Bank Niaga tidak jujur menjelaskan soal "Y2K" …

        Surat Pembaca di detikcom Online tertanggal 4/1/00 memuat pernyataan dari
Sdri. Dina Sutadi, Sr. Mgr (Corporate Communicationn Div. Head Bank Niaga)
yang intinya keberatan atas pernyataan saya dalam "Kasus Rekening Tidak
Dapat Diakses" yang telah dialami oleh ATM Bank Niaga pada Pergantian Tahun
1999-2000, dimana peristiwa ini telah sempat disiarkan secara langsung oleh
SCTV (Sabtu dinihari, 1/1/00 ± pukul 00.17 s.d 00.23 WIB).

        Saya pribadi menyatakan terimakasih Bank Niaga telah merespon kasus
tersebut, akan tetapi penjelasan dari Sdri. Dina justru membuat saya
tersenyum, sebab tidak menjelaskan hal sebenarnya (baca : tidak jujur) dan
terkesan saudari menutup-nutupi apa yang telah terjadi pada malam tersebut.
Pada penjelasan ditulis point (1) "Nasabah kami seharusnya menekan tombol
tertentu, tetapi nasabah tersebut melakukan kesalahan dengan menekan tombol
yang lain" dan point (3) "Nasabah kami menyadari kesalahan dan selanjutnya
mengulangi proses dengan menekan tombol yang sesuai". Untuk ini tanggapan
balik saya adalah sbb :

1. Pertama, Saya tidak sependapat (baca : tidak percaya) akan penjelasan
ini, sebab untuk melakukan Uji Coba yang disiarkan secara langsung
tersebut, tentunya "Nasabah" yang dipilih bukan-lah Nasabah biasa, sebab
kalau memang benar demikian yang terjadi, Bank Niaga telah melakukan resiko
yang sangat berbahaya untuk sebuah Siaran langsung yang lebih bersifat
'Pariwara / Profil Niaga' di SCTV tersebut. Dalam hal ini saya berpendapat
--meski ia memang mungkin nasabah Bank Niaga juga-- tetapi "nasabah"
tersebut adalah seorang Karyawati atau setidak-tidaknya memiliki 'hubungan
istimewa' dengan Bank Niaga. Kalau tidak, rasanya sulit dipercaya seorang
Nasabah biasa di pergantian tahun kemarin justru memilih ber-tahun baru di
Command Centre Bank Niaga tersebut. Apalagi setelah ia sukses,
"rekan-rekan"-nya (yang notabene adalah pasti Karyawan Bank Niaga)
menyambut gembira dengan melakukan 'toast' disamping Mesin ATM tersebut.
Jadi, seandainya ia benar seorang karyawati Bank Niaga, maka akan sangat
lucu sekali apabila melakukuan kesalahan yang sangat elementer terhadap
Mesin ATM Bank-nya sendiri.

2. Kedua, jangan-lah berbohong dengan menyatakan "menekan tombol yang
lain". Karena setelah "Nasabah" tersebut memasukkan PIN dan memilih fungsi
apa yang diinginkannya (ada 2 kali, pertama ia langsung memilih "Penarikan
100.000,-" dan yang kedua ia memilih dengan mengisi secara manual jumlah
nominal uangnya, juga 100.000,- dan --ini penting dicatat-- : keduanya
gagal, kemudian muncul tulisan "Maaf Rekening Tidak dapat diakses
tersebut") Ia tidak melakukan apa-apa, apalagi "menekan tombol yang lain"
seperti yang saudari tulis. Saya sebenarnya justru menyayangkan tindakan
Kamerawan SCTV yang terus 'mengalihkan perhatian' terhadap Layar ATM yang
telah dua kali gagal tersebut, karena gambar berikutnya tiba-tiba justru
langsung kepada posisi Uang sudah keluar (?).

        Untuk lebih menjelaskan peristiwa yang sebenarnya secara jujur, ada
baiknya saudari melihat kembali secara seksama Rekaman Peristiwa 'Gagalnya
dua kali ATM Bank Niaga pada Siaran langsung SCTV di pergantian tahun'
tersebut, karena dari rekaman dapat menjadi Bukti pertistiwa yang
sesungguhnya. Namun jika saudari atau Bank Niaga tidak memilikinya,
silahkan datang ke Yogya :-), karena memang saya telah merekam semua
peristiwa di TV pada saat pergantian tahun kemarin, yang membuktikan betapa
concernnya terhadap permasalahan Y2K ini, dalam hal ini --tentu saja--
termasuk Rekaman 'gagalnya mesin ATM Bank Niaga 2 kali' yang berdurasi 5
menit 08 detik tersebut, mulai dari saat penyiar  SCTV Indri Yulistiani
mereportasekannya, 'Kasus Sempat Dua kali Gagalnya ATM' diatas, hingga
kepada wawancara dengan Bp Rudi Chapelle (Dirut Bank Niaga) yang --IMHO--
lebih bersifat promosi Bank Niaga terhadap layanan 'One Call or One Click"
tersebut.

        Saya sebenarnya tidak berminat berpolemik terhadap hal ini (apalagi
didukung dengan Bukti Rekaman diatas) namun oleh karena saya belum
mendapatkan penjelasan secara teknis yang dapat dipercaya (baca : tidak
merasa 'dibohongi') seperti yang saudari tulis kemarin, maka 'Kasus' di
Bank Niaga tersebut tetap saya catat sebagai salahsatu kasus Y2K yang
terjadi di Indonesia, selain kasus-kasus lainnya, seperti di Bank
Indonesia, Pengisian Pulsa SIMPati, dsb. Sekalilagi peristiwa ini malahan
menambah bukti bahwa 'Rekaman Audio-Visual' dapat membantu menjelaskan
secara obyektif dan lebih jujur terhadap suatu permasalahan atau kasus yang
belum jelas sebelumnya (Ingat : Rekaman Telepon Habibie-Andi Ghalib yang
diteruskan dengan "Pengakuan Ghalib" di Debat Terbuka SCTV, kemudian
Rekaman "VW Safari yang menubruk Aparat" saat Sidang Istimewa, dsb).

        Sekian dan terimakasih, Mohon diingat bahwa yang diperlukan oleh Bangsa
Indonesia untuk bangun dari krisisnya dewasa ini adalah Kejujuran ...

RM Roy Suryo <[EMAIL PROTECTED]> - Hp 0811-2828-11
Pemerhati Teknologi Informasi & Komunikasi dari UGM

SiaR WEBSITE: http://apchr.murdoch.edu.au/minihub/siarlist/maillist.html

Kirim email ke