata "luas" itu? 
> 
> Apa ada cara menghilangkan Java Syndrome di Indonesia?  
> 
> Dan harus ada sesuatu yang dapat mengubah paradigma tentang Java, agar
> terdengar lebih familiar, khushusnya di telinga orang Indonesia
> (termasuk saya)
>




[JUG-Indonesia] Re: tulong.......

2008-08-07 Thread jancrot
> Setuju sama Hendra (suhe_arie), buat tablemodel sendiri emang ribet,
> Jadi klo emang sering kepepet untuk buat table model sendiri, coba buat 
> generator nya.
> velocity boleh dicoba, mungkin cocok.
Bener sih.. buat tablemodel sendiri emang ribet. Tapi ada
keuntungannya juga:
1. Konsep OOP-nya lebih kerasa, karena semua perkara yang berhubungan
dengan data dan colom ditulis dalam kelas yang berbeda. Untuk kasus
sederhana, pake defaulttablemodel emang udah cukup. Tapi, kadangkala
kita membutuhkan editor tertentu untuk kolom tertentu. Misalkan, kolom
pertama make textbox biasa, kolom kedua pake combobox, kolom ketiga
pake checkbox dst... Setahu saya, defaulttablemodel gak bisa. CMIIW.

2. Kelas utama kita (kelas yang manggil jtable maupun tablemodel) gak
kotor dengan kode-kode aneh yang gak relevan (seperti ngisi nama
kolom, inisiasi data, dsb).

Velocity? Entar saya coba pak :) hehehe...



[JUG-Indonesia] Re: Nid help: biar gk bisa back di web app.

2008-08-07 Thread jancrot
>
> Hi all,
> butuh bantuan nih gimana caranya supaya tombol back sama forward gk
> bisa digunakan, atw minimal klo klik back/forward, gk redirect ke page
> yg udah kita buka sebelumnya. Saya sedang menggunakan JSF, ada bisa
> ksi contoh code backing beannya?
Ehmm.. backing beannya sih gak punya.
Tapi gini aja.. kan mas Suryo pake JSF. Kalo gak salah, banyak
component di JSF yang punya attribute "rendered". Mungkin bisa
diakalin dengan ngasih kayak gini .

Dengan cara ini, tombol back/forward tetep jalan, hanya saja
komponen-komponen tertentu tidak akan dirender (gak nongol di browser).

Entar saya coba buatin backing beannya deh.. (tapi gak janji)



[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Suhendra Arianto
--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Alpha Bagus Sunggono"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> Yupe,
> aku lagi membroadcast signature ku
> ke seluruh negeri,
> supaya kuping orang2 yang berjiwa "kuli" itu panas.
> 
> Ya semacam sindiran keraslah,
> supaya melakukan penyelamatan negeri ini,
> yang sudah bener2 kronis.
> 

Ok, so what do you propose to change it ?
This is happen, actually. Here, in malaysia, the proportion of
Indonesian "kuli" and Indonesian professional worker is too far.
Currently, I have no idea to change this perspective.

Hendra.



Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Alpha Bagus Sunggono
Sayangnya sindiran ini tidak untuk para profesional
atau engineer , yang notabene adalah yang benar2
sokoguru pembangunan.

Tapi mindset "kuli" ini tertanam pada para decission maker,
terutama di pemerintahan. Sehingga tindakan2 yang dihasilkannya,
secara logis umum sah-sah saja ato bagus,
namun pada hakikatnya sebenarnya justru menjerumuskan
bangsa kepada keterpurukan yang makin dalam.
Artinya menurunkan keberdayaan bangsa.

Misiku adalah:
supaya masyarakat itu "ngeh",
Eh ternyata situasi kita sedemikian kritis,
dalam carut marut / chaosnya situasi,
bahkan terutama bagi efeknya ke lingkungan hidup.

Tujuan yang mau dicapai:
dengan kesadaran, maka dimulailah babak baru,
renegoisasi, sehingga bangsa kita lebih punya bargaining position,
lebih bisa memberdayakan masyarakat luas,
memotong akar2 korupsi,
memotong akar2 kemiskinan.

Wah .. maaf, jadi terlalu panjang deh ..


2008/8/7 Suhendra Arianto <[EMAIL PROTECTED]>:

>
> Ok, so what do you propose to change it ?
> This is happen, actually. Here, in malaysia, the proportion of
> Indonesian "kuli" and Indonesian professional worker is too far.
> Currently, I have no idea to change this perspective.
>
> Hendra.
>
>
> 



-- 

[Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain

eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
(Helfferich)


RE: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Eko Kurnaiwan Khannedy
Kok jadi OOT sich nich :D

 

From: jug-indonesia@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
On Behalf Of Alpha Bagus Sunggono
Sent: 07 Agustus 2008 18:04
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Subject: Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

 

Sayangnya sindiran ini tidak untuk para profesional
atau engineer , yang notabene adalah yang benar2
sokoguru pembangunan.

Tapi mindset "kuli" ini tertanam pada para decission maker,
terutama di pemerintahan. Sehingga tindakan2 yang dihasilkannya,
secara logis umum sah-sah saja ato bagus,
namun pada hakikatnya sebenarnya justru menjerumuskan
bangsa kepada keterpurukan yang makin dalam.
Artinya menurunkan keberdayaan bangsa.

Misiku adalah:
supaya masyarakat itu "ngeh",
Eh ternyata situasi kita sedemikian kritis,
dalam carut marut / chaosnya situasi,
bahkan terutama bagi efeknya ke lingkungan hidup.

Tujuan yang mau dicapai:
dengan kesadaran, maka dimulailah babak baru,
renegoisasi, sehingga bangsa kita lebih punya bargaining position,
lebih bisa memberdayakan masyarakat luas,
memotong akar2 korupsi,
memotong akar2 kemiskinan.

Wah .. maaf, jadi terlalu panjang deh ..

2008/8/7 Suhendra Arianto <[EMAIL PROTECTED]
 >:

>
> Ok, so what do you propose to change it ?
> This is happen, actually. Here, in malaysia, the proportion of
> Indonesian "kuli" and Indonesian professional worker is too far.
> Currently, I have no idea to change this perspective.
>
> Hendra.
>
>
> 

-- 

[Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain

eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
(Helfferich)

 



[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread imam baihaqi

> 
> > Tapi mana buktinya bahwa Java banyak yang meminati?
> >
> 
> Bank BCA pakai Java, Bank Mandiri pakai Java, Bank Indonesia pakai Java.
> 

mas mau nambahin mas, bank Permata, Bank Danamon, BII, BPR-KS, Asian
Development Bank, Bank Jateng, Bank Kaltim, aplikasi mereka kantor
saya yg ngerjain, yg pake java loh, dan BI tentunya, dan itu yg saya
tau, belum yg saya ga tau.

belum lagi aplikasi yg termasuk produk, yg mana nantinya dijual ke
bank2 yg lebih banyak lagi, ada 3 itu yg saya tau.

belum lagi yg bukan bank, ada perusahaan penerbangan, ada toko baju yg
mana itu client asing, dan itu sebatas yg sy tau.





Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Aji Perdana
lho kok..jadi beda nih arahnya :p
trus punya planning apa nih untuk mengatasi/mengubah nya?
bagi2 donk dokumen planning nya :D
(biar sekalian OOT)



- Original Message 
From: Alpha Bagus Sunggono <[EMAIL PROTECTED]>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, August 7, 2008 6:03:46 PM
Subject: Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

Sayangnya sindiran ini tidak untuk para profesional
atau engineer , yang notabene adalah yang benar2
sokoguru pembangunan.

Tapi mindset "kuli" ini tertanam pada para decission maker,
terutama di pemerintahan. Sehingga tindakan2 yang dihasilkannya,
secara logis umum sah-sah saja ato bagus,
namun pada hakikatnya sebenarnya justru menjerumuskan
bangsa kepada keterpurukan yang makin dalam.
Artinya menurunkan keberdayaan bangsa.

Misiku adalah:
supaya masyarakat itu "ngeh",
Eh ternyata situasi kita sedemikian kritis,
dalam carut marut / chaosnya situasi,
bahkan terutama bagi efeknya ke lingkungan hidup.

Tujuan yang mau dicapai:
dengan kesadaran, maka dimulailah babak baru,
renegoisasi, sehingga bangsa kita lebih punya bargaining position,
lebih bisa memberdayakan masyarakat luas,
memotong akar2 korupsi,
memotong akar2 kemiskinan.

Wah .. maaf, jadi terlalu panjang deh ..


2008/8/7 Suhendra Arianto <[EMAIL PROTECTED]>:

>
> Ok, so what do you propose to change it ?
> This is happen, actually. Here, in malaysia, the proportion of
> Indonesian "kuli" and Indonesian professional worker is too far.
> Currently, I have no idea to change this perspective.
>
> Hendra.
>
>
> 



-- 

[Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain

eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
(Helfferich)



Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke [EMAIL 
PROTECTED]

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links




  

Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Alpha Bagus Sunggono
Wah kalo diterusin
nanti aku ditegur,
dikira kampanye terselubung partai politik  ...:p

bwahahahahahahaks

2008/8/7 Aji Perdana <[EMAIL PROTECTED]>:
> lho kok..jadi beda nih arahnya :p
> trus punya planning apa nih untuk mengatasi/mengubah nya?
> bagi2 donk dokumen planning nya :D
> (biar sekalian OOT)
>
> 



-- 

[Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain

eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
(Helfferich)


Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Aji Perdana
yaudah ganti thread aja bro ...hehehe ;))



- Original Message 
From: Alpha Bagus Sunggono <[EMAIL PROTECTED]>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, August 7, 2008 6:20:13 PM
Subject: Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

Wah kalo diterusin
nanti aku ditegur,
dikira kampanye terselubung partai politik  ...:p

bwahahahahahahaks

2008/8/7 Aji Perdana <[EMAIL PROTECTED]>:
> lho kok..jadi beda nih arahnya :p
> trus punya planning apa nih untuk mengatasi/mengubah nya?
> bagi2 donk dokumen planning nya :D
> (biar sekalian OOT)
>
> 



-- 

[Indonesia] sebuah bangsa kuli dan jadi kuli bangsa-bangsa lain

eine Nation von koeli und koeli unter den Nationen
(Helfferich)



Kalau mau keluar dari mailing list ini, caranya kirim sebuah email ke [EMAIL 
PROTECTED]

Jangan lupa, website JUG Indonesia adalah http://www.jug.or.id

Yahoo! Groups Links




  

Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Frans Thamura
sudah daripada ngatain mendingain diganti, dukung orang lain yang buat
perjuangan

seperti coba blueoxygen gitu :)

F


[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread echo_khannedy
heheh, promosi Mr.F :D

saya dukung lah, apalagi itu produk dalam negeri :D
sory, baru bisa dukung belum bisa ikut kontribusi

semanget lah pokoknya

E

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Frans Thamura" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> sudah daripada ngatain mendingain diganti, dukung orang lain yang buat
> perjuangan
> 
> seperti coba blueoxygen gitu :)
> 
> F
>





[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Nuril
Jadi penasaran nih... program ekrjanya kaya apa sih ? =)

Tapi semua itu kan proses... perlu waktu dan kesabaran...


--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "echo_khannedy" 
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> heheh, promosi Mr.F :D
> 
> saya dukung lah, apalagi itu produk dalam negeri :D
> sory, baru bisa dukung belum bisa ikut kontribusi
> 
> semanget lah pokoknya
> 
> E
> 
> --- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Frans Thamura"  
wrote:
> >
> > sudah daripada ngatain mendingain diganti, dukung orang lain 
yang buat
> > perjuangan
> > 
> > seperti coba blueoxygen gitu :)
> > 
> > F
> >
>




Re: [JUG-Indonesia] Jadwal Workshop & Demo Panggung GRATIS di RITECH EXPO 8-11 Agustus 2008

2008-08-07 Thread Feris Thia
Jadi dong :)

Lagi sakit tenggorokan, mudah2 an tidak mempengaruhi "performance" :p hehehe


2008/8/7 Fitrah Elly Firdaus <[EMAIL PROTECTED]>

>   om ferisnya jadi dateng gak besok? Thx
>
>
> On 8/5/08, Feris Thia <[EMAIL PROTECTED]>
> wrote:
> > Ternyata ada dua gedung.
> >
> > Jadwal saya ternyata ada juga. Hari Jumat tgl 8 Agustus 2008.
> >
> > 2008/8/5 Thomas Wiradikusuma <[EMAIL PROTECTED]
> >
> >
> >> "Presentasi Java" is invalid too :)
> >>
> >> dan seingetku Bung Feris bilang dia digantikan orang lain.
> >>
> >> 2008/8/5 Onno W. Purbo <[EMAIL PROTECTED]   40indo.net.id>>:
> >>
> >> >>> JADWAL WORKSHOP RITECH EXPO
> >> >>> Tempat : MGK Kemayoran Lantai 3
> >> >>> Tanggal : 8-10 Agustus 2008
> >> >>> Ruang : Lavender`
> >> >>> Expo : RITECH EXPO
> >> >>> Peserta : Umum & Gratis Tidak Di Pungut Bayaran
> >> >>> Konsumsi : Aqua :) ..
> >> >>> Kapasitas : Sekitar 100-an tempat duduk, sisanya harus berdiri /
> >> lesehan.
> >>
> >> --
> >> salam hangat,
> >> Thomas Wiradikusuma
> >> Follow me in Twitter! http://www.twitter.com/wiradikusuma
> >>
> >>
> http://wiradikusuma.blogspot.com/2008/07/malikat-pencabut-nyawanya-thomas.html
> >>
> >>
> >
> >
> >
> > --
> > Thanks & Best Regards,
> >
> > Feris Thia
> > Business Intelligence Consultant
> > PT. Putera Handal Indotama
> > Phone : +6221-30119353
> > Fax : +6221-5513483
> > Mobile : +628176-474-525
> > http://www.phi-integration.com
> > http://pentaho.dlpage.phi-integration.com
> >
>
> --
> Blog : http://firdauslinux.info
> YM : linux_keren
> irc : [EMAIL PROTECTED] 
> Linux Registered User : #451768
> Ubuntu Registered User : #19241
>  
>



-- 
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone : +6221-30119353
Fax : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.dlpage.phi-integration.com


Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Frans Thamura
2008/8/7 Nuril <[EMAIL PROTECTED]>

> Jadi penasaran nih... program ekrjanya kaya apa sih ? =)
>
> Tapi semua itu kan proses... perlu waktu dan kesabaran...
>
>
wah sekarang kita dah level 3 nih :)

cimande -> 14 projects -> galaxy (full services based solution)

dan saya seneng juga sekarang dukungan member disini juga bagus, gila
Cimande bulan july sampai 1000 lebih yang download, 1/3 member ini download,
tapi mana feedbacknya yah

F


Re: [JUG-Indonesia] Jadwal Training Adempiere ERP Open Source

2008-08-07 Thread Feris Thia
Akhirnya contributor Adempiere dari Indonesia dan juga partner PHI muncul
kembali di milis :)

Guys, jika ingin belajar ERP Adempiere dan proses bisnisnya... Armen dan
Goodwill adalah sumber yang recommended banget.

Regards,

Feris

2008/8/7 Armen Rizal <[EMAIL PROTECTED]>

>Bersama ini kami informasikan jadwal pelatihan baru yang akan
> diselenggarakan oleh Goodwill Consulting.
>
>
>
> Modul: ADempiere Fast Track Class (AD101) 2-Days
>
>
>
> 25 Aug - 26 Aug 2008
>
> (Pendaftaran & Pelunasan terakhir: Kamis 14 Aug 2008)
>
>
>
> Lokasi: Hotel Grand Tropic, Jl. Jend. S.Parman, Grogol, Jakarta Barat
>
> Biaya: Rp. 2.500.000,-  / org
>
> Biaya Sudah termasuk: Materi Modul, Sertifikat, Lunch & Coffee Break 2x.
>
> Kelas akan dibuka jika minimal peserta 5 orang.
>
>
>
> Materi Training bisa dilihat di:
>
> http://www.goodwill.co.id/download/adempiere_training.pdf
>
>
>
> Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi kami di
> 021-70795895 atau 0817157070.
>
>
>
> Best regards,
>
>
>
> Armen Rizal
> Goodwill Consulting
> IS Plaza 7th Fl. Suite 706
> Jl. Pramuka Raya Kav 151 Jakarta
> Tel: 021-8561727
>
> URL: www.goodwill. co.id
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>  
>



-- 
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone : +6221-30119353
Fax : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.dlpage.phi-integration.com


Re: [JUG-Indonesia] Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Feris Thia
Malah harus lebih sering coba sana sini :p hehehe

Ambil konsep ini dari produk A, ambil konsep itu dari produk B, ambil konsep
ini itu dari produk C.

Masih mahasiswa atau punya banyak waktu ? Coba tantangan google code jam,
acm, topcoder :)

2008/8/7 onsir salman <[EMAIL PROTECTED]>

>   klw orang cepat belajr gak mslh cobain semua, tapi klw yg rada-lemot
> alias kurang cepat belajar nya, spt sy bagaimana triknya ?
>
>
> 
>



-- 
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone : +6221-30119353
Fax : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.dlpage.phi-integration.com


Re: [JUG-Indonesia] Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Wilbert
Yupz..., analisis algoritma itu menyenangkan sekali...
Bung Feris tau aja nih.. hehehe! :D

-- 
Wilbert : IT UKDW 2006
Java Blog : http://wilbertjava.wordpress.com
YM : inherit_c


Re: [JUG-Indonesia] Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Feris Thia
Dua semester puyeng dengan algoritma time tabling (Constraint Satisfaction
Problem)..

Mulai dari backtracking biasa, hill-climbing, heuristic search, sampai
coba-coba fuzzy algorithm, neural network, dsbnya.

So, udah cukup lah "main-main"-nya... hehehe. Sekarang lebih ke arah
'praktis' aja. Tapi dari peninggalan analisa dan belajar algoritma, sebagai
praktisi kita akan cukup cepat belajar / beradaptasi :)

CMIIW

On Thu, Aug 7, 2008 at 10:26 PM, Wilbert <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Yupz..., analisis algoritma itu menyenangkan sekali...
> Bung Feris tau aja nih.. hehehe! :D
>
> --
> Wilbert : IT UKDW 2006
> Java Blog : http://wilbertjava.wordpress.com
> YM : inherit_c
>  
>



-- 
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone : +6221-30119353
Fax : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.dlpage.phi-integration.com


Re: [JUG-Indonesia] Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Edward Yakop
2008/8/7 Reza Alaudin <[EMAIL PROTECTED]>:
>>>setuju, tambah 1 lagi, guru yang baik (orang loh bukan pengalaman :D),
>>> soalnya klo belajar tanpa pembimbing yang baik akan mudah >>tersesat. hahaha
> +1
> pengalaman adalah guru yg paling bodoh... karena kita harus mengalaminnya
> (tracing bug, tersesat di google, dimarahin bos, dll) dulu :D
> tapi pengalaman juga bisa jadi guru yang paling murah -> gak perlu bayar fee
> :D

I strongly disagree. Join open source project (ops4j, qi4j to name a
few :P). Kamu bisa buat kesalahan
diskusi di controlled environment. Nggak perlu experiment di kerja
kalo ngga ada kesempatan, lagian
biasanya kalo manusia nggak jatuh, biasanya nggak bisa belajar 100% lessonnya.

My tips,
svn co project yang kamu interested:
* Liat ke jira, problem apa yang sudah disolve, check svn commit buat
issue tersebut.
  Dengan cara ini kamu bisa bandingin cara solvenya kamu dibandingin
sama mereka yang
  senior.
* Kalo udah mulai mengenal library tersebut, try buat help bug fixes.
  Keuntungan selain dari belajar internal dari library yang kamu pakek
  Kalo apache project dan kamu contribusi terus selama 6 bulan ke-atas
bakal ada yang notice,
  kemungkinan besar kamu bakal jadi apache committer.
  Good buat experience, good buat resume, good buat networking.
Nothing to lose kecuali time.

Read specification. Java language specification mungkin terlalu susah
dibaca, tapi kalo yang lainnya,
contoh JSR-291, atau JSR-277. Itu mustinya lumayan nggak terlalu susah
dibaca. Coba baca spec yang
related sama project yang kamu interested. Kamu bisa coba contribute
buat di open source project yang kamu
pakek atau juga iseng-iseng bikin sendiri dari 0.

Programming itu suatu disiplin. Jago algorithm kalo nggak punya
software engineering disiplin = product banyak bugs.
Liat process dari requirements, design docs, junit, integration test,
profiling, API docs. Belajar process ini nggak hanya
apply di dunia java tapi juga buat semua programming project.

Regards,
Edward Yakop


Re: [JUG-Indonesia] Tips belajar Java

2008-08-07 Thread Goen Neari
Selain guru,pengalaman,otak dan lingkungan juga diperlukan suatu mental yang 
bagus/karekter yang kuat.
bukan orang yang gampangan menyerah, 
bukan orang yang tidak yakin dengan kemampuan sendiri
tidak tau maka bertanya,tidak dapat yakin mencari
terus berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Salam hangat
http://javageo.com
"Labs For Free Java OSS"

From: Edward Yakop <[EMAIL PROTECTED]>











2008/8/7 Reza Alaudin <[EMAIL PROTECTED] com>:

>>>setuju, tambah 1 lagi, guru yang baik (orang loh bukan pengalaman :D),



biasanya kalo manusia nggak jatuh, biasanya nggak bisa belajar 100% lessonnya.

 
 

















  

Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Goen Neari
Java Sindrom ini memang benar terjadi..
Dari 100 orang belajar java hanya 1 / 2 orang yg unggul/bisa.
Kelemahan bukan pada logika atau otak dalam  belajar java
tapi lebih kepada "KARAKTER" yaitu PEMALAS dan LEMAH MENTAL 
malas belajar,malas berusaha,malas berpikir, malas semalas-malasnya blast..!
Yang perlu di benahi adalah sikap dan tujuan hidup.
mau menjadi pecundang atau pemenang !
mau menjadi follower atau leader !
semua dikembalikan kepada  pribadi masing-2.
tapi orang Indonesia mesti jadi pemenang :)

Salam hangat

http://javageo.com





  

Re: [JUG-Indonesia] Jadwal Workshop & Demo Panggung GRATIS di RITECH EXPO 8-11 Agustus 2008

2008-08-07 Thread Onno W. Purbo


On Thu, 7 Aug 2008, Feris Thia wrote:

> Jadi dong :)
>
> Lagi sakit tenggorokan, mudah2 an tidak mempengaruhi "performance" :p hehehe
>



panggung IT-nya ada di pojok island IT ya ..
gak jauh dari pesawat terbang tanpa awak buatan ITB ..



>
> 2008/8/7 Fitrah Elly Firdaus <[EMAIL PROTECTED]>
>
>>   om ferisnya jadi dateng gak besok? Thx
>>
>>
>> On 8/5/08, Feris Thia <[EMAIL PROTECTED]>
>> wrote:
>>> Ternyata ada dua gedung.
>>>
>>> Jadwal saya ternyata ada juga. Hari Jumat tgl 8 Agustus 2008.
>>>
>>> 2008/8/5 Thomas Wiradikusuma <[EMAIL PROTECTED]
>>>
>>>
 "Presentasi Java" is invalid too :)

 dan seingetku Bung Feris bilang dia digantikan orang lain.

 2008/8/5 Onno W. Purbo <[EMAIL PROTECTED]  > 40indo.net.id>>:

>>> JADWAL WORKSHOP RITECH EXPO
>>> Tempat : MGK Kemayoran Lantai 3
>>> Tanggal : 8-10 Agustus 2008
>>> Ruang : Lavender`
>>> Expo : RITECH EXPO
>>> Peserta : Umum & Gratis Tidak Di Pungut Bayaran
>>> Konsumsi : Aqua :) ..
>>> Kapasitas : Sekitar 100-an tempat duduk, sisanya harus berdiri /
 lesehan.

 --
 salam hangat,
 Thomas Wiradikusuma
 Follow me in Twitter! http://www.twitter.com/wiradikusuma


>> http://wiradikusuma.blogspot.com/2008/07/malikat-pencabut-nyawanya-thomas.html


>>>
>>>
>>>
>>> --
>>> Thanks & Best Regards,
>>>
>>> Feris Thia
>>> Business Intelligence Consultant
>>> PT. Putera Handal Indotama
>>> Phone : +6221-30119353
>>> Fax : +6221-5513483
>>> Mobile : +628176-474-525
>>> http://www.phi-integration.com
>>> http://pentaho.dlpage.phi-integration.com
>>>
>>
>> --
>> Blog : http://firdauslinux.info
>> YM : linux_keren
>> irc : [EMAIL PROTECTED] 
>> Linux Registered User : #451768
>> Ubuntu Registered User : #19241
>>
>>
>
>
>
> --
> Thanks & Best Regards,
>
> Feris Thia
> Business Intelligence Consultant
> PT. Putera Handal Indotama
> Phone : +6221-30119353
> Fax : +6221-5513483
> Mobile : +628176-474-525
> http://www.phi-integration.com
> http://pentaho.dlpage.phi-integration.com
>


Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Irnanto

Boleh tahu, semua produk itu memakai Java Desktop atau Java Web?

ib> mas mau nambahin mas, bank Permata, Bank Danamon, BII, BPR-KS, Asian
ib> Development Bank, Bank Jateng, Bank Kaltim, aplikasi mereka kantor
ib> saya yg ngerjain, yg pake java loh, dan BI tentunya, dan itu yg saya
ib> tau, belum yg saya ga tau.
ib> belum lagi aplikasi yg termasuk produk, yg mana nantinya dijual ke
ib> bank2 yg lebih banyak lagi, ada 3 itu yg saya tau.
ib> belum lagi yg bukan bank, ada perusahaan penerbangan, ada toko baju yg
ib> mana itu client asing, dan itu sebatas yg sy tau.
_
Salam
IRNANTO



Re: [JUG-Indonesia] Jadwal Workshop & Demo Panggung GRATIS di RITECH EXPO 8-11 Agustus 2008

2008-08-07 Thread Feris Thia
Baik Pak Onno,

Thanks ya...

2008/8/8 Onno W. Purbo <[EMAIL PROTECTED]>

>
>
> On Thu, 7 Aug 2008, Feris Thia wrote:
>
> > Jadi dong :)
> >
> > Lagi sakit tenggorokan, mudah2 an tidak mempengaruhi "performance" :p
> hehehe
> >
>
> panggung IT-nya ada di pojok island IT ya ..
> gak jauh dari pesawat terbang tanpa awak buatan ITB ..
>
>
> 
>



-- 
Thanks & Best Regards,

Feris Thia
Business Intelligence Consultant
PT. Putera Handal Indotama
Phone : +6221-30119353
Fax : +6221-5513483
Mobile : +628176-474-525
http://www.phi-integration.com
http://pentaho.dlpage.phi-integration.com


Re: [JUG-Indonesia] Jadwal Workshop & Demo Panggung GRATIS di RITECH EXPO 8-11 Agustus 2008

2008-08-07 Thread Feris Thia
Berikut adalah slide rencana presentasi dan workshop instalasi Mondrian di
RITECH 2008 :

http://pentaho.phi-integration.com/ritech0808

Regards,

Feris


Re: [JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread Frans Thamura
2008/8/8 Goen Neari <[EMAIL PROTECTED]>

>  Java Sindrom ini memang benar terjadi..
> Dari 100 orang belajar java hanya 1 / 2 orang yg unggul/bisa.
> Kelemahan bukan pada logika atau otak dalam  belajar java
> tapi lebih kepada "KARAKTER" yaitu PEMALAS dan LEMAH MENTAL
>


nah itu lah, makanya saya buat survey, mau buat rata-rata member ini,
tipenya apa abubakar, umar, usman, atau ali

isi dong yang belom

http://nagasakti.mervpolis.com/roller/flatburger/entry/profiling_java_programmer


F


Re: [JUG-Indonesia] Jadwal Workshop & Demo Panggung GRATIS di RITECH EXPO 8-11 Agustus 2008

2008-08-07 Thread Frans Thamura
ayo ngumpul2 semua

biar rame

anggap aja JaMU, wong sabtu

tapi kok dihalaman depan web jug.or.id gak tertulis yah


NB: perlu voluteer urusan admin admin nih

F


Re: [JUG-Indonesia] Re: Minta Saran Judul Skripsi Pake Java ???

2008-08-07 Thread mujoko mujoko
Perancangan data warehouse hingga implementasi dengan aplikasi yang dah ada
pake Java
misal yng di pake mas Ferish Thea, Ketle (Spon , Pan, Kitchen , Chef) untuk
ETL nya and di proses pake Mondrian


Baran2 dah jadi and tinggal cari case study di satu company.




-- 
Mujoko


[JUG-Indonesia] Re: aplikasi mini browser di mobile

2008-08-07 Thread ariez_zip
pak yuchib maldini mksh banyak ya infonya.



[JUG-Indonesia] Re: Java Syndrome...dapatkah di atasi?

2008-08-07 Thread imam baihaqi
semuanya java web, bbrp pake appfuse+tapestry atau appfuse+spring mvc,
tapi yg toko baju desktop tapi pake c++, sebenarnya mau pake java se,
tapi akhirnya pake c++

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Irnanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> 
> Boleh tahu, semua produk itu memakai Java Desktop atau Java Web?
> 
> ib> mas mau nambahin mas, bank Permata, Bank Danamon, BII, BPR-KS, Asian
> ib> Development Bank, Bank Jateng, Bank Kaltim, aplikasi mereka kantor
> ib> saya yg ngerjain, yg pake java loh, dan BI tentunya, dan itu yg saya
> ib> tau, belum yg saya ga tau.
> ib> belum lagi aplikasi yg termasuk produk, yg mana nantinya dijual ke
> ib> bank2 yg lebih banyak lagi, ada 3 itu yg saya tau.
> ib> belum lagi yg bukan bank, ada perusahaan penerbangan, ada toko
baju yg
> ib> mana itu client asing, dan itu sebatas yg sy tau.
> _
> Salam
> IRNANTO
>




[JUG-Indonesia] [EMAIL PROTECTED] Less is more?

2008-08-07 Thread Thomas Wiradikusuma
Dear JUGgers,

   Seperti yang kalian ketahui, Sabtu besok JUGI akan berpartisipasi  
dalam acara RITECH EXPO 2008. Pada pukul 11 pagi di MGK Kemayoran,  
saya akan mewakili JUGI membawakan Workshop berjudul "Open Source is  
Not An Alternative, It is The Solution: How Business Benefits from  
Open Source and How Open Source Can Be Your Business".

   "Open Source?" kalian kaget. "JUGI, komunitas Java eksklusif yang  
biasa membahas enterprise stuff, akan membawakan topik yang biasa  
banget? Geez, I already know Open Source like I drink water." Bahkan  
Joshua, my partner, komplain kenapa bukan Grails. Open Source is so  
NOT cool.

   Sebenarnya ide ini berawal dari diskusi Joshua dan saya sewaktu di  
IGOS Summit II. Saya lupa detilnya, tapi pada dasarnya kami prihatin  
dengan penetrasi Open Source di Indonesia. Kenapa Indonesia, negara  
yang banyak utang, malah memilih produk proprietary yang mahal dan  
"tidak untuk dipelajari selain untuk tujuan penggunaan." For your  
information, when our government buy those expensive license, they're  
paying it with our tax.

   To be fair, even private corporations rarely aware with open  
source. Even if they do, all they know (care?) is about (acquisition)  
cost. Saya ingat ketika saya tanya mantan bos saya kenapa memilih  
produk Open Source. Sambil terheran-heran dia bilang, "Karena gratis  
lah, kenapa lagi?"

   Kita semua sadar bahwa pendidikan dan kesetaraan digital adalah dua  
hal terpenting untuk keluar dari ketimpangan sosial. Dari pengalaman  
saya sebagai mahasiswa miskin, hanya Software Development industri  
yang bisa saya masuki hanya dengan "modal dengkul". Dan legally  
speaking, hanya Open Source yang memungkinkan saya benar-benar  
menggunakan dengkul. Gratis, siap pakai, bisa dipelajari, tidak dosa.  
Hanya Open Source. It's the holy grail of education and digital  
equality.

   Maybe you're a Spring Expert or an SCJA, tapi saya yakin kalian  
punya banyak kenalan yang masih belum mengenal (dengan baik mengenai)  
Open Source. Apapun harapan mereka: gratis, inovasi, kontribusi,  
idealisme, Open Source is for everybody. Jika kalian atau orang-orang  
yang kalian kenal ingin:

   - Mengetahui tentang Open Source
   - Melihat sejauh mana Open Source digunakan industri dan masyarakat
   - Melihat demo beberapa produk Open Source
   - Mengetahui bagaimana memanfaatkan Open Source untuk kegiatan bisnis
   - Mencoba menjadi the next Red Hat

   Jangan lupa hadir di Workshop JUGI:

   Tanggal: 9 Agustus 2008 (BESOK!)
   Tempat: MGK Kemayoran
   Ruang: Lavender
   Peserta: Umum & Gratis Tidak Di Pungut Bayaran
   Kapasitas: Sekitar 100-an tempat duduk, sisanya harus berdiri /  
lesehan

   Karena ini sifatnya Workshop, saya akan sangat mengharapkan  
partisipasi aktif peserta. Seperti Joshua bilang, "Let's do JaMU in  
RITECH EXPO!!!"


P.S.: You might want to forward this email to your manager and invite  
him. "Free+Benefit+Business" usually make them smile. Don't forget to  
erase this PS.




salam hangat,
Thomas Wiradikusuma
Follow me in Twitter! http://www.twitter.com/wiradikusuma



[JUG-Indonesia] Please help me Welcome David Blevins of OpenEJB!

2008-08-07 Thread Joshua Jackson
Dear Members,

It is a great honor for us because one of the committer of OpenEJB and
one the Expert Group of EJB3 has decided to join our Java community
:). So please help me welcome David Blevins and make his stay in our
community comfortable and enjoyable.

Best regards,
Joshua



[JUG-Indonesia] Re: [EMAIL PROTECTED] Less is more?

2008-08-07 Thread Joshua Jackson
--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Thomas Wiradikusuma
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> Dear JUGgers,
> 
>Seperti yang kalian ketahui, Sabtu besok JUGI akan berpartisipasi  
> dalam acara RITECH EXPO 2008. Pada pukul 11 pagi di MGK Kemayoran,  
> saya akan mewakili JUGI membawakan Workshop berjudul "Open Source is  
> Not An Alternative, It is The Solution: How Business Benefits from  
> Open Source and How Open Source Can Be Your Business".
> 
>"Open Source?" kalian kaget. "JUGI, komunitas Java eksklusif yang  
> biasa membahas enterprise stuff, akan membawakan topik yang biasa  
> banget? Geez, I already know Open Source like I drink water." Bahkan  
> Joshua, my partner, komplain kenapa bukan Grails. Open Source is so  
> NOT cool.
> 
>Sebenarnya ide ini berawal dari diskusi Joshua dan saya sewaktu di  
> IGOS Summit II. Saya lupa detilnya, tapi pada dasarnya kami prihatin  
> dengan penetrasi Open Source di Indonesia. Kenapa Indonesia, negara  
> yang banyak utang, malah memilih produk proprietary yang mahal dan  
> "tidak untuk dipelajari selain untuk tujuan penggunaan." For your  
> information, when our government buy those expensive license, they're  
> paying it with our tax.
> 
>To be fair, even private corporations rarely aware with open  
> source. Even if they do, all they know (care?) is about (acquisition)  
> cost. Saya ingat ketika saya tanya mantan bos saya kenapa memilih  
> produk Open Source. Sambil terheran-heran dia bilang, "Karena gratis  
> lah, kenapa lagi?"
> 
>Kita semua sadar bahwa pendidikan dan kesetaraan digital adalah dua  
> hal terpenting untuk keluar dari ketimpangan sosial. Dari pengalaman  
> saya sebagai mahasiswa miskin, hanya Software Development industri  
> yang bisa saya masuki hanya dengan "modal dengkul". Dan legally  
> speaking, hanya Open Source yang memungkinkan saya benar-benar  
> menggunakan dengkul. Gratis, siap pakai, bisa dipelajari, tidak dosa.  
> Hanya Open Source. It's the holy grail of education and digital  
> equality.
> 
>Maybe you're a Spring Expert or an SCJA, tapi saya yakin kalian  
> punya banyak kenalan yang masih belum mengenal (dengan baik mengenai)  
> Open Source. Apapun harapan mereka: gratis, inovasi, kontribusi,  
> idealisme, Open Source is for everybody. Jika kalian atau orang-orang  
> yang kalian kenal ingin:
> 
>- Mengetahui tentang Open Source
>- Melihat sejauh mana Open Source digunakan industri dan masyarakat
>- Melihat demo beberapa produk Open Source
>- Mengetahui bagaimana memanfaatkan Open Source untuk kegiatan bisnis
>- Mencoba menjadi the next Red Hat
> 
>Jangan lupa hadir di Workshop JUGI:
> 
>Tanggal: 9 Agustus 2008 (BESOK!)
>Tempat: MGK Kemayoran
>Ruang: Lavender
>Peserta: Umum & Gratis Tidak Di Pungut Bayaran
>Kapasitas: Sekitar 100-an tempat duduk, sisanya harus berdiri /  
> lesehan
> 
>Karena ini sifatnya Workshop, saya akan sangat mengharapkan  
> partisipasi aktif peserta. Seperti Joshua bilang, "Let's do JaMU in  
> RITECH EXPO!!!"

Guys,

Enjoy the party tommorrow Ok. I'm sorry I can not join all the fun for
one reason and the other :(

Cheers,




Re: [JUG-Indonesia] Please help me Welcome David Blevins of OpenEJB!

2008-08-07 Thread Edward Yakop
On Fri, Aug 8, 2008 at 11:06 AM, Joshua Jackson <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dear Members,
>
> It is a great honor for us because one of the committer of OpenEJB and
> one the Expert Group of EJB3 has decided to join our Java community
> :). So please help me welcome David Blevins and make his stay in our
> community comfortable and enjoyable.

By writing english all the time? j/k :)
Welcome :)

Regards,
Edward Yakop


[JUG-Indonesia] Re: Please help me Welcome David Blevins of OpenEJB!

2008-08-07 Thread Joshua Jackson
--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Edward Yakop" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> On Fri, Aug 8, 2008 at 11:06 AM, Joshua Jackson <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> > Dear Members,
> >
> > It is a great honor for us because one of the committer of OpenEJB and
> > one the Expert Group of EJB3 has decided to join our Java community
> > :). So please help me welcome David Blevins and make his stay in our
> > community comfortable and enjoyable.
> 
> By writing english all the time? j/k :)
> Welcome :)

Hahaha. Well at least when talking about OpenEJB or EJB3, so he can
join in the discussion too :P



Re: [JUG-Indonesia] Please help me Welcome David Blevins of OpenEJB!

2008-08-07 Thread Ahmad Satiri
It's a great pleasure to know this , welcome David!

Satiri

Joshua Jackson wrote:
>
> Dear Members,
>
> It is a great honor for us because one of the committer of OpenEJB and
> one the Expert Group of EJB3 has decided to join our Java community
> :). So please help me welcome David Blevins and make his stay in our
> community comfortable and enjoyable.
>
> Best regards,
> Joshua
>



Re: [JUG-Indonesia] Please help me Welcome David Blevins of OpenEJB!

2008-08-07 Thread Arif Rachim
Welcome David,

May be we could invite him for the next JAMU :D

Regards,

On Fri, Aug 8, 2008 at 11:40 AM, Ahmad Satiri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> It's a great pleasure to know this , welcome David!
>
> Satiri
>
> Joshua Jackson wrote:
>>
>> Dear Members,
>>
>> It is a great honor for us because one of the committer of OpenEJB and
>> one the Expert Group of EJB3 has decided to join our Java community
>> :). So please help me welcome David Blevins and make his stay in our
>> community comfortable and enjoyable.
>>
>> Best regards,
>> Joshua
>>
>
> 


[JUG-Indonesia] HashCode

2008-08-07 Thread jancrot
Punten bapak-bapak dan ibu-ibu...
Saya teh mau nanya soal hashcode.

Saya kan pake eclipse, trus selama ini selalu menggunakan fitur
generate hashcode yang punya-nya eclipse. Yang saya bingung, bagaimana
sih caranya membuat hashcode yang baik dan benar (tanpa eclipse) dan
atribut mana aja yang sebaiknya disertakan dalam penghitungan hashcode?

Hatur nuhun

Hendra Jaya



Re: [JUG-Indonesia] HashCode

2008-08-07 Thread Thomas Wiradikusuma
I googled and look what I found:
http://www.geocities.com/technofundo/tech/java/equalhash.html



salam hangat,
Thomas Wiradikusuma
Follow me in Twitter! http://www.twitter.com/wiradikusuma
http://wiradikusuma.blogspot.com/2008/07/malikat-pencabut-nyawanya-thomas.html 
  <-- ternyata gw punya musuh :D




On 08 Agu 08, at 11:27, jancrot wrote:

> Punten bapak-bapak dan ibu-ibu...
> Saya teh mau nanya soal hashcode.
>
> Saya kan pake eclipse, trus selama ini selalu menggunakan fitur
> generate hashcode yang punya-nya eclipse. Yang saya bingung, bagaimana
> sih caranya membuat hashcode yang baik dan benar (tanpa eclipse) dan
> atribut mana aja yang sebaiknya disertakan dalam penghitungan  
> hashcode?
>
> Hatur nuhun
>
> Hendra Jaya



[JUG-Indonesia] Re: HashCode

2008-08-07 Thread jancrot
> I googled and look what I found:
> http://www.geocities.com/technofundo/tech/java/equalhash.html

Hihihi.. jadi malu saya :)
Saya baca dulu ya pak. Nanti kalo masih binun, saya tanya lagi



[JUG-Indonesia] Qi4j 0.3 is released

2008-08-07 Thread Edward Yakop

http://www.jroller.com/rickard/entry/qi4j_0_3_released

http://www.qi4j.org/251.html

Note:
Richard (not to be confused with Rickard :P) and I are working on
struts2+qi4j integration,
anybody who's interested are more than welcome to join us at qi4j :)


Regards,
Edward Yakop